in: General | January 26, 2016 | by: Jagat OC Team

Overclocking AMD Athlon X4 860K, Part 2: RAM OC

Overclocking sebuah prosesor sudah terbukti mampu meningkatkan performanya. Bagi pengguna yang menginginkan kinerja lebih dari hardware yang terbatas, kadang overclocking bisa menjadi solusinya. Melanjutkan praktik overclocking kami pada sebuah prosesor murah AMD Athlon X4 860K, yang kami lakukan beberapa waktu lalu, sekarang kami mencoba untuk meng-overclock bagian RAM-nya.

Baca Part 1 Dulu!

Karena pada bagian ini kami akan mengaplikasikan setting overclock dari AMD OverDrive, Anda sangat disarankan untuk membaca panduan overclocking Athlon X4 860K dengan AMD OverDrive di sini untuk informasi lebih lengkap.

Disclaimer :

1)Tingkat overclocking yang didapat pada setiap pengujian kami bisa jadi berbeda dengan apa yang Anda dapatkan, bergantung pada kualitas CPU, Integrated Memory Controller(IMC), RAM, VGA, dan lain sebagainya.

2) Overclocking yang tidak dilakukan dengan benar dapat memberikan efek negatif bagi sistem Anda (mulai dari ketidakstabilan, hingga kerusakan permanen hardware). Jangan meng-overclock kalau anda tidak benar-benar yakin dengan apa yang anda lakukan. Lakukan OC dengan resiko ditanggung sendiri, DO IT AT YOUR OWN RISK!

RAM: Masih berpengaruh di Sistem Dengan VGA Diskrit?

Banyak pengguna yang sudah menyadari bahwa performa RAM sangat berpengaruh bagi sistem yang memiliki grafis terintegrasi, namun bagaimana dengan Athlon X4 860K yang dipasangkan dengan vga add-on? Ini adalah topik utama pembahasan kami kali ini.

Kami akan menguji kurang lebih 4 konfigurasi RAM, dari kecepatan DDR3-1600 hingga DDR3-2400, dan melihat efek performanya secara singkat pada Game modern. Semua tindakan overclocking RAM akan kami lakukan dari BIOS, sedangkan overclocking Prosesor dilakukan dari software AMD OverDrive.

Mari mulai!

Awam Setting Memori DDR3? Simak Panduannya disini!

Anda masih bingung soal tuning RAM? Jangan kuatir! Baca panduan tuning RAM DDR3 kami yang terdahulu, akan sangat membantu Anda memahami berbagai setting yang kami jalankan di artikel ini.

 

Spesifikasi PC

Rigs

PC yang kami gunakan untuk uji OC kali ini berspesifikasi sebagai berikut:

  • Prosesor: AMD Athlon X4 860K
  • Motherboard: MSI A68HM-E33
  • RAM: Team DARK DDR3-2133 2x4GB
  • VGA: MSI Radeon R7 370 Armor2X 2GB
  • Storage: HyperX Fury 120GB SSD
  • Cooling: Deepcool Gabriel
  • PSU: FSP Hexa 400W
  • OS: Windows 10 Pro 64-bit

Pada platform AMD FM2+, umumnya tidak ada limitasi kecepatan RAM di chipset motherboard tertentu, sehingga penggunaan chipset A68H harusnya tidak menjadi masalah selama motherboard tersebut memiliki setting kecepatan RAM yang diinginkan.

Sebagai catatan tambahan, untuk menjaga artikel ini tetap sederhana, kami tidak akan mengubah variabel-variabel seperti CPU-NB maupun CPU Bus Speed(BCLK).

 

Mari simak pengujian lengkapnya di halaman berikutnya!

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
News | December 31, 2017 | Comments

Tahun 2017 di Mata Overclocker

Tahun 2017 akan berakhir dalam beberapa saat. Momen pergantian tahun belum lengkap nampaknya kalau belum disertai dengan rangkuman singkat mengenai apa saja yang menarik di tahun ini. Satu hal yang pasti
Read More »