in: General | October 21, 2015 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Eksperimen Delidding: Membuka IHS Intel Core i7-6700K ‘Skylake’

Sejak pertama kemunculannya, prosesor Intel Skylake seri-K, baik Core i5-6600K dan Core i7-6700K, menunjukkan kemampuan overclocking yang mengejutkan. Kami sudah pernah melakukan berbagai pembahasan mengenai overclockability dari Skylake dari mulai membuat overclocking guide, dan juga memaparkan beberapa setting overclock untuk Skylake di beberapa motherboard.

Salah satu aspek yang cukup penting dalam overclocking Skylake adalah menjaga suhu operasi-nya supaya tetap rendah selama beroperasi, misalnya dengan menggunakan Heatsink berkualitas, dan juga pemasangan thermal paste yang benar. Namun, kali ini kami ingin mencoba sebuah cara ‘ekstrim’ untuk menurunkan suhu operasi Skylake lebih jauh lagi.

Masalah Klasik: Thermal Interface Material(TIM) yang kurang bagus

Anda pengguna prosesor Intel Ivy Bridge atau Haswell mungkin sering mendengar kabar bahwa suhu prosesor Haswell/Ivy Bridge menjadi tinggi karena penggunaan TIM yang kurang baik pada prosesor. Apa sih TIM itu? Mari kita simak sebuah ilustrasi berikut ini:

SkylakePCB

Umumnya, untuk melindungi chip / die prosesor dari tekanan yang berlebihan, Intel mengaplikasikan sebuah desain dimana die CPU dipasang pada sebuah integrated heatspreader(IHS) yang akan mentransfer panas dari CPU die ke pendingin(Heatsink). Sayangnya, performa pendinginan dari prosesor ini bisa terhambat karena sebuah material yang menjembatani antara cpu die ke IHSnya, material ini kita sebut sebagai TIM (thermal interface material).

Banyak overclocker yang akhirnya melakukan eksperimen untuk mengganti material TIM (yang sama saja dengan thermal paste fungsinya), dengan thermal paste pilihan mereka, dan mendapat prosesor yang jauh lebih dingin. Proses pembukaan IHS ini disebut dengan nama ‘de-lidding’.

Kali ini, kami dari JagatOC lab akhirnya memberanikan diri untuk membongkar salah satu prosesor Skylake i7-6700K kami, untuk dibuka IHS-nya, dan diganti TIM-nya.

Disclaimer :

 

Membuka IHS prosesor merupakan sebuah tindakan yang SANGAT BERBAHAYA dan berpotensi merusak prosesor, DAN MENGHILANGKAN GARANSI. Lakukan dengan resiko ditanggung sendiri, DO IT AT YOUR OWN RISK!

*Pengujian dilakukan oleh Jesse ‘bboyjezz’ Putra*

Metoda De-lidding: Dengan Blade

Metode de-lidding yang kami lakukan di sini adalah menggunakan blade/pisau untuk melepas IHS bawaannya. Ada metode lain seperti metode lain seperti menggunakan vice grip(semacam penjepit), namun metode vice ini sangat tidak disarankan karena bisa membuat PCB skylake yang tipis menjadi bengkok.

Yang penting di sini adalah memilih blade yang tipis(seperti mata pisau silet), dan kami memilih sebuah hobby knife untuk melakukan de-lidding.

DSC02060 DSC02062 DSC02063

Mari lihat langkah-langkah de-lidding di halaman berikutnya

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES