in: Review | November 2, 2015 | by: Jagat OC Team

Hands-on Review: 2-Way SLI MSI GTX 980 Ti Lightning

Jika Anda menggemari sebuah GPU kencang, pastinya Anda mengenal GPU GeForce GTX 980 Ti, salah satu GPU terkuat saat ini. Pada pembahasan sebelumnya, kami mengulas tuntas mengenai MSI GTX 980 Ti Lightning, sebuah VGA berbasis chip GTX 980 Ti pre-overclocked, yang disiapkan untuk menangani berbagai kebutuhan para PC Enthusiasts, terutama overclocker.

Nah, bagaimana performa DUA kartu grafis tersebut saat berjalan pada mode SLI? Simak pengujian singkat kami berikut ini!

GTX 980 Ti Lightning, 2-Way SLI

Jika satu dari GTX 980 Ti Lightning bisa memberikan kinerja gaming yang luar biasa kencang, bagaimana jika ada dua? Tentu akan lebih ‘sangar’ lagi.

Meski demikian, banyak yang harus diperhatikan dalam membangun sebuah sistem dengan multi-GPU, mulai dari kebutuhan space di motherboard, menjaga airflow yang baik, memiliki PSU yang dapat mensuplai daya memadai, apakah si prosesor mampu menjaga FPS tetap tinggi pada skenario gaming, dan lain sebagainya.

Nah, kami akan melakukan sebuah hands-on singkat untuk memperlihatkan bagaimana kinerja dari sistem 2-way SLI dengan kartu grafis ini, beserta beberapa variabel lain yang harus diperhatikan saat hendak membangun sistem serupa.

Testbed

980Ti_Lightning_SLI_02

Berikut ini spesifikasi testbed yang kami gunakan:

  • Prosesor: Intel Core i7-5960X Extreme Edition
  • Motherboard: MSI X99S MPOWER
  • RAM: 4x4GB HyperX Predator DDR4-2400
  • VGA: MSI GTX 980 Ti Lightning(normal, retail BIOS) x2 SLI
  • SSD: Kingston HyperX 3K 120GB SSD
  • CPU Cooler: Corsair H80i
  • PSU: Corsair AX1200i
  • OS: Windows 7 64-bit SP1

*catatan: Karena keharusan pemilihan konfigurasi slot PCIe yang berjarak agak jauh, kedua GTX 980 Ti kami berjalan pada mode 8x – 8x, bukan 16x – 16x. Kami pernah membandingkan mode 8x-8x ini dan 16x-16x pada platform X99 pada skenario uji kami, dan tidak mendapat perbedaan performa yang signifikan( di bawah 1%).

Konfigurasi CPU: Default BIOS(3.3Ghz) & Overclocked

Summary_CPU

*klik untuk memperbesar*

Prosesor Core i7-5960X dijalankan dengan berbagai konfigurasi, mulai dari default BIOS(3.3Ghz Turbo 8-core), dan juga beberapa konfigurasi overclocked.

 

 

Menyalakan SLI

Summary_GPU_2waySLI

*klik untuk memperbesar*

Mengaktifkan mode SLI sebenarnya cukup mudah, Anda hanya perlu menyalakan ‘Maximise 3D Performance’ pada NVIDIA Control Panel, lalu mengujinya dengan tool seperti GPU-Z untuk melihat apakah SLI sudah aktif.

 

Spesifikasi GPU

Summary_GPU

Seperti yang Anda bisa lihat di screenshot GPU-Z di atas, MSI GTX 980 Ti Lightning memiliki clock 1203Mhz pada base speed, dan Maximum Boost clock-nya ada di angka 1404Mhz.

Motherboard

MSI_X99SMPOWER

Seperti yang Anda ketahui, MSI GTX 980 Ti Lightning memiliki cooler yang cukup lebar. Pastikan bahwa Anda memiliki slot PCIe yang cukup lebar untuk menangani kartu Grafis tersebut agar tidak terlalu berdempetan.

 

Baik, saatnya sesi pengujian 2-way SLI dimulai!

 

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
Event | December 8, 2018 | Comments

GOC 2018: Live Update

Hari ini, 8 Desember 2018, kompetisi overclocking terbesar Dunia di tahun ini, Galax OC Carnival(GOC) 2018 resmi dimulai. Setelah melalui kualifikasi yang sengit dan keras, akhirnya 20(dua puluh!) overclocker terbaik
Read More »