in: Award | January 28, 2016 | by: Jagat OC Team

JR OC Award 2015: RAM

JROCAward_Feat.-Image-OC-RAM

Setiap tahun, JagatReview mengumpulkan beberapa hardware terbaik dari kelasnya masing-masing, dan memberinya penghargaan. Kami dari JagatOC.com dan JagatReview.com akan memilih beberapa komponen PC yang memiliki kelebihan khusus dari aspek tuning dan overclocking. Kali ini, topik yang kami bahas adalah RAM

RAM

Memori, atau kita kenal juga dengan sebutan RAM, merupakan salah satu komponen yang sangat krusial dalam praktek overclocking. Bagi overclocker yang membutuhkan skor maksimal, kadang-kadang tuning RAM yang tepat bisa memberikan perbedaan yang signifikan dalam beberapa benchmark(Misalnya benchmark SuperPI dan Intel XTU).

Berikut ini beberapa RAM yang kami anggap layak mendapat penghargaan karena kemampuan overclocking yang dimilikinya:

Catatan: Kami hanya memberikan award di kelas DDR4 karena kami tidak melihat ada produk DDR3 di tahun 2015 yang memiliki kelebihan ekstra dari segi overclocking.

GOLD Award: G.Skill Ripjaws V DDR4-3000 CL15 16GB(2x8GB) Kit

JROCAward_G.Skill-Ripjaws-V-3000

G.Skill bukan brand yang asing bagi overclocker. Setiap tahun, produsen RAM ini berusaha untuk memberikan RAM dengan spesifikasi unik yang memiliki kemampuan overclocking tinggi. Tahun 2015 lalu, berbarengan dengan diluncurkannya prosesor Skylake dan platform Z170, G.Skill merilis Ripjaws V, memori dengan spesifikasi menengah yang menawarkan price vs performance ratio cukup baik. Salah satu RAM yang menarik perhatian kami adalah Ripjaws V DDR4-3000CL15 2x8GB mereka, yang memiliki overclocking headroom cukup menarik. (Simak hasil uji-nya di sini).

Unit Ripjaws V yang kami uji masih stabil dioperasikan di tingkat 3333Mhz CL16, dan bahkan masih bisa menjalankan benchmark pada DDR4-3600CL17. Untuk itu, kami mengganjarnya Gold Award.

 

SILVER Award: HyperX Fury DDR4-2666 CL15 16GB(2x8GB) Kit

JROCAward_Kingston-HyperX-Fury-DDR4

HyperX merupakan salah divisi produk high-end dari Kingston, salah satu vendor memori ternama di Dunia. Sejak tahun lalu, divisi HyperX terus berinovasi untuk menciptakan RAM bagi para enthusiast dan overclocker. Salah satu produk DDR4 mereka yang cukup mengesankan adalah HyperX Fury series, RAM dengan fitur ‘auto-overclock’ yang secara otomatis mengaplikasikan setting XMP mereka jika mendeteksi platformnya mendukung. Dan pada platform DDR4, HyperX Fury akan langsung mengaplikasikan setting DDR4-2666.

Yang menarik, selain mengaplikasikan XMP secara otomatis ke kecepatan DDR4-2666, HyperX Fury DDR4-2666CL15 masih bisa dioptimalkan lagi dengan di-overclock ke kecepatan setidaknya DDR4-3200. Fitur OC otomatis dan kemampuan overclocking yang lumayan mengesankan ini mengganjarnya Silver Award.

Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES