in: Award | January 28, 2016 | by: Jagat OC Team

JR OC Award 2015: Motherboard

JROCAward_Feat.-Image-OC-Mobo

Setiap tahun, JagatReview mengumpulkan beberapa hardware terbaik dari kelasnya masing-masing, dan memberinya penghargaan. Kami dari JagatOC.com dan JagatReview.com akan memilih beberapa komponen PC yang memiliki kelebihan khusus dari aspek tuning dan overclocking. Kali ini, topik yang kami bahas adalah Motherboard.

Motherboard

Motherboard merupakan salah satu komponen krusial dalam overclocking, karena motherboard-lah yang memberikan berbagai opsi tuning. Keseriusan sebuah vendor mobo menggarap motherboardnya kadang dapat terlihat dari seberapa seriusnya mereka memberikan pilihan tweaking di motherboard-nya, dan juga kebanyakan motherboard yang disiapkan untuk overclocking memiliki durabilitas yang tinggi karena penggunaan komponen berkualitas.

Memang, kadang tingkat overclockability sebuah platform ditentukan oleh kualitas silikon prosesornya, namun motherboard yang sudah disiapkan khusus untuk overclocking biasanya masih akan memberi headroom tuning ekstra di beberapa aspek (misalnya kemampuan tuning memori yang baik, atau misalnya pencapaian bus clock yang lebih tinggi).

Kami membagi award ini ke 2(dua) Kategori, yakni:

  1. Motherboard Chipset X99, LGA2011v3
  2. Motherboard Chipset Z170, LGA1151

Catatan:

Kami tidak memberikan penghargaan overclocking khusus pada motherboard FM2+ dan AM3+, karena kami tidak melihat ada motherboard yang dirilis pada tahun 2015 di platform tersebut yang memberikan fitur overclocking spesial.

Motherboard Chipset X99, LGA2011v3

GOLD Award:  Gigabyte X99 SOC Champion

JROCAward_Gigabyte-GA-X99-SOC-Champion

Diluncurkan awal 2015, nampaknya tidak sulit untuk menebak mengapa motherboard X99 yang satu ini kami beri Gold Award. Sebagai motherboard yang diposisikan sebagai motherboard terbaik di lini produk Overclocking dari Gigabyte, X99 SOC Champion memiliki segudang kelebihan yang membuatnya layak disebut sebagai salah satu motherboard terbaik di platform X99.

Salah satu keunggulan unik motherboard ini adalah bagaimana ia memiliki desain khusus di bagian DIMM, untuk mengijinkan pengoperasian DDR4 pada kecepatan tinggi. Ketika kebanyakan motherboard X99 hanya menjamin pengoperasian di kisaran DDR4-3200 hingga DDR4-3333, X99 SOC Champion akan mendukung pengoperasian pada DDR4-3400 bahkan lebih. Gigabyte X99 SOC Champion pun memiliki desain soket LGA2011v3 khusus yang disebut ‘OC Socket’ untuk mengijinkan pengoperasian CPU Cache(Uncore) di kecepatan tinggi.

Disertai berbagai tombol dan fungsi overclock yang lengkap, serta komponen yang terbukti bisa menangani berbagai tindakan overclocking yang ekstrim, tidak heran jika motherboard Gigabyte X99 SOC Champion layak diberi penghargaan sebagai motherboard overclocking X99 terbaik di tahun 2015.

 

SILVER Award: MSI X99A GODLIKE GAMING

JROCAward_MSI-X99A-Godlike-Gaming

X99A GODLIKE GAMING diperkenalkan di Computex 2015, dan langsung menarik perhatian karena menjadi salah satu motherboard pertama dengan RBG LED yang bisa dikontrol. Seperti namanya, GODLIKE GAMING diposisikan sebagai motherboard X99 flagship MSI di tahun 2015, dan tentunya dijejalkan banyak sekali fitur overclocking.

Lucunya, meski banyak yang hanya mengenal X99A GODLIKE GAMING sebagai motherboard Gaming, namun motherboard ini sendiri memiliki sejumlah fitur overclocking yang membuatnya mampu memecahkan beberapa world record saat diluncurkan di Computex 2015 silam.

Pengujian kami pada motherboard ini membuktikan bahwa motherboard yang ditujukan bagi gamer ini layak digunakan oleh overclocker yang ingin memaksimalkan sistemnya hingga titik maksimal. Sayangnya, berbagai fitur dan faktor ‘bling’ tambahan yang ada di motherboard ini membuat harganya menjadi ‘bengkak’ dan mahal.

 

Motherboard Chipset Z170, LGA1151

GOLD Award: ASRock Z170 OC Formula

JROCAward_ASRock-Z170-OC-Formula

Meski brand ASRock dikenal sebagai motherboard murah, namun ASRock seri OC Formula sudah terbukti SANGAT berbeda dengan motherboard ASRock seri lainnya. Dikembangkan sendiri oleh overclocker legendaris asal Taiwan, Nick Shih, ASRock OC Formula series seringkali jadi senjata utama bagi para overclocker pro untuk mencapai rekor dunia benchmark, dan juga pencapaian-pencapaian tinggi lainnya.

Pada chipset Z170-nya, ASRock memperkenalkan ASRock Z170 OC Formula, sebuah motherboard yang memiliki puluhan preset overclocking dan juga ratusan kombinasi opsi tuning untuk memaksimalkan sistem berbasis prosesor Skylake. Sebagai tambahan, ASRock Z170 OC Formula merupakan satu dari beberapa Z170 board yang diakui oleh beberapa vendor RAM untuk bisa menjalankan DDR4-4266 dengan cukup stabil, membuatnya cocok digunakan overclocker yang ingin adu tinggi clock RAM di Skylake.

 

SILVER Award:  ASUS Maximus VIII Gene

JROCAward_Asus-Maximus-VIII-Gene

Berukuran ‘hanya’ Micro-ATX, nampaknya motherboard ASUS Maximus VIII Gene akan sering menjadi korban ‘kesalahpahaman’ dari kebanyakan pengguna yang masih memiliki anggapan bahwa motherboard yang lebih besar akan memiliki kinerja lebih baik. Walau diberi julukan sebagai ‘Gaming Motherboard’, Maximus VIII Gene memiliki segala kelebihan yang dibutuhkan overclocker untuk memaksa sistemnya ke tingkat maksimal : onboard button, Debug LED, dan tentunya sebagian besar fungsi OC dari motherboard tersebut bisa dikontrol oleh ASUS ROG OC Panel eksternal.

Sebagai tambahan, BIOS ASUS Maximus VIII Gene dirancang seperti layaknya motherboard yang disiapkan untuk melakukan tuning maksimal, dan dilengkapi sejumlah preset overclocking, dan juga memiliki salah satu software tuning paling lengkap untuk melakukan berbagai pengaturan fan, clock & Multiplier CPU, berbagai voltage, dan lain sebagainya. Meski kami menilai bahwa overclockability secara overall dari motherboard ini belum mengejar ASRock Z170 OC Formula, beragam kemampuan yang ia miliki ini layak dianugerahi Silver Award.

 

SILVER Award: MSI Z170A XPOWER Gaming Titanium Edition

JROCAward_Z170A-XPower-Gaming-Titanium-Edition

Menduduki entry kedua dalam Silver Award, adalah sebuah motherboard besutan MSI yang memiliki corak warna sedikit berbeda dari kebanyakan motherboard lainnya. Z170A XPOWER Gaming TE yang dibalut warna PCB silver ini dijejali fitur overclocking yang jauh lebih banyak dari kebanyakan motherboard gaming dari MSI lainnya, sebut saja misalnya Auto-Overclocking dengan Game Boost, berbagai onboard button untuk pengoperasian tanpa casing, fitur DirectOC untuk mengubah kecepatan CPU dari tombol di motherboard, dan tentu saja kualitas komponen kelas atas untuk menangani overclocking paling ekstrim sekalipun. Tidak lupa, BIOS dari Z170A XPOWER pun memberikan kemudahan bagi overclocker dengan berbagai profil overclocking memori di dalamnya.

Semua hal ini, membuat kami menganugerahinya Silver Award untuk Overclocking. (Ingin melihat bagaimana MSI Z170A XPOWER GAMING TE menangani overclocking? Simak review kami yang terdahulu di sini)

 

 

 

Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
Event | December 8, 2018 | Comments

GOC 2018: Live Update

Hari ini, 8 Desember 2018, kompetisi overclocking terbesar Dunia di tahun ini, Galax OC Carnival(GOC) 2018 resmi dimulai. Setelah melalui kualifikasi yang sengit dan keras, akhirnya 20(dua puluh!) overclocker terbaik
Read More »