in: Editorial | May 1, 2015 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

JagatOC.com: Dedikasi Penuh untuk Overclocking!

LOGO-JAGAT-OC

A Little History..

Pada akhir bulan Juli 2010 lalu, sebuah ruang kosong di samping gudang lab. JagatReview ‘disulap’ untuk dijadikan lab Overclocking. Sesuai dengan namanya, lab tersebut dirancang untuk melakukan berbagai riset dan eksperimen overclocking hardware PC. Seperti yang Anda ketahui, Overclocking (OC) adalah sebuah tindakan untuk memodifikasi setting komponen PC supaya bisa berjalan lebih kencang dari kecepatan pabrikannya, sehingga pembahasan mengenai OC sendiri tentunya akan bisa menjadi tambahan konten yang menarik bagi situs JagatReview.com (yang saat itu belum lama berdiri). Tidak ada yang menyangka bahwa lab. ini nantinya akan melahirkan JagatReview OC Team, atau lebih dikenal dengan nama JagatOC Team.

Ketika pertama berdiri, lab overclocking JagatReview hanya diisi dengan 3 (tiga) orang personel, yakni saya sendiri serta dua orang rekan belajar overclocker saat masih di universitas, Hendra Wijaya “Coldest”, dan Hendra Masli “I.R.I.S”. Saat itu yang ada dalam pikiran kami bertiga adalah mengasah skill overclocking kami sebagai individual, dan juga membangun tim overclocking yang solid, untuk nantinya bisa membawa nama Indonesia di kompetisi overclocking tingkat Internasional.

“Petualangan” overclocking JagatOC Team berawal di sini, mulai dari melakukan berbagai pengujian overclocking terhadap beragam hardware PC yang ada di pasaran, hingga mengikuti berbagai kompetisi overclocking yang ada. Sebagai catatan, artikel overclocking kami yang pertama adalah “Extreme Overclocking AMD Phenom II X2 555BE ke 6 Ghz”.

1stOCArticle

Artikel Overclocking Pertama JagatOC Team Tahun 2010

Hendra Wijaya "Coldest" (kiri), Alva Jonathan "Lucky_n00b"(tengah), dan Hendra Masli "I.R.I.S'"

Hendra Wijaya “Coldest” (kiri), Alva Jonathan “Lucky_n00b”(tengah), dan Hendra Masli “I.R.I.S'” – kru lab JagatOC tahun 2010

Setahun kemudian, tekat kuat dan modal nekat kami ternyata membuahkan hasil yang cukup menyenangkan. Setelah bertarung sengit dengan banyak overclocker mancanegara, JagatOC Team berhasil lolos untuk mewakili Indonesia di babak final lomba overclocking terbesar dunia saat itu, yakni MSI Master Overclocking Arena 2011.

JagatOC Team di MSI MOA 2011

Lolosnya JagatOC Team ke kompetisi overclocking Internasional ini memberi motivasi bagi segenap kru JagatOC untuk menjadi overclocker yang lebih baik lagi, berharap supaya bisa mewakili nama Indonesia hingga dikenal luas sebagai negara yang berprestasi pada ajang overclocking. Member tambahan pun mulai direkrut untuk membuat tim JagatOC lebih solid lagi dari sebelumnya. Dengan kerja keras, JagatOC kembali mewakili Indonesia pada ajang Master Overclocking Arena tahun 2012, tahun 2013, dan bahkan tahun 2014 lalu. Selain lolos ke final, dalam 2 tahun terakhir JagatOC Team berhasil mengibarkan Merah Putih di podium kompetisi MSI Master Overclocking Arena!

DSC06989s

JagatOC Team – 2nd Place MSI MOA 2013 Classic Battle (Lucky_n00b)

Jesse_2014_2nds

JagatOC Team – 2nd Place MSI MOA 2014 No Limit Battle (bboyjezz)

Tidak selesai sampai di sini, JagatOC Team pun berhasil memberi kontribusi pada “olimpiade” overclocking antar negara, Hwbot Country Cup, sehingga Indonesia bisa meraih posisi 3 besar pada tahun 2011 dan tahun 2013 silam. Tidak lupa, beberapa waktu sekali, JagatOC, sebagai bagian dari PT Jagat Genta Teknologi, berperan aktif dalam penyelenggaraan kompetisi overclocking di Indonesia, untuk memperkenalkan overclocking kepada berbagai overclocker di Tanah Air, seperti melalui AOCT – Amateur Overclocking Tournament dan beberapa kompetisi lain dengan skala yang lebih kecil tetapi dengan kualitas yang tinggi.

AOCT2014TheFinalBattle

JagatOC.com: Rumah Baru, Semangat Baru

JagatOCdotcom

Selama ini, tim JagatOC memaparkan berbagai artikel review maupun pengujian khusus mengenai overclocking pada situs utama kami, JagatReview.com (Category: Overclocking). Sayangnya, kami dari JagatOC Team merasa materi overclocking yang kami sajikan melalui situs JagatReview masih bisa ditingkatkan lagi kualitasnya untuk mencakup lebih banyak area mengenai overclocking, dengan pembahasan yang lebih fokus. Akhirnya, setelah melalui perjalanan yang cukup panjang, lahirlah JagatOC.com!

JagatOC.com adalah sebuah website khusus yang akan membahas segala macam hal mengenai PC performance tuning. Sebagai contoh, pembahasan JagatOC.com kurang lebih akan mencakup:

  • Pembahasan fitur overclocking pada berbagai hardware terkini
  • Aneka tips tuning untuk meningkatkan performa sistem, mulai dari tingkat pemula hingga ke tingkat advanced
  • Editorial yang membahas tren terbaru dalam dunia overclocking
  • Reportase dari berbagai kompetisi overclocking, baik tingkat lokal, Internasional, maupun online
  • Memberikan pembelajaran mengenai dasar-dasar overclocking (OC 101)
  • Memaparkan beragam overclocking guide + Easy OC steps bagi overclocker pemula
  • Pengujian overclock dengan banyak skenario, mulai dari menguji hardware murah(Budget OC) dengan stock cooling, hingga ‘menyiksa’ hardware high-end dengan Liquid Nitrogen(LN2).
  • Dan masih banyak lagi! (Overclocking laptop – anyone interested?)

Intinya: it’s all about overclocking, and pushing technology to its limits! Dengan berdirinya JagatOC.com, kami berniat memberikan segala informasi terkini mengenai tuning PC, baik untuk meraih kinerja komputasi lebih baik, atau pengalaman berkomputer yang lebih nyaman. Sebagai tambahan, kami dari JagatOC juga ingin membangun komunitas yang berbagi passion yang sama dengan kami. We love technology, and overclocking is our way to appreciate technology by making it even better, and faster.

Our Crew Today

TimJagatOC_2015s

Tim JagatOC sekarang sudah berjumlah 7 (tujuh) orang, masing-masing dengan kelebihan, spesialisasi, dan prestasinya sendiri. Berikut ini member-member Tim JagatOC yang akan mengasuh berbagai rubrik overclocking pada JagatOC.com:

  • Hendra ‘Coldest’ (Paling kiri): MSI MOA 2011 & 2012 Finalist, CPU Cooling reviewer + Gigabyte Motherboard specialist
  • Reza ‘Rookie_JR’ (kedua dari kiri): 2nd runner-up Intel OC Challenge 2014 for amateur, VGA Reviewer, JagatOC Team Vice Captain.
  • Richard ‘slythz’ (ketiga dari kiri): Motherboard reviewer, ASUS Motherboard specialist
  • Jesse ‘bboyjezz’ (kedua dari kanan): Runner-up MSI MOA 2014 No Limits, AMD APU Specialist, JagatOC Competition Team Manager
  • Alva ‘Lucky_n00b’ (keempat dari kiri): MSI MOA 2008 Champion + MSI MOA 2013 2nd Place, MSI Motherboard specialist (+ AMD Fanboy :p), JagatOC Team Captain

 

It’s a Start of Our New Journey!

Same Lab, New Journey

Same Lab, New Journey

JagatOC.com resmi diluncurkan hari ini, tanggal 1 Mei 2015 – 5 tahun sejak lab. overclocking di JagatReview pertamakali berdiri, tepat di ulang tahun ke-5 Jagat Review. Kami, segenap kru JagatOC Team, berharap bisa memberikan informasi overclocking yang lebih luas dan menyeluruh bagi Anda sekalian yang gemar melakukan tuning ekstra.

Enjoy your stay at JagatOC.com, where we push technology to the edge of stability!

 

Salam,

 

JagatOC Team

 

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
News | September 2, 2017 | Comments

AOCT 2017: 12 Peserta Babak Kualifikasi

Babak audisi AOCT 2017 akhirnya selesai! Seluruh tim yang hadir hari ini telah menyelesaikan tugas mereka dalam mencoba meraih hasil terbaik di tantangan max. memory clock. Secara keseluruhan, 10 tim
Read More »