in: Tips | February 9, 2016 | by: Jagat OC Team

Tips: Deteksi Kecepatan GPU Dengan Benar

Logo

Melanjutkan tips mudah kami soal deteksi kecepatan prosesor dengan akurat yang lalu, hal yang sama juga bisa terjadi pada GPU / VGA. Berbagai mode power-saving untuk membuat VGA semakin hemat daya kadang membuat kita sulit mengetahui kecepatan VGA yang sedang berjalan sebenarnya.

Baik VGA besutan AMD maupun NVIDIA yang modern akan menurunkan clock GPU mereka pada saat idle. Untungnya program seperti GPU-Z memiliki sebuah fungsi untuk mensimulasikan keadaan load untuk menunjukkan clock VGA sebenarnya.

Fungsi tersebut adalah ‘PCIe Render Test’ yang tersembunyi di bagian tanda tanya(?) pada sebelah kanan bagian Bus Interface. Bisa dilihat di bawah ini:

Screenshot (49)

Screenshot (50)

Fungsi render test adalah memberikan sebuah load ringan bagi GPU sehingga ia mengaktifkan power state maksimum-nya, untuk menunjukkan clock maksimal dan juga mode PCIe tertinggi.

Berikut contohnya:

Radeon R7 370 Idle, 300Mhz GPU, 150Mhz Memory, Mode PCIe 16x 1.1 

Screenshot (47)

 

Radeon R7 370 load Render Test, 1020 Mhz GPU, 1400 Mhz Memory, Mode PCIe 16x 3.0 

Screenshot (51)

Pada VGA NVIDIA yang memiliki macam-macam clock(base clock, boost clock, dan Max. Boost clock), fitur render test ini lebih berguna lagi untuk menunjukkan clock Max. boost pada VGA:

Clock Galax GTX 950 EX OC saat di-overclock, terbaca pada 1278 MHz Base, dan 1480Mhz Boost.

Galax_950_DEF

Load dengan Render Test menunjukkan Max. Boost clock dari VGA tersebut, yakni 1567 Mhz.

Galax_950_Load

*klik untuk memperbesar*

Tambahan: Mengenal NVIDIA Base Clock, Boost Clock, dan Maximum Boost Clock

Seperti yang terjadi pada beberapa generasi semenjak arsitektur Kepler rilis, GPU NVIDIA memiliki konfigurasi clock GPU yang dinamis untuk menyesuaikan dengan load dan temperatur (yang dinamai GeForce Boost Technology).Dengan ini, jika sensor pada GPU mendeteksi bahwa aplikasi yang digunakan tidak memberikan load yang berat, dan masih ada power headroom dan thermal headroom, maka si GPU akan secara otomatis meningkatkan clocknya.

Sayangnya, dengan adanya teknologi ini, nilai clock dari GPU akan memiliki beberapa ‘state’, yakni:

  • Base Clock
  • Boost Clock
  • Max. Boost Clock

Pada screenshot GPU-Z di atas, angka ‘1278Mhz’ GPU Clock merupakan Base Clock, sedangkan ‘1480 Mhz’ adalah Boost clock.

Secara teori, nilai Base Clock menurut NVIDIA adalah nilai ‘worst case’ dimana GPU digunakan semaksimal mungkin dan tidak ada thermal ataupun power headroom untuk mengaktifkan fitur Boost clock. Sedangkan Boost Clock adalah clock minimum saat teknologi Boost masih bisa aktif (yang berarti masih ada power & thermal headroom), lalu Max. Boost Clock adalah clock Maksimum yang diijinkan si GPU saat boost aktif (1567 Mhz, terdeteksi lewat GPU-Z render test)

 

Semoga tips singkat ini membantu Anda mengetahui dan memonitor clock GPU Anda.  Sampai Jumpa!

 

 

 

Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES