in: Budget OC - General - Guide | January 24, 2016 | by: Jagat OC Team

Overclocking AMD Athlon X4 860K dengan AMD OverDrive, Part 1: CPU OC

Suhu: Perlu Dimonitor

Dalam melakukan overclocking, menjaga suhu operasi yang aman tentunya merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan.

Suhu AMD: Sering Salah Deteksi

Sensor suhu para prosesor AMD memiliki cara kerja khusus yang membuatnya kadang sulit dideteksi berbagai program pembaca suhu. Baca artikel kami yang berikut ini untuk mengetahui cara kerja sensor suhu prosesor AMD, dan cara mendeteksi suhu yang akurat.

Untuk melakukan pembacaan suhu di prosesor Athlon X4 yang kami gunakan, kami menggunakan Software AMD OverDrive di bagian ‘CPU Status’, seperti yang terlihat berikut ini:

Screenshot (32)

Anda bisa melihat di sana sebuah pembacaan bernama Thermal Margin. Tanpa membahas terlalu teknis, Thermal margin ini adalah jarak suhu prosesor Anda ke suhu maksimal yang diijinkan AMD, BUKAN suhu prosesor AndaJadi, selama Thermal Margin saat Anda load tidak menunjukkan Angka 0, harusnya prosesor Anda masih bisa beroperasi, Untuk alasan keamanan, kami menyarankan nilai thermal margin di angka setidaknya 10-15C.

Jika Thermal Margin Anda semakin dekat ke angka 0(nol), prosesor Anda bisa menurunkan clock-nya sendiri untuk menjaga suhu tetap aman. Anda bisa melihat hal itu terjadi di bawah ini:

Screenshot (93)

Prosesor menurunkan kecepatannnya (throttling) karena Thermal Margin sudah mendekati batas tidak aman

 

Sejauh yang kami uji, selama ANda masih memiliki nilai thermal margin 15-20C saat load, harusnya sistem Anda masih aman digunakan, dan CPU akan beroperasi pada kecepatan optimal:

Screenshot (95)

 

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
Event - News | December 7, 2018 | Comments

GOC 2018: Briefing Day

Memasuki beberapa jam terakhir sebelum perlombaan GALAX GOC 2018 dimulai, pada tanggal 7 Desember 2018 ini Pihak Galax mengadakan briefing untuk seluruh peserta dan helper GOC 2018 dan briefing ini
Read More »