in: Guide - OC 101 | February 10, 2016 | by: Jagat OC Team

Mengenal OC: Menjawab 10 Pertanyaan Dasar Mengenai Overclocking (2016)

Pertanyaan #6: Apakah Komputer Saya Bisa di-overclock?

Core i3-4130 Haswell, Sulit di-overclock karena limitasi Bus Speed(BCLK)

 

Bisa-tidaknya komponen Anda untuk di-overclock, akan sangat bergantung pada komponen PC apa yang anda gunakan. Dulu, umumnya semua komponen PC seperti prosesor dan RAM akan mendukung overclocking bila motherboard-nya memberikan opsi untuk itu. Sayangnya, pada masa sekarang ini,  ada hardware yang sulit di-overclock karena berbagai limitasi yang diberikan produsen prosesor padanya.

Sebagai contoh:

  1. Berbagai komponen laptop secara sengaja tidak diberikan opsi overclock, dan tidak memberikan pilihan pengubahan variabel/setting di dalam prosesor maupun GPU-nya.
  2. Ada juga prosesor desktop yang semua parameternya ‘dikunci’ dan tidak bisa diganti dengan mudah(misal: prosesor Intel ‘haswell’ non-K)
  3. Ada platform tertentu yang mengijinkan overclock saat menggunakan komponen tipe tertentu (misal: Intel hanya mengijinkan overclocking RAM pada chipset Z-series di skylake)

Akan cukup rumit untuk membuat sebuah list mengenai hardware yang bisa di-overclock. Satu-satunya yang bisa terpikirkan oleh kami adalah memasukkan model prosesor Anda pada fitur search di database HWBOT.org, lalu melihat bagaimana pencapaian overclock dari komponen yang Anda cari di sana.

hwbot

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
News | December 31, 2017 | Comments

Tahun 2017 di Mata Overclocker

Tahun 2017 akan berakhir dalam beberapa saat. Momen pergantian tahun belum lengkap nampaknya kalau belum disertai dengan rangkuman singkat mengenai apa saja yang menarik di tahun ini. Satu hal yang pasti
Read More »