in: OC 101 | August 25, 2015 | by: Jagat OC Team

10 Fitur Overclocking Penting pada Motherboard

FeaturedPic

Motherboard merupakan sebuah komponen yang penting dalam proses overclocking. Beberapa tahun terakhir, berbagai vendor motherboard bekerja keras untuk menghadirkan berbagai fitur overclocking di motherboard mereka, sampai-sampai ada yang mengeluarkan seri motherboard khusus untuk overclocking!  Nah, fitur ekstra apa saja sih yang ada di motherboard tersebut yang berguna untuk membantu overclocker? JagatOC akan mengulas 10 contoh fitur-fitur tersebut!

Catatan: Meski komponen dan desain VRM(Voltage Regulator Module) dari motherboard merupakan salah satu faktor desain yang krusial bagi durability dan overclockability sebuah motherboard, kami tidak menyertakan pembahasan komponen tersebut pada daftar ini, karena kami berencana untuk membahasnya secara terpisah di lain waktu :)

1. Onboard Power/Reset/Clear CMOS Button

ONOFFRESET_RIVBE

Tombol ON/OFF dan RESET pada ASUS Rampage IV Black

clearCMOS_z97mpowerMax

Clear CMOS Pada MSI Z97 MPOWER MAX

ONOFFRESET_MSIZ97MPOWER

ON/OFF/RESET pada Z97 MPOWER MAX

Sederhana, tapi bagi overclocker yang membutuhkan untuk sering menyala-matikan PC-nya untuk menguji berbagai setting dan melakukan cold/hard reset setelah gagal menjalankan setting tertentu, tombol ini sangat berguna. Sebagai tambahan, opsi Clear CMOS yang berupa tombol akan sangat mempermudah overclocker yang harus melakukan recovery setelah setting-nya gagal diterapkan.

 

2. Debug LED / POST-Code LED

DebugLED_ASROck

Debug LED pada ASRock Z87 OC Formula

Troubleshooting saat overclocking merupakan hal yang normal. Namun saat sistem gagal boot, mana komponen yang harus disalahkan? Part apa yang gagal melakukan inisialisasi setelah overclocking? Melalui sebuah komponen bernama POST-Code LED dan Debug LED, motherboard bisa ‘memberitahu’ overclocker mana bagian yang gagal melakukan inisialisasi, sehingga mereka bisa menyesuaikan setting-nya.

 

3. Automatic Overclocking

MSI OC Genie pada MSI Z97 MPOWER MAX

MSI OC Genie pada MSI Z97 MPOWER MAX

 

Easy Tuning Wizard Pada ASUS Maximus 7 Gene

Beberapa motherboard menawarkan fungsi ‘one-click-overclocking’, yang langsung memberikan setting overclock secara otomatis. Fitur ini sering diremehkan overclocker kelas advanced, namun sangat berguna bagi overclocker pemula untuk mengetahui setting apa yang diterapkan, dan belajar dari sana. Fitur overclock otomatis ini bisa berupa tombol fisik, atau berupa sebuah opsi pada BIOS.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES