in: Tips | May 23, 2015 | by: Jagat OC Team

Cooling Tips: Mendinginkan Notebook Panas

Lihat Lebih Dekat

Beberapa gambar di bawah ini akan menunjukkan pada Anda, hal yang membuat kebanyakan notebook mengalami banyak masalah suhu:

IMG_0005

 

IMG_9995

 

Sudah punya clue? Jika Anda memperhatikan gambar di atas dengan seksama, Anda akan menyadari bahwa jarak notebook tersebut ke permukaan meja sangat rendah, dan bahkan sulit mengambil angle yang tepat ketika ingin mengambil fotonya.

Seperti terlihat di bawah, notebook yang kami gunakan untuk pengujian memiliki lubang ventilasi di bawah untuk ‘memasukkan’ udara segar sebelum nantinya dibuang ke samping.

IMG_9994IMG_9993

Agak disayangkan, nampaknya bentuk spacer dari notebook ke meja yang disertakan notebook ini tidak cukup untuk memberi jarak yang baik dari permukaan bawah notebook, ke meja-nya.

Ingin Dingin? Angkat Notebooknya!

IMG_0008

IMG_0006

Mengingat bahwa potensi masalah yang terjadi berasal dari minim-nya jarak antara lubang ventilasi bawah dengan permukaan meja, kami menemukan sebuah solusi (sangat) sederhana: Angkat bagian belakang notebooknya dengan sebuah pengganjal, setidaknya naik 2-3 cm dari biasanya.

Ya, solusi ini terdengar agak ‘bodoh’, tapi ini yang kadang dilakukan rekan kami untuk mendapat suhu lebih rendah, ketika tidak ada cooling pad tersedia.

 

IMG_0007

Pengganjal untuk bagian belakang notebook itu bisa macam-macam, gunakan kreativitas Anda! Pada sistem kami, ada sebuah power adaptor yang kami gunakan untuk  ‘meninggikan’ bagian belakang notebook. Pastikan saja, pengganjal ini tidak menghalangi airflow.

 

Seberapa parah keadaan lubang ventilasi ini akan berpengaruh ke suhu notebooknya? Mari simak!

 

Temperature Test – Start!

IMG_0011

Pengujian temperatur kami sangat sederhana, di Notebook yang diuji, kami memainkan game Watch_Dogs yang cukup berat bagi prosesor dan GPU, selama 15 Menit. Suhu ruangan dijaga pada angka 26 C (plus minus 1 derajat).

Kami akan mengukur suhu CPU dan GPU via HWiNFO, dan mengukur juga seberapa panas exhaust dari samping, dengan Fluke 52 II Digital Thermal Sensor.

 

Temperature Test: Skenario 1 (Posisi Normal)

IMG_0013

Exhaust Temperature

Temp_Default

Ouch. Baik suhu prosesor maupun GPU memasuki angka 90C-an lebih!

 

Temperature Test: Skenario 2 (Posisi Diangkat 3 cm)

IMG_0017

NotebookTemp

Temp_elevated

Percaya tidak percaya, tindakan sederhana seperti mengangkat bagian belakang notebook untuk memberikan jarak meja ke lubang ventilasi lebih besar ternyata bekerja dengan baik. Suhu prosesor dan GPU turun signifikan ke angka 80 C untuk GPU, dan sekitar 76 C untuk CPU.

Suhu exhaust samping pun turun ke 56.9 C saat notebook diangkat, memastikan bahwa penurunan suhu ini bukan terjadi karena kesalahan baca sensor.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
Tips | July 24, 2018 | Comments

Eksperimen: Tuning Aspect Ratio ke 32:9

Kadang-kadang ada beberapa hardware PC yang cukup menarik untuk membuat pengalaman berkomputer menjadi sangat berbeda. Beberapa hari lalu, rekan kami di JagatPlay tengah mencoba sebuah monitor 49″ dari Samsung yang
Read More »