in: General | October 10, 2014 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Hands-on 4-Way AMD Radeon R9 290X dengan MSI X99S XPOWER AC

Memiliki sistem dengan komponen premium tentu saja menjadi impian para PC Enthusiasts. Selain bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan cekatan, sebuah PC high-end biasanya memiliki fungsi tambahan: mencapai rekor performa tertinggi! Sejak dulu, para overclocker dan hardcore PC user di seluruh dunia seringkali berlomba-lomba untuk memamerkan kepada komunitas mereka akan seberapa tinggi skor benchmark yang bisa diraih PC mereka. Terdengar absurd dan tidak efisien? Jelas. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa memiliki sistem PC dengan skor 3DMark terhebat merupakan sebuah ‘kenikmatan’ tersendiri bagi para penggila performa PC.

Beberapa hari lalu, kami melakukan preview akan sebuah motherboard X99 high-end dari MSI, yakni MSI X99S XPOWER AC. Sembari menunggu review lengkapnya diselesaikan oleh rekan kami di JagatReview, kami dari JagatReview OC Team (JagatOC) meminjam sebentar motherboard tersebut untuk menjalankan beberapa benchmark favorit kami dan mencoba mencapai skor tertinggi. Simak pengujian singkatnya!

Pengujian Singkat – 4-way CrossfireX!

Mengingat prosesor Haswell-E memiliki banyak Core dan juga jalur PCIe yang melimpah, tidak ada yang lebih cocok untuk pengujian ini selain menguji skenario 4-way Multi-GPU. Dalam hal ini, kami akan mengulang pengujian lama kami, yakni menguji 4(empat) buah GPU AMD Radeon R9 290X pada motherboard X99 tersebut (seperti yang dulu pernah kami lakukan pada platform X79), dan menjalankan benchmark 3D.

 

Berikut ini spesifikasi sistem lengkap yang kami uji:

DSC00241s

  • Prosesor: Core i7-5960X Extreme Edition
  • Motherboard: MSI X99S XPOWER AC
  • RAM: G.Skill Ripjaws 4 DDR4-3000CL15 4x4GB Kit
  • VGA: MSI AMD Radeon R9 290X
  • SSD: Kingston HyperX 3K 120GB
  • PSU: LEPA MaxPlatinum 1700W
  • CPU Cooler: Corsair H80i

Jelas sekali, kami tidak akan tanggung-tanggung menggunakan berbagai komponen kelas atas demi mencapai target skor tertinggi kami. Kami menggunakan prosesor 8 Core + 16 Thread dari Intel yakni Intel Core i7-5960X Extreme Edition, memori G.Skill Ripjaws 4 DDR4-3000C15 4x4GB Kit, dan juga power supply LEPA MaxPlatinum 1700W. Benchmark sintetik yang akan kami uji pada PC ‘monster’ ini adalah 3DMarkVantage dan 3DMark Fire Strike.

Simak detail pengujian di halaman berikutnya!

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES