in: Tips | May 23, 2015 | by: Jagat OC Team

Cooling Tips: Mendinginkan Notebook Panas

IMG_9996

Notebook atau Laptop umumnya dilengkapi dengan solusi pendingin yang pas-pasan karena keterbatasan ruang. Tentunya, hal tersebut membuat beberapa notebook beroperasi dengan suhu agak tinggi (>90 C) saat mendapat load yang berat. Meski beberapa periferal notebook ada yang diklaim bisa tetap beroperasi normal pada suhu agak tinggi, melihat temperatur yang agak berlebihan ini tentu menyebabkan rasa resah bagi si pengguna.

Sebagai overclocker, kami dari JagatOC Team sering sekali menghadapi sistem dengan suhu berlebih, dan mendapatkan suhu rendah untuk ketahanan komponen maksimal adalah salah satu bagian dari pekerjaan kami. Tahukah Anda, bahwa ternyata ada cara yang (sangat) sederhana yang bisa menurunkan suhu operasi notebook dengan signifikan?

 

Ruang Lingkup + Skenario Pengujian

IMG_9998

Meskipun tips ini sederhana sekali, kami akan tetap melakukan pengujian yang lengkap dan komprehensif demi memberikan informasi terbaik bagi Anda, pembaca JagatOC.com. Kami banyak sekali menemukan tips mendinginkan notebook, yang tidak disertai pengujian suhu sama sekali, and that’s why we’re going to do some proper test on it.

Pengujian pada artikel ini adalah menjalankan sebuah aplikasi yang membebani CPU dan GPU sebuah laptop, dan melihat solusi apa yang bisa digunakan untuk menurunkan suhu laptop tersebut.

Singkatnya:

  1. Kami menyalakan laptop, lalu menjalankan Game Watch_Dogs selama 15 menit,
  2. Berikutnya, kami mencatat suhu maksimum CPU dan  suhu maksimum GPU dengan program HWiNFO v4.50

 

Testbed – Hardware & Software

IMG_0003

Notebook yang kami gunakan untuk eksperimen kali ini adalah Acer Aspire E5-472G dengan spesifikasi:

  • Prosesor: Intel Core i7-4712MQ
  • RAM: 4GB DDR3L-1600Mhz
  • VGA: NVIDIA GeForce 820M

Rig_Spec

Menurut beberapa rekan kami yang pernah memakai laptop dengan spesifikasi mirip ini, kadang mereka mengeluh karena notebook mereka kadang sering berjalan pada suhu tinggi sehingga mengakibatkan overheat.

Software bantuan yang akan membantu kami untuk mencatatkan nilai temperature tertingginya, adalah HWiNFO v4.50 (Pembacaan yang diambil adalah Maximum Temperature).

screen015

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES