in: Budget OC | January 4, 2016 | by: Jagat OC Team

Overclocking Core i3-6100 di MSI Z170M MORTAR

Z170M_MORTAR_01

 

Pada tahun 2015 kemarin, beberapa vendor motherboard menemukan sebuah cara untuk melakukan overclocking pada prosesor Intel ‘Skylake’ Non-K melalu base clock-nya. Tentu penemuan ini merupakan sebuah hal yang cukup mengejutkan bagi banyak pengguna PC, karena sekarang para overclocker tidak perlu mengeluarkan dana terlalu mahal untuk membeli prosesor Intel seri K demi memiliki fitur overclocking.

Tepatnya bulan Desember tahun lalu, beberapa vendor motherboard mulai dari ASRock, ASUS, Gigabyte, MSI, dan bahkan Biostar berlomba-lomba untuk membuat sebuah BIOS khusus untuk melakukan OC pada prosesor Skylake non-K. Prosesor skylake non-K yang tadinya hanya bisa di-overclock sebesar 2-3%, sekarang memiliki potensi di-overclock hingga 20% atau lebih!

Tentunya menarik untuk melihat bagaimana sebuah prosesor Core i3 Skylake yang terjangkau bisa dioverclock pada sebuah motherboard murah juga, karena berarti si pengguna bisa mendapat performa ekstra yang cukup besar tanpa merogoh kocek yang terlalu dalam.

Pada kesempatan ini, kami dari JagatOC ingin mencoba menjajal fitur overclock non-K yang terdapat pada motherboard MSI Z170 berharga murah, yakni MSI Z170M MORTAR.

Baca OC Guide Skylake Di sini!

Jika Anda masih pemula di bidang overclocking, Anda bisa menemukan Skylake OC Guide kami pada link berikut ini untuk informasi lebih lengkap.

MSI Z170M MORTAR: Z170 Terjangkau

Z170M_MORTAR_03

Memiliki nama yang sedikit unik, MSI Z170M Mortar merupakan salah satu motherboard Z170 termurah yang bisa kami dapatkan di Indonesia saat artikel ini dirilis. Untungnya, MSI memberikan dukungan overclocking non-K pada motherboard micro-ATX tersebut.

SupportZ170_nonK

Pada forum HWBOT, tercatat ada beberapa Beta BIOS yang memiliki fitur OC non-K pada beberapa motherboard MSI, dan Anda bisa menemukan BIOS-BIOS tersebut pada forum HWBOT di link berikut ini. Dengan melakukan flashing BIOS ke versi BIOS Beta tersebut , Anda bisa melakukan overclocking prosesor Skylake non-K lewat BCLK(base clock).

 

Tampil Sederhana

 

*klik untuk memperbesar*

*klik untuk memperbesar*

Berbekal form factor mATX, Z170M MORTAR tampil cukup sederhana. Z170M MORTAR memiliki 6-phase VRM dengan konektor input 8-pin 12V, 4 buah DIMM, dan 2 Buah PCIe 16x (slot pertama 16x, slot kedua memiliki lane 4x). Bagian MOSFET dari Z170M MORTAR pun masih didinginkan dengan beberapa heatsink, dan harusnya cukup untuk menahan beban overclocking ringan.

Limitasi OC Non-K

Perlu diingat, fitur overclocking non-K ini bukan fitur overclocking resmi yang didukung oleh Intel, sehingga tentunya memiliki beberapa limitasi. Beberapa limitasi yang umum terjadi pada overclocking prosesor Non-K adalah:

  • IGP(integrated Graphics) akan di-disable
  • Power Saving / Power Management Disabled(C1E, EIST, Turbo, etc)
  • Performa instruction set AVX yang rendah(misal: Skor XTU dan Linpack turun)
  • Beberapa sensor deteksi suhu mati

Selain limitasi di atas, kami juga sempat berdiskusi dengan pihak MSI, dan mereka mengatakan pada beberapa model Z170 murah yang tidak memiliki chip clockgen eksternal, range BCLK yang bisa dicapai hanya sekitar 20-25% lebih tinggi dari nilai default-nya. Tentu ini tidak terlalu menjadi masalah, karena overclocking sebesar 20% sudah cukup lumayan meningkatkan performa.

 

Ruang Lingkup Pengujian: OC Core i3-6100

DSC03001

Fokus pengujian kami kali ini adalah menguji seberapa jauh fitur ini bisa meningkatkan performa Core i3 Skylake ‘locked’, yakni Core i3-6100Kami akan menjalankan serangkaian pengujian, mulai dari benchmark sintetik, sedikit uji performa gaming, dan tentunya mencatat langkah-langkah untuk menjalankan overclocking non-K pada MSI Z170M MORTAR. Oh ya, semua setting overclock yang kami jalankan di pengujian ini semuanya dijalankan melalui BIOS, bukan melalui utility apapun.

 

Testbed

Z170M_MORTAR_02

Berikut spesifikasi PC yang kami gunakan:

  • Prosesor: Intel Core i3-6100 ‘Skylake’
  • Motherboard: MSI Z170M MORTAR, A2T BIOS
  • RAM: Team DARK DDR4-3000CL16 2x4GB 
  • VGA: GALAX GTX 950 EX OC @ 1500 /1800 (GPU/Mem)
  • SSD: HyperX Fury 120GB
  • PSU: FSP Hexa 400W
  • HSF: ID-Cooling SE204K
  • OS: Windows 10 Pro 64-bit

Berikut tampilan frekuensi CPU dan RAM, sebelum sistem di-overclock, sesuai dengan yang dideteksi oleh CPU-Z:

 

Summary_Default

*klik untuk memperbesar*

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
News | December 31, 2017 | Comments

Tahun 2017 di Mata Overclocker

Tahun 2017 akan berakhir dalam beberapa saat. Momen pergantian tahun belum lengkap nampaknya kalau belum disertai dengan rangkuman singkat mengenai apa saja yang menarik di tahun ini. Satu hal yang pasti
Read More »