in: Bench Log - General | March 28, 2016 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Bench Log: ASUS Maximus VIII Impact – Motherboard Spesialis RAM Tuning!

IF

Bulan Maret 2016 ini merupakan bulan yang padat dengan pengujian hardware, khususnya dimana kami mulai menjajal kemampuan berbagai motherboard Z170 secara lebih mendalam. Setelah kemarin kami sempat menjajal kemampuan motherboard Gigabyte Z170X-SOC Force yang dipadu dengan RAM G.Skill TridentZ 3600, kami juga memiliki sedikit catatan menarik dari pengujian sebuah motherboard lain, yakni ASUS Maximus VIII Impact.

Berikut catatan singkat dari pengujian kami beberapa hari lalu:

ROG Maximus VIII Impact – Z170 mITX

IF

IF

Tidak berbeda dengan beberapa motherboard ROG Z170 lainnya, Maximus VIII Impact datang dengan form factor Mini-ITX(mITX). Itu yang membuatnya memilki bentuk mungil, namun padat komponen. Berikut gambar high-res-nya:

 

MaximusVIII_Impact_01_HD

*klik untuk memperbesar*

Melihat sebuah panel kecil bernama ‘Impact Control’ yang berisi beberapa tombol ON/OFF, Clear CMOS, dan juga Debug LED, serta sebuah sirkuit regulator daya(VRM) yang didesain khusus untuk form factor mITX,  nampak bahwa Impact bukan motherboard sembarangan! Ia diciptakan untuk power-user yang menginginkan mobo mITX berkualitas.

Namun juga melihat dari penampilan dan ukurannya saja, akan banyak pengguna yang akan ragu dengan kemampuan-nya. Perlu diketahui, potensi Impact yang terpendam akan bisa terlihat pada BIOS-nya. Berikut ini satu opsi preset OC yang mereka tawarkan:

 

BIOS OC Profile

MaximusVIII_Impact_BIOS_01

Profil untuk menjalankan DDR4-4000 jelas bukan sebuah opsi yang main-main, karena biasanya hanya extreme overclocker yang menggunakan fitur serupa untuk memaksimalkan performa mereka lewat RAM-nya.

Sebagai catatan, board Impact generasi terdahulu dengan chipset Z97 memiliki predikat sebagai motherboard Z97 dengan kemampuan tuning RAM terbaik (berbarengan dengan Gigabyte Z97X-SOC Force LN2), dan pengujian yang pernah kami lakukan disini telah membuktikan bahwa hal tersebut benar adanya!

Apakah Impact generasi 170 ini bisa mengulang kesuksesan generasi lalu? Let’s see!

 

Testbed Specs

IF

 

Berikut ini spesifikasi yang kami pakai secara mendetail:

  • Prosesor: Intel Core i5-6600K
  • Motherboard: ASUS ROG Maximus VIII Impact
  • RAM: Kingston HyperX Fury DDR4-2666 1x4GB Kit
  • VGA: GeForce GT 730
  • SSD: HyperX Fury 120GB
  • PSU: Enermax NAXN 500W
  • CPU Cooler: Intel Stock Cooler dari Pentium G3258
  • OS: Windows 10 Pro
Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES