in: Review | October 10, 2015 | by: Richard "slythz" Sutanto

Berkenalan dengan ASUS GPU Tweak II

Masih ingat tentang software ASUS GPU Tweak II yang sempat kami sebut di artikel sebelumnya, yaitu “Overclocking Review ASUS GTX 980 Ti Poseidon + Water Cooling“? Karena alasan tertentu, di artikel itu kami tidak dapat menggunakan software tersebut. Sekarang, kami ingin mengajak Anda semua mengenal lebih dalam GPU Tweak II tersebut sekaligus berbagi solusi untuk menangani masalah yang mungkin muncul.

*NB: Klik Gambar untuk memperbesar

way-1

Software dari ASUS ini dapat didownload pada website resmi perusahaan tersebut, atau mudahnya dengan mengikuti link berikut ini: “ASUS GPU Tweak II“. Software ini dapat dijalankan pada Windows Vista 32/64 Bit hingga Windows 10 32/64 Bit. Berbeda dengan software ASUS GPU Tweak sebelumnya, kali ini ASUS memberikan sebuah UI baru pada tool mereka yang satu ini. Langsung saja setelah, melakukan instalasi, Anda diminta untuk melakukan reboot system. Kemudian pada desktop Anda sudah terlihat sebuah Icon ASUS GPU Tweak II. Dengan double klik icon ini, akan muncul ASUS GPU Tweak II.

0

 

1.1

Pada window awal ini, ASUS GPU Tweak II mempelihatkan 3 buah variable besar yaitu: VRAM Usage, GPU Speed, dan GPU Temperature.

Variable-Detail

Pada bagian atas window, ASUS telah memberikan beberapa profile default untuk mempercepat proses overclock ataupun underclock. Yup salah satu profile ini akan menurunkan core clock, voltage, dan memory speed guna menghemat daya dan menurunkan suhu. Mari kita lihat lebih dekat mengenai profile ini.

Simple Mode

Header-Detail

Pada Simple Mode ini, kami akan mencoba untuk mengajak Anda mengenal profile, yang salah satunya adalah profile OC Mode. Hanya dengan meng-klik icon OC Mode, seluruh settings profile akan langsung aktif pada VGA sistem Anda.

2.1

Pada kasus ini OC Mode akan menaikan GPU Speed sebesar 2% dan seiring berjalannya waktu temperature GPU pun juga akan naik.

0DB-Fan-Detail

Jika diperhatikan, ketika kami memilih salah satu profile, muncul sebuah tanda yang memberikan penjelasan mengenai penggunaan fitur 0dB Fan. Secara default, fitur 0dB Fan ini akan aktif pada seluruh graphic card STRIX. Untuk mematikannya cukup klik icon mata seperti pada highlight gambar diatas.

Masuk kedalam profile yang kedua, yaitu Game mode. Pada profile ini GPU Speed akan naik menjadi 104%, tetapi kenaikan ini tidak diiringi oleh temperature yang membuat kami berasumsi bahwa pada profile ini voltage tidak diubah menjadi lebih tinggi.

3.1

Gaming Mode terlihat lebih kencang dibandingkan dengan OC Mode. Kami menduga bahwa profile OC Mode digunakan untuk memberikan settings awal atau BASE Settings untuk overclocker agar memudahkan proses inisiasi.

Masuk ke profile ketiga Silent Mode.

4.1

Pada profile silent mode, sebenarnya GPU Speed akan turun dan voltage ke GPU berkurang. Namun, tampaknya turbo pada GPU akan melakukan override setting silent ketika mendapatkan load. Ketika GPU berada dalam keadaan idle, GPU Clock dan Voltage akan turun untuk mengurangi power consumption dan suhu sehingga 0dB Fan akan aktif dan tidak menimbulkan kebisingan.

Pilihan keempat, MY Profile, adalah kumpulan profile yang telah dibuat oleh user.
6.1

MY-Profile-Detail

Untuk memilih profile yang akan diaktifkan, Anda hanya perlu untuk mengklik menu dropdown pada bagian bawah icon My Profile tersebut dan untuk mengaktifkannya cukup klik icon My Profile.

Selanjutnya kami akan masuk kedalam Professional Mode.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
Event | December 7, 2018 | Comments

GOC 2018: Briefing Day

Memasuki beberapa jam terakhir sebelum perlombaan GALAX GOC 2018 dimulai, pada tanggal 7 Desember 2018 ini Pihak Galax mengadakan briefing untuk seluruh peserta dan helper GOC 2018 dan briefing ini
Read More »