in: Extreme | March 30, 2016 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Extreme OC: Core i3 @ 5 Ghz+ di ASUS ROG Maximus VIII Gene

Setelah kemarin bermain-main dengan salah satu motherboard Mini-ITX terbaik Z170, yakni ASUS ROG Maximus VIII Impact, kami ingin mencoba melakukan overclocking ekstrim pada motherboard ASUS ROG kedua yang ada di lab kami, yakni ASUS Maximus VIII Gene.

IF

Kami sendiri sudah pernah mencicipi berbagai pilihan tweaking yang dimiliki motherboard ROG Micro-ATX besutan ASUS tersebut, tepatnya saat melakukan ‘Non-K’ overclocking pada prosesor Core i3-6320(klik link ini untuk membacanya). Dan di pengujian kali ini kami secara spesifik ingin melihat seberapa jauh sebuah prosesor Core i3 Skylake bisa dipaksa berlari saat menggunakan cooling ekstrim di motherboard ASUS Maximus VIII Gene.

Tanpa menunggu lama, let’s get it on!

 

Persiapan

Pertama-tama, kami akan melakukan delliding pada prosesor yang kami gunakan, untuk memastikan bahwa tidak terjadi transfer thermal yang buruk pada thermal paste bawaan (pernah kami bahas di sini). Thermal paste bawaan kami ganti menjadi thermal grizzly kryonaut.

IF

Seperti biasa, sebelum extreme overclocking dilakukan, kami harus mempersiapkan motherboard-nya terlebih dahulu untuk mencegah masalah yang terjadi akibat kondensasi. Heatsink VRM pada Maximus VIII Gene dilepas, dan bagian sekitar motherboard dilapisi dengan dielectric grease. Tidak lupa, bagian slot ram yang agak terbuka pun ditutup dengan paper towel untuk memastikan semua bagian slot-nya waterproof.

Berikut detail proses-nya *klik untuk memperbesar*

if if if

if if if

 

Pemasangan Pendingin (LN2 Container/Pot)

Berikutnya, kontainer LN2 yang akan mendinginkan CPU pun dipasang. Pada artikel ini kami juga memasangkan sebuah LN2 container pada RAM untuk mendapat sedikit ekstra clock dan timing pada modul HyperX Fury yang kami pakai.

if

if

if

if

if

Baik, Ready To Go!

 

Spesifikasi Testbed

if

Berikut ini spesifikasi lengkap dari sistem yang kami gunakan:

  • Prosesor: Intel Core i3-6320
  • Motherboard: ASUS Maximus VIII Gene, BIOS 0002
  • RAM: HyperX Fury DDR4-2666 2x4GB
  • VGA: MSI GTX 980 Ti Lightning
  • SSD: HyperX Fury 120GB
  • PSU: Corsair AX1200i
  • CPU Cooler: Kingpincooling F1 Gemini
  • RAM Cooler: Kingpincooling Ney Pro RAM Pot

Tadinya kami ingin menjalankan banyak benchmark seperti 3DMark, namun karena keterbatasan jumlah LN2 yang dipakai dalam pengujian ini, kami hanya mengeksplorasi kemampuan Core i3 Skylake pada benchmark yang mengutamakan prosesor seperti Cinebench R15 dan Geekbench 3.

Mari mulai!

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES