in: Featured Article - Guide - OC 101 | February 10, 2016 | by: Jagat OC Team

Mengenal OC: Menjawab 10 Pertanyaan Dasar Mengenai Overclocking (2016)

Pertanyaan #3: Apa Komponen PC yang Umumnya bisa di-Overclock?

Pada sebuah PC, umumnya ada 3(tiga) komponen yang umum di-overclock karena memberikan potensi peningkatan performa besar, yakni:

Periferal_OC

Sejauh ini, belum ada komponen lain pada PC yang memiliki clockspeed tertentu dan memberikan performa ekstra saat di-overclock. (Sempat ada rumor mengenai overclockable SSD dari Intel, namun nampaknya proyek tersebut dibatalkan karena resikonya terlalu besar)

Motherboard: Bisa Di-overclock?

Bagaimana dengan motherboard? Apakah komponen yang satu ini tidak bisa di-overclock?

Jawabnya: Dulu(pada era soket LGA775 misalnya), chipset yang diletakkan di motherboard memiliki fungsi sebagai memory controller, dan beroperasi pada kecepatan tertentu (sering dikenal dengan sebutan FSB, Front Side Bus). Kecepatan FSB ini saat ditingkatkan akan memberi ekstra memory bandwidth bagi sistem, dan tentu saja memberikan performa ekstra yang lumayan signifikan. Sehingga pada masa itu, ‘overclocking’ chipset motherboard/FSB sangat umum dilakukan.

Namun pada motherboard modern dimana platformnya menggunakan kontroller memori terintegrasi(Integrated Memory Controller) pada prosesor, umumnya kita tidak lagi ‘mengoverclock’ motherboard. Meski demikian, Motherboard tetap menjadi komponen penting penentu overclock karena berbagai fungsi dan opsi menu overclocking akan ditanamkan padanya.

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES