in: Easy OC | May 22, 2015 | by: Richard "slythz" Sutanto

Easy OC dengan EZ Tuning Wizard pada ASUS Maximus VII Gene

M7G_s2s

Memasuki era prosesor Devil’s Canyon pada tahun 2014 silam, ASUS memperkenalkan beberapa produk baru pada jajaran ROG(Republic of Gamers) mereka dengan chipset Intel Z97. ASUS ROG Maximus VII Gene adalah salah satunya. Sebagai sebuah produk ASUS kelas ROG, tentunya motherboard tersebut dapat memenuhi kebutuhan PC enthusiast, gamer, dan pastinya overclocker. Apa yang sama dari ketiga pengguna tersebut? Mereka butuh kestabilan yang baik, dan performa tinggi tentunya!

Seperti pada umumnya ditemui pada motherboard ASUS seri ROG, Maximus VII Gene(sering disingkat M7G) dilengkapi dengan banyak sekali fitur penunjang overclocking. Para pengguna diberikan banyak pilihan untuk melakukan tuning ekstra pada motherboard mereka, seperti meng-overclock prosesor yang mereka miliki. Yang menarik, meski Anda tetap bisa melakukan banyak setting secara manual, ASUS juga memberikan sebuah fitur auto-overclocking yang berguna untuk meningkatkan performa bagi pengguna biasa – disebut EZ Tuning Wizard.

EZ Tuning Wizard

EZ_Tuning

Secara singkat, EZ Tuning Wizard adalah sebuah fitur pada BIOS ASUS, yang bertujuan untuk meningkatkan performa CPU dan RAM dengan melakukan overclocking otomatis. Peningkatan clock yang dilakukan oleh EZ Tuning Wizard akan disesuaikan dengan preset yang tersedia, untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan skenario pemakaian penggunanya.

EZ Tuning Wizard akan meminta input si pengguna untuk memberikan informasi apakah penggunaan sistem tersebut untuk pekerjaan ringan sehari-hari, atau gaming. Tentunya, setting akan disesuaikan lagi dengan penggunaan solusi pendinginan yang digunakan, apakah itu sebatas Stock Cooling, Tower Cooling atau bahkan Water Cooling.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas:

  1. Cara kerja EZ Tuning Wizard,
  2. Bagaimana cara mengaplikasikan EZ Tuning Wizard, dan
  3. Berapa banyak peningkatan kinerja yang didapatkan.
Disclaimer :

1)Tingkat overclocking yang didapat pada setiap pengujian kami bisa jadi berbeda dengan apa yang Anda dapatkan, bergantung pada kualitas CPU, Integrated Memory Controller(IMC), RAM, dan lain sebagainya.

2) Overclocking jika tidak dilakukan dengan benar dapat memberikan efek negatif bagi sistem Anda (mulai dari ketidakstabilan, hingga kerusakan permanen hardware) Jangan meng-overclock kalau anda tidak benar-benar yakin dengan apa yang anda lakukan. Lakukan OC dengan resiko ditanggung sendiri, Do it at your own risk!

 

Platform Pengujian

Result_Result_DSCF1605

  • Processor: Intel Core i5-4670K 3.4 GHz(Max. Turbo 3.8 GHz)
  • Motherboard: ASUS Maximus VII Gene
  • RAM: Team Zeus DDR3-1600CL9 2x4GB Kit
  • SSD: 120 GB Galaxy SSD
  • PSU: Corsair AX 850 Watt
  • VGA: GALAX GeForce GTX 980 HOF 4GB
  • Cooling System: Noctua NH-U12S
  • Operating System: Windows 7 Ultimate 64-bit SP1

Kami menggunakan air cooling sebagai solusi pendinginan dan menetapkan 27 C sebagai suhu ruangan.

Result_Result_DSCF1604

Software Pengujian

  • Intel XTU Benchmark: Intel XTU(Xtreme Tuning Utility) adalah sebuah software tuning untuk prosesor Intel Core 3rd-Gen “Ivy Bridge’ dan 4th-Gen ‘Haswell’. Didalam software tuning ini terdapat sebuah benchmark yang mengkalkulasi bilangan prima(menggunakan algoritma mirip prime95), dengan ini kerja prosesor akan diperas hingga 100% sehingga menhasilkan panas yang cukup tinggi.
  • LinX 0.6.4 – LinX adalah aplikasi yang kami gunakan untuk memberi beban kerja kepada prosesor dengan mengkalkulasi bilangan prima(menggunakan algoritma mirip prime95). Dengan beban sebesar ini, software ini dapat dijadikan standard ‘stabil’ apabila lolos tanpa error setelah berjalan sebanyak 2 loop.
  • Cinebench R11.5 merupakan aplikasi pengujian untuk mengukur kinerja prosesor dalam me-render sebuah scene 3D. Hasil pengujian disajikan dalam bentuk skor, semakin tinggi skor yang dihasilkan, semakin baik dan pastinya akan menghasilkan panas yang cukup menyiksa pada kecepatan prosesor yang lebih tinggi.
  • Core Temp 1.0 RC5 – Aplikasi yang digunakan untuk memantau suhu maksimum dan minimum prosesor selama pengujian.
  • CPU-Z  – Aplikasi yang digunakan untuk memberikan informasi mengenai kecepatan sistem yang sedang berjalan.
  • Game Watch_Dogs, Texture Ultra, Overall Quality Ultra, 1920 x 1080

Watch Dogs Settings
watch_dogs-2015-05-19-00-37-35-81 watch_dogs-2015-05-19-00-37-32-65


Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
Review | April 10, 2017 | Comments

Overclocking Review: ASUS ROG GX800VH

Kadang di dunia hardware PC, mengejar gelar ‘tercepat‘ membutuhkan usaha yang tidak sedikit. Produk-produk tersebut juga umumnya jarang ditemui dan digunakan user, karena proses desain-nya yang rumit dan juga price
Read More »