in: General | May 28, 2015 | by: Leontius Jesse "bboyjezz" Putra

Overclocking Inno3D iChill GeForce GTX 970 4GB Ultra

ichill970_logo

Bagi sebagian power user yang sudah memiliki spesifikasi kartu grafis cukup tinggi, overclocking kadang bukan menjadi salah satu opsi yang mereka pilih untuk meningkatkan performa dari GPU yang mereka miliki. Cukup wajar, karena VGA high-end umumnya sudah di-overclock dari pabrik(factory-overclocked) supaya kinerjanya lebih baik. Namun, kami sering melihat bahwa umumnya masih ada sedikit overclocking headroom yang bisa dimanfaatkan dari VGA high-end berspesifikasi tinggi sekalipun.

Kali ini, kami dari JagatOC team akan mencoba membahas langkah-langkah overclocking dari VGA Inno3D iChill GeForce GTX 970 4GB Ultra, sebuah kartu grafis berbasiskan GPU GeForce GTX 970 yang memiliki desain non-reference, dan sudah di-overclock dari pabrik untuk mendapat clockspeed lebih tinggi dari kebanyakan GTX 970 ‘biasa’ di pasaran.

Disclaimer :

1)Tingkat overclocking yang didapat pada setiap pengujian kami bisa jadi berbeda dengan apa yang Anda dapatkan, bergantung pada kualitas CPU, Integrated Memory Controller(IMC), RAM, VGA, dan lain sebagainya.

2) Overclocking yang tidak dilakukan dengan benar dapat memberikan efek negatif bagi sistem Anda (mulai dari ketidakstabilan, hingga kerusakan permanen hardware). Jangan meng-overclock kalau anda tidak benar-benar yakin dengan apa yang anda lakukan. Lakukan OC dengan resiko ditanggung sendiri, DO IT AT YOUR OWN RISK!

 

Inno3D iChill Geforce GTX 970 4GB Ultra

Berikut tampilan dari Inno3D iChill Geforce GTX 970 4GB Ultra:

*klik untuk memperbesar*

DSCF1587es

DSCF1589es DSCF1590es DSCF1591es

 

Secara fisik, Inno3D iChill Geforce GTX 970 4GB Ultra terlihat ‘sangar’, dengan heatsink dan sistem pendingin yang cukup besar. Oleh si pembuatnya, pendingin masif ini disebut ‘HerculeZ X4 Air Boss

HerculeZ Air Boss_Ichill

Konsep HerculeZ X4 Air Boss – klik untuk memperbesar

 

Spesifikasi / Clockspeed

Berikut spesifikasi clockspeed dari iChill Geforce GTX 970 4GB, sesuai dengan pembacaan GPU-Z:

screen009es

Sebelum mulai meng-overclock, baiknya kita mengenal spesifikasinya terlebih dahulu. Seperti yang terjadi pada beberapa generasi semenjak arsitektur Kepler rilis, GPU NVIDIA memiliki konfigurasi clock GPU yang dinamis untuk menyesuaikan dengan load dan temperatur (yang dinamai GeForce Boost Technology). Berkat ini, jika sensor pada GPU mendeteksi bahwa aplikasi yang digunakan tidak memberikan load yang berat, dan masih ada power headroom dan thermal headroom, maka si GPU akan secara otomatis meningkatkan clocknya.

Dengan adanya teknologi GeForce Boost, nilai clock dari GPU akan memiliki beberapa ‘state’, yakni:

  • Base Clock
  • Boost Clock
  • Max. Boost Clock

Pada screenshot GPU-Z di atas, angka ‘1178 Mhz’ GPU Clock merupakan Base Clock, sedangkan ‘1329 Mhz’ adalah Boost clock.

Secara teori, nilai Base Clock menurut NVIDIA adalah nilai ‘worst case’ dimana GPU digunakan semaksimal mungkin dan tidak ada thermal ataupun power headroom untuk mengaktifkan fitur Boost clock. Sedangkan Boost Clock adalah clock minimum saat teknologi Boost masih bisa aktif (yang berarti masih ada power & thermal headroom), lalu Max. Boost Clock adalah clock Maksimum yang diijinkan si GPU saat boost aktif.(Terlihat dari angka 1379 Mhz pada GPU-Z panel kanan)

Dalam praktiknya, untuk aplikasi gaming yang umum, kami jarang sekali melihat clock GPU kami turun hingga ke level Boost Clock, ataupun Base Clock. Jika anda memerhatikan screenshot GPU-Z di atas dengan seksama, anda akan melihat angka ‘1379Mhz‘ pada GPU Core Clock, dan inilah clock GPU maksimal kita yang sebenarnya, saat menjalankan sebagian besar game 3D.

Ada cara mudah melihat Max. Boost Clock dari GPU anda: Buka GPU-Z, lalu klik tanda tanya ‘?’ yang ada di bagian tengah kanan(ada di gambar), lalu jalankan ‘Render Test’ untuk me-load GPU. Saat render test ini aktif barulah anda bisa melihat boost clock maksimal dari VGA anda.

Seperti yang bisa dilihat dari atas, Inno3D iChill GeForce GTX 970 4GB Ultra memiliki konfigurasi:

  • Base Clock: 1178 Mhz
  • Boost Clock: 1329 Mhz
  • Max. boost Clock: 1379 Mhz
  • Memory Clock: 1800Mhz (efektif GDDR5-7200Mhz, atau GDDR5 7.2 Gbps)

 

GPU Boost clock yang diberikan oleh VGA iChill Geforce GTX 970 4GB Ultra sekitar 150Mhz lebih besar dibandingkan dengan spesifikasi reference dari NVIDIA untuk GTX 970-nya. Demikian pula video memory dari VGA ini sudah di-overclock ke 1800Mhz, lebih tinggi 50 Mhz dari spesifikasi reference.

 

Testbed

DSCF1595es

Berikut spesifikasi PC yang kami gunakan untuk uji overclocking kali ini:

  • Prosesor: Intel Core i7-5960X Extreme Edition
  • Motherboard: MSI X99S MPOWER
  • RAM: Kingston HyperX Fury DDR4-2666C15 32GB Kit (4x8GB)
  • VGA: Inno3D iChill Geforce GTX 970 4GB GDDR5
  • SSD: Kingston HyperX 3K 120GB
  • PSU: Corsair AX1200i
  • OS: Windows 7 64-bit SP1 Ultimate
  • Driver VGA: 347.88 WHQL
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
Review | April 20, 2018 | Comments

Short Test: Ryzen 7 2700X di B350 vs X370 vs X470

Kedatangan prosesor baru biasanya disertai dengan berbagai perangkat pendukung seperti chipset motherboard tertentu. Ada prosesor yang kedatangannya membutuhkan socket baru dan membutuhkan motherboard dengan dukungan socket/chipset berbeda, ada juga prosesor
Read More »