JagatReview 2014 Overclocking Award: Motherboard LGA 1150

Reading time:
January 8, 2015
AwardOCMobo

Setiap tahun, JagatReview mengumpulkan beberapa hardware terbaik dari kelasnya masing-masing, dan memberinya penghargaan yang bernama ‘JagatReview Annual Award’. Kali ini, kami akan memilih beberapa komponen PC yang memiliki kelebihan khusus dari aspek tuning dan overclocking.

Motherboard merupakan salah satu komponen krusial dalam overclocking, karena motherboard-lah yang memberikan berbagai opsi tuning. Keseriusan sebuah vendor mobo menggarap motherboardnya kadang dapat terlihat dari seberapa seriusnya mereka memberikan pilihan tweaking di motherboard-nya, dan juga kebanyakan motherboard yang disiapkan untuk overclocking memiliki durabilitas yang tinggi karena penggunaan komponen berkualitas. Memang, kadang tingkat overclockability sebuah platform ditentukan oleh kualitas silikon prosesornya, namun motherboard yang sudah disiapkan khusus untuk overclocking biasanya masih akan memberi headroom tuning ekstra di beberapa aspek (misalnya kemampuan tuning memori yang baik, atau misalnya pencapaian bus clock yang lebih tinggi).

Di bawah ini Anda bisa menyaksikan motherboard-motherboard yang memberikan potensi tuning terbaik versi kami. Kami juga akan membagi award ini menjadi 2(dua) kategori, yakni:

  1. Motherboard Platform LGA1150
  2. Motherboard Platform LGA2011v3

Catatan: Kami tidak menyertakan motherboard soket AM3+ karena menurut kami tidak ada produk motherboard AM3+ pada tahun 2014 yang memfokuskan diri pada overclocking(kebanyakan hanya untuk gaming), demikian halnya juga dengan platform FM2/FM2+.

Kami akan mulai dengan motherboard LGA 1150:

MSI Z97 MPOWER MAX AC

Z97MPOWERMAX_GOLD

Menyandang gelar ‘OC Series’, MSI Z97 MPOWER MAX memang terlihat sebagai motherboard yang dirancang khusus untuk melakukan overclocking (dan ini sudah pernah kami ulas pada review lengkapnya disini). Dari tahun ke tahun, MSI berusaha keras untuk selalu melakukan improvement pada motherboard mereka, khususnya di OC Series. Pada Z97 MPOWER MAX AC yang mereka ciptakan, mereka memastikan bahwa fitur-fitur yang disematkan padanya akan berguna bagi overclocker, misalnya :

  • OC Genie, fitur OC Otomatis, dan ada 2 preset untuk menyesuaikan dengan kebutuhan penggunanya
  • Berbagai BIOS preset untuk mempermudah overclocking (Extreme OC Setup, dan Memory Preset)
  • Slow-mode switch, untuk menurunkan kecepatan CPU saat selesai benchmarking.
  • 8-layer PCB, untuk kestabilan maksimal saat overclocking.
  • Tuning memori yang lebih agresif untuk competitive benchmarking/overclocking – terutama preset Samsung 2x4GB 2800
  • Menghilangkan Killer LAN dan menggantinya dengan Intel LAN, memastikan bahwa komponen yang terpasang tepat guna bagi target marketnya.
  • All-in-one installer memudahkan proses instalasi
  • Tombol-tombol/panel yang berguna, mulai dari tombol sederhana on/off/reset dan Clear CMOS, hingga Debug LED yang juga berfungsi menjadi detektor suhu. V-Check point juga berguna untuk melakukan pengukuran berbagai voltase secara real-time.
  • Opsi mendinginkan VRM dengan watercooling

Semua kemampuan overclocking yang ada padanya akan berguna untuk berbagai pengguna. Pengguna awam dapat menikmati durabilitas ekstra, ataupun fitur OC mudah OC Genie, overclocker pemula bisa belajar berbagai macam tuning memori dengan preset yang disertakannya, dan overclocker ekstrim dapat menyiapkan sistemnya untuk sub-zero cooling hanya dengan me-load sebuah preset. Semua fitur overclocking ini akhirnya membuat kami menjatuhkan JagatReview 2014 Overclocking Award – Gold kepadanya!

 

Gigabyte GA-Z97X-SOC Force

Z97XSOCFOrce_GOLD

Motherboard dengan corak warna jingga dari Gigabyte menandakan bahwa motherboard tersebut merupakan motherboard seri overclocking, yang diciptakan dengan tujuan meraih potensi overclocking setinggi-tingginya, dan juga kemudahan dalam melakukan overclocking. Seperti yang bisa anda saksikan dalam hands-on singkat kami bersama Z97X-SOC Force, motherboard tersebut penuh dengan fitur overclocking, mulai dari penggunaan komponen mewah untuk regulator daya (Controller IOR IR3580 + MOSFET IOR IR3553), desain SMT-DIMM untuk memaksimalkan kemampuan overclocking memori, dan yang paling mengesankan bagi kami: serangkaian panel berisi tombol/switch yang akan memudahkan overclocking.

Z97XSOCForce 19B
Z97XSOCForce 33B
SMT-Dimm, dipercaya bisa memberikan kemampuan overclocking memori yang lebih baik

 

Semua hal di atas, memastikan bahwa motherboard Gigabyte Z97X-SOC Force siap menangani overclocking, se-ekstrim apapun itu. Meski kami kadang masih ‘canggung’ bernavigasi di BIOS bagian memori tuning-nya(tidak ada informasi mengenai timing memori yang sedang aktif di BIOS, dan anda harus melihatnya pada OS menggunakan utility), namun kemampuan overclocking Gigabyte Z97X-SOC Force tidak bisa dipandang sebelah mata. Di tangan yang tepat dengan hardware yang tepat, motherboard ini sanggup mencapai hasil yang mengagumkan. Kami sepakat untuk juga memberikannya JagatReview 2014 Overclocking Award – Gold.

 

ASUS Maximus VII Gene

ASUS_M7G_Silver

Berbeda dengan ASUS Maximus VI Extreme yang jelas dirancang khusus untuk melakukan overclocking, ASUS Maximus VII Gene, atau disingkat ASUS M7G, tidak kelihatan ‘segarang’ para pendahulunya. Sepintas, motherboard ASUS M7G nampak seperti motherboard micro-ATX biasa, yang memiliki beberapa kelebihan di fitur gaming. Namun, secara diam-diam motherboard ASUS M7G menyimpan potensi overclocking yang terpendam. Tidak adanya panel pengaturan/ kontrol di motherboardnya tidak jadi soal, ASUS M7G kompatibel dengan ASUS ROG Control Panel, yang memberi banyak fungsi overclocking. Berikutnya, BIOS motherboard ASUS M7G, selain cantik dilihat, juga menyimpan puluhan preset overclocking, baik overclocking CPU, BCLK, maupun memori(anda bisa melihatnya lebih lengkap pada artikel ini).

141110204051

Untuk itu, meski memiliki form factor micro-ATX, potensi overclocking yang dimiliki ASUS Maximus VII Gene tidak bisa diremehkan. Sayangnya, pengalaman overclocking ekstrim pada ASUS M7G terasa agak kurang lengkap tanpa ASUS ROG Control Panel-nya, yang harus dibeli terpisah(atau anda bisa menggunakan OC Panel dari ASUS Maximus VI / Rampage IV Black). Disini, kami memberinya JagatReview 2014 Overclocking Award – Silver.

 

Load Comments

More Articles

Extreme OC

February 27, 2023 - 0

G.Skill Umumkan Overclocking World Cup 2023 – Hadiah Total 40000 USD!

G.Skill, vendor memori terkemuka di Dunia, tahun 2023 ini kembali…
September 29, 2022 - 0

Demo Tuning Ryzen 7000 ‘Zen4’ + MSI X670E ACE di AMD Grand Launch Party Indonesia

Menyambut kehadiran prosesor terbaru AMD yakni Ryzen 7000-series Zen4 ‘Raphael’…
February 23, 2021 - 0

Review Cooler Master ML360 SUB-ZERO (+ Overclocking Core i9-10900K @ 6 Ghz )

Pendingin pada komputer umumnya akan menjaga suhu perangkat komputer dalam…
November 28, 2019 - 0

Overclocking Extreme AMD 3rd Gen Ryzen Threadripper 3970X : Rekor Dunia Berjatuhan!

Setelah mengumumkan kemunculannya pada awal November ini, AMD akhirnya meluncurkan…

Easy OC

December 19, 2020 - 0

Easy Overclocking Intel Core i5-10600K & Core i7-10700K

Prosesor Intel Core 10th Gen ‘Comet Lake’ merupakan prosesor yang…
October 11, 2018 - 0

Hands-On Feature: Asus ROG AI Overclocking (di ROG Maximus XI Hero Wi-Fi)

Setelah sebelumnya kami melakukan hands-on motherboard ROG Maximus XI Hero…
February 16, 2018 - 0

Overclocking RAM Murah dan Mudah: Memory Try It pada MSI A320M Pro-VD/S (Ryzen 3 2200G ‘Raven Ridge’)

  Overclocking RAM dengan chipset A320? Kenapa Tidak? Saat ini,…
August 21, 2017 - 0

Easy OC Core i9-7900X di MSI X299 Tomahawk Arctic: Enhanced Turbo dan GameBoost

Sejauh ini, solusi prosesor Intel untuk kelas Enthusiast pada harga…

General OC

August 30, 2022 - 0

G.Skill umumkan Trident Z5 Neo & Flare X5: Dukung AMD EXPO, Tersedia Hingga DDR5-6000CL30

G.Skill sebagai produsen RAM yang terkenal dengan kemampuan overclocking-nya, hari…
August 5, 2021 - 0

Test : Overclocking IGP Radeon Vega (Ryzen 7 5700G) di MSI B550I GAMING EGDE WIFI

Prosesor Ryzen 5000 G-series ‘Cezanne’ baru saja hadir untuk DIY…
June 9, 2021 - 0

G.Skill rilis Trident Z Royal Elite DDR4-4000 CL14 32 GB Kit : Kapasitas Besar, Frekuensi Tinggi, Latency Ketat

Sebagai produsen RAM yang nampaknya tidak berhenti mengejar performa tertinggi,…
April 17, 2021 - 0

G.Skill Umumkan Trident Z Royal Elite : Sampai Kecepatan DDR4-5333 CL22

G.Skill, produsen RAM ternama yang terkenal dengan kemampuan overclocking-nya, mengumumkan…