in: Featured Article - OC 101 | January 17, 2016 | by: Jagat OC Team

Mengenal Kompetisi Overclocking: OC Dari Sudut Pandang Berbeda

Hadiah: Tidak Sedikit

GskillOCWC

G.Skill OC World Cup, salah satu kompetisi overclocking yang memberi hadiah individual terbesar: 10000 USD! (sekitar 139 Juta Rupiah)

Seperti hal-nya kompetisi game, salah satu hal yang tidak pernah luput dari pembahasan kompetisi OC adalah jenis HADIAH yang diberikan bagi peserta yang menang. Memang, sejauh ini belum ada kompetisi overclocking yang memiliki skala hadiah seperti kompetisi DotA 2 The International, namun sepanjang tahun 2015 kemarin setidaknya sudah ada berbagai kompetisi overclocking dengan jumlah hadiah yang terbilang tidak sedikit, misalnya:

  • HWBOT World Tour Asia 2015, Total Hadiah 3360 USD 
  • G.Skill OC World Cup 2015, Total Hadiah 16200 USD
  • Galax OC Carnival (GOC) 2015, Hadiah Total 102000 RMB(sekitar 15500 USD)
  • Kingston HyperX OC TakeOver (HOT), Hadiah Total 15000 USD

Dan itu BELUM memperhitungkan hadiah berupa barang yang bisa dibawa pulang dari perlombaan! Sebagai catatan tambahan, kami juga belum menghitung total dari semua kompetisi online yang berlangsung selama season 2015 (Misalnya kompetisi online Gigabyte BIG XTU Challenge yang memberi hadiah total 4000 USD dalam bentuk cash, Kompetisi MSI GODLIKE OC Tournament yang memberi hadiah hardware lebih dari 2000 USD).

Meski banyak yang mencibir bahwa kompetisi overclocking merupakan kegiatan yang buang-buang uang dan waktu, namun ada hadiah puluhan bahkan ratusan Juta yang disediakan para sponsor untuk diperebutkan. Tentu nilai itu tidak buruk, bukan?

Alva ‘Lucky_n00b’ (tengah): Overclocker asal Indonesia yang Menghasilkan Ratusan Juta Rupiah dari kompetisi overclocking

Uniknya, banyak overclocker yang mengaku bahwa mereka tidak sebegitunya peduli dengan kuantitas hadiah yang diperebutkan dari kompetisi overclocking, karena sebagian dari mereka mengikuti kompetisi overclocking just for fun, dan karena kesenangannya dengan teknologi.

Tentu saja, ada overclocker yang level skill-nya sudah sebegitu tingginya untuk digaji secara professional oleh vendor tertentu untuk hanya melakukan in-depth testing bagian overclocking, sehingga OCer-OCer ini tidak mengikuti kompetisi overclocking untuk memperbutkan hadiahnya.

 

Apa Untungnya Vendor Mengadakan Kompetisi Overclocking?

HyperX Predator 3466CL16 – Modul RAM kecepatan tinggi ini bukan hanya diuji di lab, namun juga dibuktikan kemampuannya di kompetisi HyperX OC TakeOver.

Kebanyakan hadiah yang disediakan dari lomba overclocking berasal dari sponsor yang mengadakannya, lalu apa untungnya bagi mereka?

Seiring berjalannya teknologi, pada vendor dan produsen hardware semakin sering mengadakan kontes overclocking untuk melihat seberapa tahan hardware mereka saat dijalankan dalam keadaan ekstrim, lalu para vendor ini juga akan mendapat berbagai data dan masukan dari para overclocker untuk mengembangkan hardware mereka lebih jauh lagi.

OC: Berpengaruh dalam Perkembangan Kecepatan Komponen IT

MSI Lightning-series Graphics Card: Hadir untuk memenuhi kebutuhan overclocker ekstrim

Beberapa tahun terakhir, perkembangan dalam overclocking turut menentukan jenis dan spesifikasi produk yang sampai ke tangan user.

Sebagai contoh, VGA-VGA yang sudah di-overclock dari pabrikan(factory overclock), motherboard dengan komponen yang tahan menghadapi suhu ekstrim, RAM dengan kecepatan jauh di luar standar-nya, lalu berbagai Power Supply dengan regulasi rail sangat ketat untuk kestabilan maksimal. Semua komponen ini akan sulit dihadirkan ke pasaran tanpa campur tangan para competitive overclocker yang gemar memaksa hardware mereka hingga titik penghabisan.

Arena pemecahan rekor ini yang akhirnya menjadi ajang pembuktian bagi Vendor, bahwa hardware mereka memiliki kualitas yang terbaik di kelasnya, dan membuat mereka akhirnya mau berinvestasi sedikit lebih dalam untuk mendukung kegiatan yang berhubungan dengan overclocking.

 

Masa Depan: OC sebagai eSports?

Kompetisi Overclocking yang disaksikan ratusan pengunjung - langkah awal bagi overclocking untuk berubah menjadi eSport

Kompetisi Overclocking yang disaksikan ratusan orang – langkah awal bagi overclocking untuk berubah menjadi eSport

Overclocking tadinya dianggap menjadi sebuah hobi yang dilakukan segelintir pengguna PC, namun ternyata memiliki pengaruh yang lumayan terasa dalam perkembangan dunia IT itu sendiri. Sekarang, ada berbagai pihak yang menganggap competitive overclocking bisa berkembang lebih jauh lagi, dan salah satu proyek yang sedang berjalan dari beberapa tahun lalu adalah mengembangkan overclocking menjadi sebuah  eSport.

Selama ini, eSport sangat identik dengan gaming, namun sebuah badan bernama HWBOT.org mulai mengambil inisiatif untuk mengembangkan overclocking sebagai bentuk eSport, dengan mendirikan web OC-eSports.io yang menangani sebagian besar kompetisi overclocking yang berlangsung di Dunia.

Tentu, pengembangan ini bukan tanpa hambatan. Melihat tren para pengguna PC yang ingin semuanya tersedia serba instan dan tanpa repot, agak sulit untuk menjelaskan overclocking kepada sebagian besar user. Mendengar kata overclocking saja mungkin masih akan terdengar asing bagi beberapa orang, dan ini yang membuat jumlah overclocker berkembang dengan agak lambat.

Kemudian, mengemas kompetisi overclocking untuk menjadi sebuah tontonan yang menarik masih menjadi area perdebatan. Meski ada media khusus yang biasanya memberikan liputan / livestream dari kompetisi overclocking besar seperti Overclocking-TV, namun format dari lomba dan liputan ini kadang masih terlalu teknikal untuk diikuti pengguna awam. Untungnya, meski agak pelan, competitive overclocking sudah mulai berkembang ke arah yang benar, dan diikuti dengan dukungan dari berbagai pemain Industri IT di dalamnya.

Semoga pembahasan mengenai hal kompetisi overclocking ini menambah wawasan Anda. Sampai jumpa pada berbagai liputan lomba overclocking, hanya di JagatOC.com!

Oh ya, Anda bisa mengikuti semua laporan dan pembahasan kompetisi overclocking kami yang terdahulu pada link ini.

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
Event | December 7, 2018 | Comments

GOC 2018: Briefing Day

Memasuki beberapa jam terakhir sebelum perlombaan GALAX GOC 2018 dimulai, pada tanggal 7 Desember 2018 ini Pihak Galax mengadakan briefing untuk seluruh peserta dan helper GOC 2018 dan briefing ini
Read More »