in: General - Guide | September 4, 2015 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Intel Skylake Basic Overclocking Guide Part 2: Intel HD Graphics 530 OC

Intel GraphicsSkylake, begitu umumnya prosesor Intel Core generasi-6 ini disebut, memiliki sebuah bagian yang agak jarang dibahas semenjak kemunculannya, yakni pada bagian grafis terintegrasi(IGP). Tanpa masuk ke pembahasan rumit mengenai arsitektur, IGP pada Skylake yang mengusung nama Intel HD Graphics 530 ini memiliki beberapa peningkatan dibandingkan pendahulunya, yang membuat performanya cukup menarik. Dan pastinya, seperti HD Graphics yang dulu, IGP pada Skylake dapat di-Overclock untuk meningkatkan performanya!

Nah, melanjutkan artikel Intel Skylake Basic Overclocking Guide kami yang sebelumnya, kali ini kami akan secara khusus membahas singkat mengenai overclocking yang bisa dilakukan pada IGP Intel Skylake, HD Graphics 530.

Disclaimer :

1)Tingkat overclocking yang didapat pada setiap pengujian kami bisa jadi berbeda dengan apa yang Anda dapatkan, bergantung pada kualitas CPU, Integrated Memory Controller(IMC), RAM, VGA, dan lain sebagainya.

2) Overclocking yang tidak dilakukan dengan benar dapat memberikan efek negatif bagi sistem Anda (mulai dari ketidakstabilan, hingga kerusakan permanen hardware). Jangan meng-overclock kalau anda tidak benar-benar yakin dengan apa yang anda lakukan. Lakukan OC dengan resiko ditanggung sendiri, DO IT AT YOUR OWN RISK!

 

Basic OC Guide: Tetap Sederhana

Sesuai dengan temanya yakni memberikan panduan overclocking yang mendasar, kami tidak akan menjalankan overclocking yang terlalu ekstrim di sini, namun lebih fokus pada pembahasan berbagai parameter yang bisa digunakan untuk meningkatan performa.

Kami SANGAT menyarankan Anda untuk membaca bagian pertama dari guide ini terlebih dahulu untuk mendapat penjelasan yang lebih lengkap sebelum melanjutkan:

Baca Intel Skylake Basic OC Guide Part 1 kami disini

Sama halnya dengan guide bagian pertama, guide ini bersifat umum, sehingga konsepnya kemungkinan besar bisa diaplikasikan pada sebagian besar sistem di luar sana, tidak terikat dengan jenis motherboardnya(yang penting motherboardnya menggunakan RAM jenis DDR4).

 

Spesifikasi PC Testbed

Berikut PC yang kami gunakan untuk menjadi testbed saat panduan OC ini dibuat:

  • CPU: Intel Core i7-6700K ‘Skylake’
  • Motherboard : MSI Z170A Gaming M7
  • RAM: Corsair Vengeance LPX DDR4-3200 2x4GB
  • VGA: Integrated Intel HD Graphics 530
  • SSD: Silicon Power S60 120GB
  • PSU: Cooler Master G550M
  • CPU Cooler: Intel Stock Cooler( Cooler bawaan Core i7-4790K)

Mengenal parameter tuning pada IGP Skylake

*klik untuk memperbesar*

Jika pada artikel yang sebelumnya, kami membahas mengenai beberapa parameter untuk tuning prosesor Skylake(mulai dari CPU Core Frequency, Ring Frequency, Memory Freq, dan BCLK), pada overclocking IGP variabel yang menentukan performa adalah bagian Graphics Frequency.

Graphics Frequency, atau Frekuensi GPU Terintegrasi pada CPU menentukan performa dari grafis terintegrasi. Pada beberapa BIOS, opsi ini dikenali sebagai ‘GT Ratio’. Rumus perhitungannya adalah Graphics Frequency = GT Ratio * (BCLK/2), dan pada Core i7-6700K nilai defaultnya adalah 1150Mhz (23 x 50Mhz).

BIOS

SKYLAKE_OC_IGP_MSI_DEF

Pada BIOS MSI, penggantian GPU Frequency dilakukan pada menu BIOS ‘GT Ratio‘.

 

Pembacaan GPU-Z/CPU-Z/XTU

SKYLAKE_OC_IGP_GPUZ

GPU-Z, belum akurat membaca clock IGP Skylake

Untuk membaca clock GPU Intel HD Graphics 530, sejauh ini GPU-Z belum memberikan pembacaan akurat. Sehingga, kami menggunakan tool XTU dan CPU-Z untuk melakukan pembacaan clock.
SKYLAKE_OC_IGP_CPUZ

SKYLAKE_OC_IGP_XTU

 

Halaman berikutnya: Uji OC IGP

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
Tips | July 24, 2018 | Comments

Eksperimen: Tuning Aspect Ratio ke 32:9

Kadang-kadang ada beberapa hardware PC yang cukup menarik untuk membuat pengalaman berkomputer menjadi sangat berbeda. Beberapa hari lalu, rekan kami di JagatPlay tengah mencoba sebuah monitor 49″ dari Samsung yang
Read More »