in: General | April 5, 2015 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Overclocking Test: MSI GeForce GTX 970 Gaming 4G

Pengujian dilakukan oleh Reza ‘Rookie_JR’ Afrian

MSI Afterburner: Tool Overclocking Universal

MSI_Afterburner

MSI Afterburner adalah tool overclocking GPU yang bisa digunakan hampir semua vendor GPU di luar sana, dan bisa diunduh secara gratis disini. Semua praktik overclocking yang kami lakukan disini dilakukan menggunakan tool MSI Afterburner. Bahkan, selain melakukan berbagai pengaturan clock, anda bisa me-monitor berbagai parameter yang sedang berjalan pada VGA Anda.

Nah, mari melihat apa saja yang bisa anda ubah di Afterburner:

  1. Core Voltage: Opsi ini hanya akan keluar jika anda men-tick ‘unlock voltage control’ pada Settings dan jika GPU anda mendukung pengubahan voltase via software. Pada pengujian kami kali ini, kami tidak mengubah voltase apapun.
  2. Power Limit: Saat power sensor di GPU anda mencapai batas maksimalnya(100%), maka ia akan mulai menurunkan clock GPU untuk menyesuaikan tingkat power si VGA. Pada GTX 970 Gaming, anda masih bisa meningkatkan nilai ini ke 110% jika nilai 100% dianggap tidak cukup. Menurut pengujian kami, pada Clock 1500Mhz pun GTX 970 akan jarang menemui power limit.
  3. Core Clock & Memory Clock: Tempat anda mengubah clock GPU dan Video RAM. Bagi GTX 970, nilai ini BUKAN berupa clock anda, melainkan merupakan nilai ‘offset’, atau nilai tambahan dari Clock anda yang ada sekarang. Misalnya Max. Boost clock pada GPU anda 1328Mhz, memberikan nilai +100 disini akan mengubah Max. Boost Clock menjadi 1428Mhz.
  4. Perlu diperhatikan: Memory Clock yang ada disini adalah nilai setelah RAM tersebut dikalikan dua(karena DDR). Jadi misalnya anda memiliki clock memori 1750Mhz, maka untuk mengubah nilai clock memori ini ke 1800Mhz, anda perlu menambah clock memory sebesar 100Mhz(bukan 50Mhz).
  5. Fan Speed: Tempat anda mengubah setting fan. Nilai AUTO pada GTX 970 Gaming akan mengaktifkan mode Zero Frozr, dimana fan akan dimatikan saat GPU belum mencapai suhu 60C. Pada pengujian singkat kali ini, kami hanya menggunakan kecepatan fan AUTO. Saran kami bagi pengguna MSI GTX 970 Gaming, gunakan kecepatan kipas fixed 50% saat overclocking dijalankan, suhu akan terjaga, dan kebisingan pun masih relatif rendah.

 

Langkah-langkah

Langkah-langkah untuk overclock GTX 970 sama seperti overclocking GPU yang lainnya, prosesor penemuan clock maksimal kami untuk gaming adalah sebagai:

  • Naikkan clock GPU dengan interval sebesar 100Mhz
  • Jalankan benchmark atau game yang anda inginkan , ulangi sampai hang/freeze. Setiap crash, turunkan interval ke GPU 50Mhz, 25Mhz, dan seterusnya sampai anda mendapat clock maksimal.
  • Lakukan hal yang sama kepada memory clock, dengan keadaan GPU sudah dioverclock

Tips: Anda bisa menjalankan software Unigine Heaven Benchmark 4.0, dan software ini akan cukup ‘menyiksa’ GPU Anda, sehingga bisa digunakan untuk indikasi kestabilan hasil overclock.

 

Hasil Overclocking

Setelah menguji beberapa lama, berikut ini setting stabil yang kami dapatkan:

*klik untuk memperbesar*

GTX 970 Gaming_OCSetting_daily

Dengan menambahkan sekitar +172Mhz offset pada GPU Clock, lalu +200Mhz offset pada Memory clock, sekarang konfigurasi kecepatan MSI GTX 970 Gaming kami menjadi:

  • Base Clock: 1286 Mhz
  • Boost Clock: 1425 Mhz
  • Max. boost Clock: 1500 Mhz
  • Memory Clock: 1853Mhz (efektif GDDR5-7412Mhz)

Tidak lupa juga kami mengubah nilai Power Limit menjadi 110% supaya GPU Clock kami tidak terkena power limit, dan dapat berjalan di Max. Boost clock 1500Mhz clock terus-menerus.

Berikut ini screenshot GPU-Z saat GPU dalam keadaan dioverclock:

GTX 970 Gaming_OCSetting2

*klik untuk memperbesar*

Benchmark: Sintetis dan Game

Berikut ini benchmark yang kami lakukan pada MSI GTX 970 GAMING 4G dalam keadaan overclock. Kami menjalankan 3DMark Fire Strike Extreme, dan juga game Crysis 3.

3DMark Fire Strike Extreme

GTX 970 Gaming_FSE

 

Crysis 3 (1920x1080p, Very High Preset)

GTX 970 Gaming_Crysis3Setting1

GTX 970 Gaming_Crysis3Setting2

GTX 970 Gaming_Crysis3

 

Dengan melakukan konfigurasi overclocking seperti di atas (GPU max. Boost Clock 1.5Ghz, Memory GDDR5-7400Mhz), performa MSI GTX 970 GAMING 4G masih bisa ditingkatkan setidaknya sekitar 10% dari keadaan defaultnya. Perlu diingat juga, MSI GTX 970 GAMING sudah di-overclock dari spesifikasi standar NVIDIA setidaknya 10% (base clock reference dari NVIDIA adalah 1050Mhz).

Untuk skenario gaming seperti Crysis 3, memang GTX 970 GAMING dalam keadaan default sudah bisa melebihi angka 60 FPS dengan mudah, namun yang sering terlewat adalah nilai Minimum FPS pada game tersebut, yang seringkali turun pada saat banyak musuh dan action pada layar. Dengan melakukan overclocking, nilai FPS minimum pada MSI GTX 970 bisa naik dari 47 FPS ke 52 FPS, sedikit menghilangkan perasaan ‘stutter’ saat heavy-action scene.

 

 

Peak Temperature – FAN AUTO (ZeroFrozr ON)

Saat overclocking, suhu menjadi salah satu variabel yang perlu diperhatikan. Pendingin yang digunakan MSI GTX 970 GAMING adalah TwinFrozr V, yang memiliki teknologi ZeroFrozr, yakni fan tidak akan berputar hingga suhu GPU mencapai 60 C. Semua praktik overclocking yang kami lakukan menggunakan kecepatan fan AUTO, yang berarti fitur ZeroFrozr masih menyala.

Di sini, setelah sistem idle selama 10 menit di Desktop, kami menjalankan program 3DMark Fire Strike Extreme dan melakukan logging dari suhu GPU tersebut, lalu mencatat suhu maksimal(peak Temperature-nya) yang diukur menggunakan software MSI Afterburner.

GTX 970 Gaming_TEMP_DEF

Berikut ini suhunya:

GTX 970 Gaming_PeakTemp

Dengan core clock 1.5Ghz(Max. Boost Clock), suhu VGA MSI GTX 970 GAMING tidak berubah banyak dari keadaan defaultnya. Kami mencatat peningkatan suhu yang terjadi hanya sekitar 2 C saja (default 63C, OC 65 C). Suhu seperti ini masih relatif aman untuk digunakan sehari-hari. Jika anda merasa suhu ini terlalu tinggi, anda tinggal menyalakan fan ke speed 50%.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES