in: OC 101 | October 5, 2015 | by: Jagat OC Team

5 Tool untuk Stability Test RAM PC

RAMStabilityTest_JagatOC_1

Untuk skenario penggunaan harian, apalah gunanya sebuah PC yang memilki performa tinggi namun tidak stabil dan crash setiap beberapa saat, bukan? Maka dari itu, tool Uji kestabilan atau Stability Test adalah satu jenis software paling berguna bagi pengguna PC yang gemar melakukan berbagai tuning pada PC-nya.

Banyak pakar yang menyarankan bahwa overclocker yang menjalankan PC-nya dalam keadaan teroverclock untuk penggunaan harian perlu menjalankan uji kestabilan prosesor, dan kami setuju akan hal ini. Sayangnya, ada satu komponen yang umumnya sering menyebabkan crash, dan jarang diuji kestabilannya, yakni RAM.

Ketidakstabilan pada komponen RAM agak jarang terdeteksi, dan gejalanya kadang tidak ‘separah’ ketidakstabilan pada prosesor. Jika error pada prosesor bisa menyebabkan BSOD/Hang, kadang error pada memori bisa terjadi sesimpel dari aplikasi yang kadang crash to desktop.

Berdasarkan pengalaman kami di lab JagatOC, berikut ini 5 software yang dapat membantu Anda mendeteksi ketidakstabilan pada bagian RAM, diurutkan dari yang paling ringan sampai uji kestabilan ‘kelas berat’.

 

SuperPi – 32M

SuperPI32M_2

Kami memulai daftar ini dengan sebuah software yang sudah agak berumur: SuperPi. Software yang menguji kecepatan proses single-threaded dari sebuah prosesor ini sempat menjadi benchmark yang popular bagi pengguna enthusiast. Software ini juga dapat menguji seberapa efisien konfigurasi RAM dari sebuah sistem, dan ini yang akhirnya membuat SuperPi dapat dijadikan uji kestabilan ringan bagi DRAM dan memory controller.

Preset paling kompleks di benchmark ini adalah 32M, dan ini yang umumnya digunakan pengguna untuk dijadikan uji kestabilan ringan bagi sistem RAM.

Bagaimana jika ada sistem yang tidak stabil RAM-nya? Software ini akan mengeluarkan pesan error, dan salah satu pesan error popular yang ada padanya adalah ‘NOT EXACT IN ROUND’ seperti terlihat di bawah ini.

SuperPI32M_1

Sayangnya, error NOT EXACT IN ROUND ini bisa juga disebabkan ketidakstabilan dari komponen prosesor saat di-overclock. Namun kalau berbagai komponen sistem Anda sudah stabil dan Anda hanya mengubah setting RAM, software SuperPi 32M bisa digunakan sebagai indikasi ringan akan kestabilan RAM Anda.

 

Intel XTU Benchmark / Stress Test

XTU

XTU_2

Bagi Anda yang memiliki sistem berbasis prosesor Intel Core setidaknya generasi 3(Ivy Bridge), Anda bisa menggunakan software gratis Intel XTU(Extreme Tuning Utility) untuk melakukan uji kestabilan RAM. Anda bisa memilih menjalankan XTU benchmark sebagai uji kestabilan singkat, atau ‘Memory Stress Test‘ yang bisa dipilih berapa lama waktunya. Berdasarkan beberapa pengujian di lab, XTU Memory Stress Test selama setidaknya 30 menit – 1 jam dapat dijadikan standar untuk kestabilan RAM ringan. Sayangnya, tool ini tidak menguji semua bagian RAM.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES