in: Award | January 28, 2016 | by: Jagat OC Team

JR OC Award 2015: VGA

JROCAward_Feat.-Image-OC-Graphics-Card

Setiap tahun, JagatReview mengumpulkan beberapa hardware terbaik dari kelasnya masing-masing, dan memberinya penghargaan. Kami dari JagatOC.com dan JagatReview.com akan memilih beberapa komponen PC yang memiliki kelebihan khusus dari aspek tuning dan overclocking. Kali ini, topik yang kami bahas adalah VGA.

VGA

Kartu Grafis, atau dikenal juga dengan nama VGA Card, merupakan sebuah komponen yang berfungsi melakukan kalkulasi grafis. Semakin cepat komponen ini bekerja, semakin cepat pula perhitungan grafis dapat dilakukan. Pada aplikasi game 3D, umumnya pemroses grafis yang kencang dapat menghasilkan framerate yang tinggi, membuat gameplay menjadi lebih smooth dan nyaman.

VGA yang memiliki overclocking headroom besar tentunya memiliki potensi performa gaming yang lebih tinggi jika dimanfaatkan. Untuk itu, banyak vendor kartu grafis akhirnya merilis kartu grafis dengan komponen mumpuni yang siap dioverclock, dan bahkan sudah meng-overclock VGA tersebut dari pabrikannya(factory overclock).

Kami membagi award ini ke dua kategori, yakni: VGA dari NVIDIA, dan juga VGA dari AMD.

VGA NVIDIA:

GOLD Award: Galax GTX 980 Ti HOF LN2 GOC Edition

JROCAward_Galax-GTX980Ti-HOF

Nampaknya kami tidak perlu menjelaskan lebih banyak mengapa Galax GTX 980 Ti HOF LN2 GOC Edition mendapat penghargaan dari kami. VGA Card berbasis GeForce GTX 980 Ti ini diciptakan untuk satu tujuan: meraih berbagai world record benchmark! Komponen yang disematkan pada VGA tersebut memiliki durabilitas yang luar biasa dan dirancang dari awal untuk bisa menangani praktik extreme overclocking.

Melihat bahwa Galax sendiri memposisikan VGA ini sebagai “The only Graphics Card in existence designed explicitly for cryogenic overclocking”, dan beberapa pengujian extreme oc yang kami berikan padanya bisa dilewati dengan baik, Gold Award pantas diberikan padanya.

 

SILVER Award: EVGA GeForce GTX 980 Ti KINGPIN

JROCAward_EVGA-GTX980Ti-KPE

VGA EVGA GTX 980 Ti KINGPIN datang dengan skema penjualan cukup unik, dimana si pengguna yang hendak membelinya lewat toko online bisa memilih kualitas GPU(ASIC Quality) tertentu, tentu yang lebih bagus akan dihargai lebih mahal. Dikembangkan oleh overclocker ternama Vince Lucido a.k.a ‘K|NGP|N’, VGA GTX 980 Ti dari EVGA ini memiliki sedikit kesamaan dengan Galax GTX 980 Ti HOF LN2, dimana spesifikasi regulator daya yang diberikan padanya sangat ‘overkill’ dan mampu menghadapi tekanan overclocking yang ekstrim.

Melihat bahwa VGA ini memiliki desain khusus yang dioptimalkan untuk overclocking dan berguna bagi extreme overclocker yang ingin memaksimalkan VGA-nya, kami menganugerahinya Silver Award.

 

SILVER Award: MSI GTX 980 Ti Lightning

JROCAward_MSI-GTX-980-Ti-Lightning

VGA kedua yang menurut kami layak mendapat penghargaan adalah MSI GTX 980 Ti Lightning. VGA yang mengusung nama ‘Lightning’ merupakan kartu grafis seri tertinggi dari MSI, dan dipenuhi fitur overclocking supaya si pengguna bisa memaksimalkan performa VGA tersebut.

Sebagai VGA card MSI yang tertinggi saat ini, GTX 980 Ti Lightning menawarkan build quility premium dan menyematkan berbagai komponen tambahan untuk memaksimalkan kemampuan overclocking dari chip GPU GTX 980 Ti.  MSI Lightning memberikan semua perlengkapan ekstra untuk memastikan Anda mendapat overclockability termaksimal dari GPU yang ada, mulai dari memberi komponen dengan desain ekstrim, pendingin mumpuni, kemampuan tuning berbagai variabel yang luas(3 voltage control!), dan juga memberikan monitoring suhu dan voltase kelas atas. Ini sebabnya, kami memberinya Silver Award.

 

 

VGA AMD

GOLD Award: ASUS STRIX Radeon R9 Fury

JROCAward_Asus-STRIX-R9-FURY

Secara umum, beberapa VGA AMD yang keluar belakangan ini, memiliki overclockability yang rata-rata, kurang lebih sekitar 10%-an. Namun ada satu GPU AMD yang ternyata memiliki potensi performa terpendam yang cukup dalam, yakni AMD Radeon R9 FURY. Sempat dikabarkan bahwa ada beberapa AMD Radeon R9 FURY memiliki kemampuan untuk di-unlock CU(Compute Unit)-nya, untuk bisa mendekati kemampuan AMD Radeon R9 Fury X yang jauh lebih mahal, dan tentunya GPU Radeon R9 FURY-nya masih bisa di-overclock.

Dari beragam R9 FURY yang kami temui, ada satu yang nampaknya memberikan berbagai perlengkapan ekstra untuk overclocker yang ingin memaksanya lebih jauh lagi, yakni ASUS STRIX Radeon R9 FURY. Dilengkapi dengan pendingin mumpuni yang bisa menjaga suhu Radeon R9 FURY, regulator daya yang mampu memberikan daya tinggi, serta desain VGA HotWire yang mengijinkan overvoltage lewat modifikasi hardware, kami cukup yakin bahwa ASUS STRIX Radeon R9 FURY merupakan salah satu VGA Radeon R9 FURY terbaik untuk overclocking.

Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
News | December 31, 2017 | Comments

Tahun 2017 di Mata Overclocker

Tahun 2017 akan berakhir dalam beberapa saat. Momen pergantian tahun belum lengkap nampaknya kalau belum disertai dengan rangkuman singkat mengenai apa saja yang menarik di tahun ini. Satu hal yang pasti
Read More »