in: Award | January 9, 2015 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

JagatReview 2014 Overclocking Award: RAM

AWard_OC_RAM

Setiap tahun, JagatReview mengumpulkan beberapa hardware terbaik dari kelasnya masing-masing, dan memberinya penghargaan yang bernama ‘JagatReview Annual Award’. Kali ini, kami akan memilih beberapa komponen PC yang memiliki kelebihan khusus dari aspek tuning dan overclocking.

Memori, atau kita kenal juga dengan sebutan RAM, merupakan salah satu komponen yang sangat krusial dalam praktek overclocking. Bagi overclocker yang membutuhkan skor maksimal, kadang-kadang tuning RAM yang tepat bisa memberikan perbedaan yang signifikan dalam beberapa benchmark(Misalnya benchmark SuperPI dan Intel XTU).

Beberapa waktu lalu, kami sempat memberikan award RAM Terbaik 2014, yang kami berikan bagi memori yang memiliki kecepatan default tinggi, serta memiliki rasio price vs performance terbaik. Sekarang, kami akan memberikan penghargaan bagi memori yang memiliki overclocking headroom terbaik dari semua memori yang kami review selama tahun 2014.

Berikut ini kandidatnya:

Team Zeus DDR3-1600 2x4GB Kit

TeamZEUS1600_01

Memori yang di-rating pada kecepatan ‘hanya’ DDR3-1600CL9 mendapatkan award overclocking? Terdengar aneh? Kebanyakan memori yang dirating agak rendah pada DDR3-1600 biasanya menggunakan tipe IC yang mungkin tidak disiapkan untuk overclocking, namun hal tersebut tidak berlaku pada Team Zeus DDR3-1600. Pada penjelasan produknya, Team menyebutkan bahwa Zeus didesain secara khusus untuk menggunakan IC memory yang overclockable.

Saat kami melakukan uji overclocking yang lengkap kepadanya(bisa dibaca disini), kami bisa memberi konfirmasi bahwa klaim tersebut benar adanya. Meski Zeus hanya di-rating pada kecepatan DDR3-1600, namun menyentuh kecepatan yang fantastis seperti DDR3-2666 CL11 atau DDR3-2800 CL12 bukan hal yang sulit, jika anda bisa melakukan setting yang tepat. Kecepatan setinggi ini bisa dicapai karena Team Zeus disinyalir menggunakan IC dari Hynix(kemungkinan besar Hynix MFR, salah satu IC yang popular bagi overclocker pengejar clock memori).

Team Zeus 1600 memang merupakan RAM yang unik. Kebanyakan vendor memori yang memiliki tipe IC memori dengan overclockability tinggi seperti Zeus ini akan menseleksi lagi IC yang mereka gunakan, mencari yang terbaik untuk mencapai clockspeed tinggi(Misal DDR3-2800), lalu menjualnya dengan harga mahal. Namun tidak demikian bagi Team, dimana mereka nampaknya tidak melakukan pemilihan IC yang khusus untuk mencapai kecepatan tertentu. Mereka membiarkan RAM ini dirating pada spesifikasi DDR3-1600 CL9, dan membiarkan overclocker yang membelinya untuk mencari sendiri batas maksimalnya. Yang menarik, dari sekitar 10 kit Team Zeus yang kami uji, semuanya bisa mencapai kecepatan DDR3-2400 dengan sangat mudah, selama timingnya agak longgar.

Overclocking headroom yang besar pada Team Zeus DDR3-1600 membuat kami menganugerahinya JagatReview 2014 Overclocking Award – Gold.

 

G.Skill Ripjaws 4 DDR4-3000 CL15 16GB Kit

Ripjaws43K

Dari semua kit DDR4 yang datang ke lab JagatReview selama 2014, G.Skill Ripjaws 4 DDR4-3000CL15 16GB Kit memiliki spesifikasi tertinggi. Spesifikasi ini cukup tinggi dibandingkan kecepatan DDR4 biasa(yang ada di DDR4-2133 CL15), sehingga kami menyarankan bahwa RAM ini sebaiknya dijalankan di motherboard yang kemampuan overclocking memorinya sudah teruji, misalnya saja ASUS Rampage V Extreme, untuk bisa berjalan dengan optimal.

DDR4-3000 CL12

Berdasarkan pengujian yang kami lakukan kepadanya, kami menemui bahwa G.Skill Ripjaws 4 DDR4-3000 tidak hanya memiliki spesifikasi tinggi, namun juga masih menyimpan headroom yang bisa dimanfaatkan, terutama dari timingnya. Menggunakan VDimm 1.65V, kami berhasil mencapai CAS Latency 12 pada kedepatan DDR4-3000, memberikan performa yang cukup baik. Sebagai RAM DDR4 yang memiliki overclockability dan tweaking headroom paling baik dari semua produk DDR4 yang masuk ke lab kami (walaupun harus dibayar dengan harga agak tinggi),kami memberinya JagatReview 2014 Overclocking Award – Silver.

Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
News | June 4, 2018 | Comments

JagatOC Berangkat ke Computex 2018

Ajang pameran teknologi komputer terbesar se-Asia, yakni Computex 2018 akan segera dimulai. Seperti biasa, JagatOC yang diwakili oleh overclocker-nya, Alva ‘Lucky_n00b’ Jonathan, akan memberikan berbagai update teknologi terbaru seputar overclocking,
Read More »