in: Award | January 8, 2015 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

JagatReview 2014 Overclocking Award: Motherboard LGA 2011-v3

AWard_OCMobo2011v3

Setiap tahun, JagatReview mengumpulkan beberapa hardware terbaik dari kelasnya masing-masing, dan memberinya penghargaan yang bernama ‘JagatReview Annual Award’. Kali ini, kami akan memilih beberapa komponen PC yang memiliki kelebihan khusus dari aspek tuning dan overclocking.

Motherboard merupakan salah satu komponen krusial dalam overclocking, karena motherboard-lah yang memberikan berbagai opsi tuning. Keseriusan sebuah vendor mobo menggarap motherboardnya kadang dapat terlihat dari seberapa seriusnya mereka memberikan pilihan tweaking di motherboard-nya, dan juga kebanyakan motherboard yang disiapkan untuk overclocking memiliki durabilitas yang tinggi karena penggunaan komponen berkualitas. Memang, kadang tingkat overclockability sebuah platform ditentukan oleh kualitas silikon prosesornya, namun motherboard yang sudah disiapkan khusus untuk overclocking biasanya masih akan memberi headroom tuning ekstra di beberapa aspek (misalnya kemampuan tuning memori yang baik, atau misalnya pencapaian bus clock yang lebih tinggi).

Di bawah ini Anda bisa menyaksikan motherboard-motherboard yang memberikan potensi tuning terbaik versi kami. Kami juga akan membagi award ini menjadi 2(dua) kategori, yakni:

  1. Motherboard Platform LGA1150
  2. Motherboard Platform LGA2011v3

Catatan: Kami tidak menyertakan motherboard soket AM3+ karena menurut kami tidak ada produk motherboard AM3+ pada tahun 2014 yang memfokuskan diri pada overclocking(kebanyakan hanya untuk gaming), demikian halnya juga dengan platform FM2/FM2+.

Setelah beberapa waktu lalu memberikan award bagi motherboard platform LGA 1150, berikut ini motherboard bersoket LGA 2011-v3 yang pantas mendapat penghargaan karena fitur overclocking-nya:

 

ASUS Rampage V Extreme

R5Es_GOLD

Nampaknya tidak berlebihan jika kami menyebut ASUS Rampage V Extreme sebagai salah satu motherboard LGA 2011-v3 yang memiliki fitur overclocking terbaik saat ini. Seperti yang bisa anda saksikan pada preview singkat akan motherboard ASUS Rampage V Extreme kami yang terdahulu, setiap inci dari ASUS Rampage V Extreme(atau akrab disingkat ‘R5E’) dioptimalkan untuk memberi potensi tuning maksimal bagi penggunanya.

Selain fitur overclocking yang umum seperti komponen regulator daya kelas atas, debug LED, berbagai panel di motherboard untuk pengaturan, plus ROG Control Panel pada paket penjualan , ASUS R5E memiliki beberapa kelebihan lain yang membuatnya akan disukai overclocker pengejar skor benchmark. Misalnya saja, penggunaan ASUS OC Socket yang bisa memberi sedikit tuning headroom untuk CPU Cache/ Ring Frequency dan kestabilan voltase ekstra saat melakukan overclocking ekstrim, lalu ASUS juga mengklaim bahwa mereka mengoptimalkan motherboard mereka untuk memberi overclockability maksimal pada bagian memori DDR4. Ini pula yang membuat berbagai produsen memori DDR4 berkecepatan tinggi bahkan memberikan rekomendasi untuk menggunakan motherboard ASUS Rampage V Extreme (dan saat kami me-review memori G.SKill Ripjaws 4 DDR4-3000C15, kami harus menggunakan ASUS R5E untuk mendapatkan pencapaian overclocking ram yang maksimal). Berbicara dari segi BIOS pun, ASUS Rampage V Extreme memberikan opsi pengaturan yang kami nilai paling lengkap hingga saat ini.

Untuk semua kelebihan dalam hal overclocking ini, kami menganugerahkan JagatReview 2014 Overclocking Award – Gold pada ASUS Rampage V Extreme.

 

MSI X99S XPOWER AC

XPOWERX99S_HDs_silver

Satu lagi motherboard LGA2011-v3 yang menarik perhatian kami, adalah MSI X99S XPOWER AC. Seperti halnya motherboard OC Series yang pernah mereka buat, MSI X99S XPOWER AC dipenuhi oleh fitur overclocking yang umum terlihat di motherboard MSI, misalnya saja MSI OC Genie, PCIe disable switch, Voltage Check Point, Slow-mode switch, debug LED yang berfungsi sebagai pembaca suhu, dan banyak lagi lainnya(simak review lengkapnya disini).

Namun MSI nampaknya tidak hanya mempersiapkan motherboard ini untuk overclocker ekstrim saja, tapi mereka juga memastikan bahwa motherboard MSI X99S XPOWER AC akan berguna bagi pengguna biasa. MSI X99S XPOWER dilengkapi dengan opsi ekspansi yang melimpah untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna. Sebut saja dukungan 4-way Multi-GPU, adanya SATA Express, Slot M.2 X4 Gen 3, Wi-Fi AC, lalu 10 buah konektor USB 3.0 di backpanel IO. Semua ini membuat MSI X99S XPOWER AC tidak hanya menarik untuk diajak ‘balapan’, namun juga menjadi motherboard dengan konektivitas melimpah.

Lengkap, mewah, dan siap untuk berbagai praktik overclocking, itu yang membuat MSI X99S XPOWER AC mendapatkan JagatReview 2014 Overclocking Award – Silver dari kami.

 

Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
News | December 31, 2017 | Comments

Tahun 2017 di Mata Overclocker

Tahun 2017 akan berakhir dalam beberapa saat. Momen pergantian tahun belum lengkap nampaknya kalau belum disertai dengan rangkuman singkat mengenai apa saja yang menarik di tahun ini. Satu hal yang pasti
Read More »