in: Easy OC | June 18, 2015 | by: Richard "slythz" Sutanto

Easy OC dengan OC Genie pada MSI Z97 Gaming 3

Feat-Images

Beberapa waktu belakangan ini, popularitas motherboard dengan tema ‘Gaming’ kian meningkat. Berbagai vendor motherboard ramai-ramai menyematkan fitur ekstra yang membuat penggunanya dapat menikmati game mereka dengan maksimal. Tentu saja, selain memasang chip audio dan LAN khusus dan menambah faktor ‘bling’ lainnya, salah satu faktor yang harus dimiliki motherboard Gaming adalah ketahanan komponen yang tinggi, dan tentunya fitur untuk menambah performa. Overclocking adalah salah satu metode termudah untuk menambah performa sebuah sistem gaming, dan kebanyakan motherboard gaming memiliki sebuah metoda untuk mempermudah penggunanya untuk melakukan overclocking.

MSI Z97 Gaming 3 – Z97 dengan Harga Terjangkau

MSI merupakan salah satu vendor yang nampak cukup serius menggarap motherboard Gaming mereka, mulai dari seri low-end hingga ke seri high-end/enthusiast. Pada motherboard berchipset Intel Z97, salah satu seri termurah mereka adalah MSI Z97 Gaming 3. Mari kita lihat motherboard ini lebih dekat:

*klik untuk memperbesar*

*klik untuk memperbesar*

Z97Gaming3_01Z97Gaming3_03 Z97Gaming3_04

Z97Gaming3_05 Z97Gaming3_06 Z97Gaming3_07

Z97Gaming3_08 Z97Gaming3_09 Z97Gaming3_12

 

Meski dijual sebagai motherboard gaming kelas terjangkau, Z97 Gaming 3 masih memiliki beberapa slot ekspansi yang memadai untuk kebutuhan gamer maupun pengguna biasa (tersedia slot M.2, 2x PCIe full-size 16x, dan 3 buah slot PCI legacy, 6 SATA, 4x USB 3.0). Lalu semua MOSFET yang ada pada regulator daya ditutupi heatsink untuk menjaga suhu operasinya, dan ada power 12V 8-pin. Tidak lupa, menyandang chipset Intel Z97 yang mengijinkan overclocking pada prosesor Intel K-series, motherboard gaming tersebut memiliki sebuah fitur overclocking otomatis yang sudah dikembangkan MSI sejak bertahun-tahun lalu, yakni OC Genie.

Pada artikel ini, kami akan memaparkan cara kerja fungsi OC Genie pada motherboard MSI Z97 Gaming 3 dan melihat bagaimana fitur ini dapat meningkatkan performa PC Anda.

 

OC Genie – OC Otomatis

OC Genie merupakan sebuah fitur yang dikembangkan oleh MSI untuk meningkatkan performa sistem dengan melakukan overclocking secara otomatis. Fitur tersebut sudah lama dikembangkan dan disempurnakan oleh MSI sampai dengan jajaran motherboard Z97 ini. Pada beberapa produk high-end, MSI memberikan tombol mekanik pada header yang dapat digunakan untuk menyalakan atau mematikan OC Genie dengan mudah seperti yang terlihat di bawah ini:

Tombol OC Genie pada MSI Z97 MPOWER MAX

Namun pada seri Z97 Gaming 3, MSI tidak memberikan tombol fisik, namun memberikan opsi di BIOS seperti yang terlihat di bawah ini:

OC-Genie-ON-Effect

Baik, mari uji opsi OC Genie-nya!

Disclaimer :

1)Tingkat overclocking yang didapat pada setiap pengujian kami bisa jadi berbeda dengan apa yang Anda dapatkan, bergantung pada kualitas CPU, Integrated Memory Controller(IMC), RAM, dan lain sebagainya.

2) Overclocking jika tidak dilakukan dengan benar dapat memberikan efek negatif bagi sistem Anda (mulai dari ketidakstabilan, hingga kerusakan permanen hardware) Jangan meng-overclock kalau anda tidak benar-benar yakin dengan apa yang anda lakukan. Lakukan OC dengan resiko ditanggung sendiri, Do it at your own risk!

Platform Pengujian

Result_DSCF1621

  • Processor: Intel Core i5-4670K 3.4 GHz(Max. Turbo 3.8 GHz)
  • Motherboard: MSI Z97 Gaming 3
  • RAM: Silicon Power XPower DDR3-2400 16GB (2x8GB) Kit
  • SSD: 120 GB Galaxy SSD
  • PSU: Corsair AX 850 Watt
  • VGA: GALAX GeForce GTX 980 HOF 4GB
  • Cooling System: Noctua NH-U12S
  • Operating System: Windows 7 Ultimate 64-bit SP1

Kami menggunakan air cooling sebagai solusi pendinginan dan menetapkan 27 C sebagai suhu ruangan.

Result_DSCF1620

Software Pengujian

  • Intel XTU Benchmark: Intel XTU(Xtreme Tuning Utility) adalah sebuah software tuning untuk prosesor Intel Core 3rd-Gen “Ivy Bridge’ dan 4th-Gen ‘Haswell’. Didalam software tuning ini terdapat sebuah benchmark yang mengkalkulasi bilangan prima(menggunakan algoritma mirip prime95), dengan ini kerja prosesor akan diperas hingga 100% sehingga menhasilkan panas yang cukup tinggi.
  • LinX 0.6.4 – LinX adalah aplikasi yang kami gunakan untuk memberi beban kerja kepada prosesor dengan mengkalkulasi bilangan prima(menggunakan algoritma mirip prime95). Dengan beban sebesar ini, software ini dapat dijadikan standard ‘stabil’ apabila lolos tanpa error setelah berjalan sebanyak 2 loop.
  • Cinebench R11.5 merupakan aplikasi pengujian untuk mengukur kinerja prosesor dalam me-render sebuah scene 3D. Hasil pengujian disajikan dalam bentuk skor, semakin tinggi skor yang dihasilkan, semakin baik dan pastinya akan menghasilkan panas yang cukup menyiksa pada kecepatan prosesor yang lebih tinggi.
  • Core Temp 1.0 RC5 – Aplikasi yang digunakan untuk memantau suhu maksimum dan minimum prosesor selama pengujian.
  • CPU-Z  – Aplikasi yang digunakan untuk memberikan informasi mengenai kecepatan sistem yang sedang berjalan.
  • FRAPS – Aplikasi yang digunakan untuk memberikan informasi mengenai kecepatan frame yang dirender dalam satuan detik (Frame per Second), dan informasi mengenai waktu yang dibutuhkan untuk melakukan render satu frame dalam satuan detik (Frame Time).
  • FRAPS – Aplikasi yang digunakan untuk mengolah data yang dihasilkan oleh FRAPS, dan menyajikannya dalam bentuk graph.
  • Game Watch_Dogs, Texture Ultra, Overall Quality Ultra, 1920 x 1080

Watch Dogs Settings
watch_dogs-2015-05-19-00-37-35-81 watch_dogs-2015-05-19-00-37-32-65


Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES