in: General | December 20, 2015 | by: Richard "slythz" Sutanto

Overclocking Test: ASUS GeForce GTX 980 Ti Matrix Platinum

Result_IMG_0105

Kami baru saja selesai melakukan beberapa percobaan overclocking pada salah satu VGA kelas atas milik ASUS, yaitu ASUS GTX 980 Ti Matrix Platinum. Setelah melakukan pengolahan data, kami akan coba menyajikan hal menarik yang kami temukan saat melakukan overclocking pada VGA tersebut dalam artikel ini. Namun, sebelumnya, kami akan sedikit menjelaskan hal-hal terkait VGA tersebut.

Mari kita mulai dengan membahas hal mendasar terlebih dahulu, konfigurasi default. Pada salah satu website besar yang memiliki database VGA, disebutkan bahwa spesifikasi dari 980 Ti Matrix Platinum ini sebagai berikut:

Clock Speed

GPU Clock: 1000 MHz
1190 MHz (+19%)
Boost Clock: 1076 MHz
1291 MHz (+20%)
Memory Clock: 1753 MHz
1800 MHz (+3%)
7012 MHz effective
7200 MHz effective

Source: GPU-Z ASUS GeForce GTX 980 Ti Matrix Platinum

Mengapa kami hanya menampilkan variable Clock Speed? Karena kami mendapatkan informasi yang berbeda di sini. Sementara untuk variabel lainnya, seperti memory size dan bus width, kami mendapatkan informasi yang sama. Berikut ini kami akan memberikan sedikit gambaran spesfikasi VGA kami melalui screenshot berikut:

DEF, Clock, Boost, MAX BOOST

Klik untuk memperbesar

Apabila dijabarkan, Clock Speeds pada VGA kami sebagai berikut:

GPU Base Clock: 1216 MHz
Boost Clock: 1317 MHz
Maximum Boost Clock: 1430 MHz

 

Kami ingin menyegarkan ingatan para pembaca bahwa GPU Base Clock adalah kecepatan dasar dari GPU yang sedang digunakan, Boost Clock adalah kecepatan yang diberikan ketika GPU diberikan beban. Sedangkan Maximum Boost Clock adalah kecepatan maksimal yang diberikan ketika GPU diminta untuk menjalankan tugas yang berat seperti gaming atau rendering.

Apabila dibandingkan dengan informasi yang ada pada GPU-Z, tentu saja VGA kami memiliki kecepatan yang lebih tinggi. Mungkin saja VGA 980 Ti Matrix di Indonesia saja yang mendapatkan peningkatan performa, tetapi pada website official ASUS, Matrix 980 Ti memiliki spesifikasi yang sama seperti VGA yang kami dapatkan (Link Spesifikasi). Mari berlanjut ke fitur overclocking yang ditawarkan.

Fitur Overclocking

Sebelum kita masuk kedalam pengujian mari kita bahas fitur yang ditawarkan oleh Matrix.

DirectCU II

DCUII Matrix

Cooling yang diberikan untuk mendinginkan Matrix ini menggunakan DirectCU II yang digunakan bersama dengan 2 buah fan. Dari website official mereka, performa cooling 980 Ti Matrix dapat melepaskan panas 30% lebih baik dibandingkan dengan performa cooling reference 980 Ti.

Result_IMG_0117

Safe Mode

Tombol Safe Mode ini berada pada bagian yang bertolak belakang dari I/O VGA. Tombol ini memiliki fungsi yang sama dengan tombol clear CMOS pada motherboard. Yup! Safe Mode ini akan melakukan reset VBIOS kembali ke default, semua Voltage dan semua Frequency yang disetting akan kembali menjadi default. Dari pengalaman kami dalam melakukan overclocking GTX 980 Ti, kami mendapatkan masalah seperti berikut:

  • Ketika kami mendapatkan error yang menyebabkan driver crash, Frequency clock GTX 980 Ti akan masuk kedalam safe state.
  • Dalam keadaan safe state, Core Clock maupun Memory Clock tidak dapat diubah dengan menggunakan tool overclocking.
  • Solusi dari masalah ini dengan melakukan restart komputer atau bahkan shutdown lalu clean power (mengosongkan arus listrik dengan mematikan power supply atau mencabut sumber listrik)

Tujuan dari Safe Mode button ini untuk mereset VBIOS sama seperti kami melakukan restart terhadap sistem, sehingga kami dapat langsung melanjutkan percobaan overclocking.

 Memory Defroster

Memory Defroster

Masuk kedalam fitur yang digunakan oleh para extreme overclocker yaitu, Memory Defroster. Fitur ini akan membuat memory pada VGA tetap dalam suhu yang positif. Untuk menggunakan fitur ini, di dekat tombol Safe Mode terdapat sebuah switch on/off kecil di sebelahnya, switch tersebut berguna untuk menyalakan atau mematikan Memory Defroster. Mengapa demikian? Kalau kami tidak salah ingat pada jaman GTX 780 dan GTX 780 Ti, memory Samsung memiliki satu masalah yang sangat menyebalkan bagi para extreme overclocker yaitu memory cold bug. Oleh karena itu Matrix memberikan sebuah fitur ini untuk menghindari memory cold bug. Hal terpenting untuk menggunakan fitur ini dengan memasang power molex, kalau tidak maka memory defroster tidak akan berjalan.

ASUS GPU Tweak II

 way-1

Software tool overclocking VGA terbaru dari ASUS ini sudah diberikan dalam paket penjualan Matrix. Software ini sudah kami bahas sebelumnya pada artikel Berkenalan dengan ASUS GPU Tweak II untuk cara penggunaan dan pengenalan ASUS GPU Tweak II. Selanjutnya kami akan mencoba untuk memberikan data hasil pengujian kami dengan VGA ini.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES