in: Review | October 28, 2015 | by: Hendra "Coldest" Wijaya

Overclocking Review Zotac GTX 970 AMP! Extreme Core Edition

Beberapa waktu yang lalu, kami telah merilis review yang membahas performa VGA card Zotac GTX 970 AMP!:Extreme Core Edition yang merupakan salah satu GTX 970 pre-overclock terkencang dari Zotac. Zotac GTX 970AMP! Extreme Core Edition ini memiliki spesifikasi kecepatan GPU core clock 17% lebih tinggi dibandingkan dengan GTX 970 versi reference dari Nvidia. Lalu, apa VGA ini masih memiliki ruang untuk ditingkatkan kemampuannya lebih jauh lagi?

Zotac GTX970 AMP 18

Walaupun GTX 970AMP! Extreme Core Edition ini telah di-overclock cukup tinggi oleh Zotac sendiri, kami merasa bahwa VGA ini masih memiliki ruang performance tuning dan masih dapat di-overclock ke kecepatan yang lebih tinggi lagi. Seberapa jauhkah VGA ini dapat dioverclock dan seberapa bagus performa heatsink bawaan VGA dalam menangani panas chip GPU GTX 970 yang dioverclock? Kami akan membahasnya dalam artikel ini!

Spesifikasi

Berikut spesifikasi singkat dari VGA card Zotac GTX970AMP! Extreme Core Edition:

Spec zotac

Sistem Pengujian

Berikut spesifikasi testbed untuk menguji kemampuan overclocking VGA card GTX 970 AMP!Extreme Core Edition ini :

  • Prosesor: Intel Core i7 5960X @4.0 GHz 1.25 V
  • Motherboard: Gigabyte X99 SOC-Force
  • Graphics Card: Zotac GTX970 AMP!Extreme Core Edition
  • Memory: 4x 4GB Kingston Fury DDR4 (@2666 MHz; 1.2 V)
  • Storage: 2x Kingston HyperX Fury 240 GB
  • Power Supply: Corsair AX1200
  • CPU Cooler: Corsair H100
  • Casing: Corsair 500R
  • Operating System: Windows 8.1 x64 Bit

Zotac GTX970 AMP 50

Ruang Lingkup dan Skema Pengujian

Seperti telah sedikit dibahas di awal, tes yang kami lakukan ini bertujuan untuk melihat seberapa jauh headroom overclocking yang dimiliki VGA GTX970 AMP! Extreme Core Edition ini. Selain itu, kami juga menguji seberapa jauh heatsink Zotac IceStorm dapat menahan panas yang dihasilkan chip GPU GTX 970 yang telah dioverclock.

Untuk prosedur pengujian, kami menggunakan beberapa profil overclock dari Zotac sendiri melalui aplikasi FireStorm, sebelum kami mengoverclock VGA card ini secara manual. Hasil overclocking kami akan kami uji kestabilannya dengan menjalankan Unigine Heaven Benchmark. Bila terbuti stabil, dengan setting yang sama akan kami jalankan benchmark Fire Strike serta game Assassin Creed Unity, FarCry 4, dan GTA V untuk melihat peningkatan performanya. Untuk tes konsumsi daya dan suhu maksimum, akan kami ukur saat kami melakukan test kestabilan pada Unigine Heaven. Sedangkan untuk daya idle dan suhu idle kami catat sekitar +/- 3 menit dengan tampilan desktop setelah tes kestabilan.

Disclaimer :

1)Tingkat overclocking yang didapat pada setiap pengujian kami bisa jadi berbeda dengan apa yang Anda dapatkan, bergantung pada kualitas CPU, Integrated Memory Controller(IMC), RAM, VGA, dan lain sebagainya.

2) Overclocking yang tidak dilakukan dengan benar dapat memberikan efek negatif bagi sistem Anda (mulai dari ketidakstabilan, hingga kerusakan permanen hardware). Jangan meng-overclock kalau anda tidak benar-benar yakin dengan apa yang anda lakukan. Lakukan OC dengan resiko ditanggung sendiri, DO IT AT YOUR OWN RISK!

Dengan ini, let’s move to the test! :)

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
Event | December 6, 2018 | Comments

GOC 2018: Persiapan dan Perjalanan Menuju Vietnam

Final GOC(Galax Overclocking Carnival) 2018 pun akhirnya datang! Setelah selesai melewati kualifikasi yang sangat sengit akhirnya Indonesia bisa menghadirkan 2 perwakilan. Ivan Rachmatsyah Akbar  ‘IvanCupa’ akhirnya dapat lolos dan menyusul
Read More »