in: General | April 5, 2015 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Overclocking Test: MSI GeForce GTX 970 Gaming 4G

OC GPU Lebih dari 1500Mhz: Mungkin dilakukan?

Setelah mendapatkan setting stabil pada 1500Mhz, kami mencoba lagi untuk mencari konfigurasi clock maksimum, hanya untuk menjalankan 3DMark Fire Strike Extreme(tidak untuk stabil berjalan daily). Dan ini setting yang kami dapatkan:

GTX 970 Gaming_OCMAX

*klik untuk memperbesar*

Clock GPU pada MSI GTX 970 Gaming yang kami miliki masih bisa ‘diperas’ lagi, dan kami mendapat nilai 1535-1540Mhz sebelum GPU benar-benar tidak bisa menjalankan benchmark. Demikian juga dengan Video Memory yang ada, masih bisa berjalan hingga kecepatan 1975Mhz (GDDR5-3950-an). Sayang sekali, di konfigurasi ini, nilai power limit 110% sudah tercapai, sehingga meningkatkan clock GPU lebih jauh lagi mungkin tidak bisa memberikan peningkatan skor benchmark yang berarti(kecuali anda memodifikasi nilai power limit pada BIOS VGA-nya).

Dengan Max. Boost Clock GPU 1540Mhz dan Memory di GDDR5-3950, skor 3DMark Fire Strike Extreme bergeser sedikit menjadi 5825 (meningkat 12-13% dari default). Sayangnya, pada kondisi ini VGA kami tidak terlalu stabil dalam menjalankan game, dan hanya bisa menjalankan benchmark pendek. Akhirnya kami memutuskan bahwa konfigurasi 1500Mhz yang kami lakukan di halaman sebelumnya lebih cocok untuk digunakan sehari-hari.

Kesimpulan

Dengan langkah-langkah yang relatif mudah, kemampuan kartu grafis MSI GTX 970 GAMING 4G masih bisa ditingkatkan setidaknya sekitar 10% lagi dengan Clock GPU 1500Mhz-an, suhu operasional saat overclocking juga masih relatif terjaga walaupun kecepatan kipas TwinFrozr V tidak kami ubah sama sekali.

Oh ya, langkah-langkah overclocking yang kami lakukan ini juga bisa Anda terapkan pada VGA GeForce GTX 970 merk lainnya, karena tool MSI Afterburner yang kami gunakan di artikel ini bisa digunakan juga pada kartu grafis lain. Hannya saja, anda perlu memperhatikan clock default dari VGA anda(terutama base/boost clock). Selamat Overclock!

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES