in: Budget OC - Review | March 11, 2016 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Hands-on Review & Overclocking Athlon X4 845: Carrizo Murah Tanpa IGP

Berbagai Variabel dalam Athlon X4 845: Clockspeed & Voltage

Berikutnya, saatnya mengenal berbagai variabel seperti frekuensi dan voltase, yang terdapat pada Athlon X4 845 sesuai pembacaan CPU-Z:

X4 845 – Idle (1.8Ghz)

Athlon_X4_845_idle

 

X4 845 – Turbo – 3.8Ghz

Athlon_X4_845

Athlon X4 memiliki Turbo Core, yang berarti kecepatannya nanti bisa berubah tergantung pada beban aplikasinya. Perbedaa dengan beberapa prosesor sebelumnya adalah, kami melihat bahwa kecepatan 3.8Ghz Turbo ini bisa dilakukan pada skenario 4-core load, bukan hanya 1-core load saja.

Kami akan mengulas ini lebih lengkap di bagian ‘Turbo Core’.

Bisa dilihat pula dari screenshot di atas bahwa X4 845 dilengkapi dengan L1 Data cache sebesar 32 kB, atau dua kali lebih besar dari generasi sebelumnya. Selain clockspeed CPU, Sistem berbasis Athlon X4 845 memiliki beberapa clock lain, yakni NB Frequency (CPU NB), dan juga DRAM Frequency :

OC1_RAM

Max_Freq

Seperti yang terbaca baik pada CPU-Z dan BIOS, AMD Athlon X4 845 memiliki NB Clock default di 1300Mhz dan juga dukungan kecepatan memori hingga DDR3-2133Mhz.

 

CPU Ratio: Hanya 38x Lewat Fungsi Turbo!

Satu hal yang unik pada Athlon X4 845, Anda hanya bisa mengakses mode Multiplier 38x pada saat Turbo Aktif, dan bukan men-set nilai tersebut secara manual.

Pada Opsi BIOS yang tertera di bawah ini, Anda harus memastikan bahwa opsi CPB Mode, APM Master Enable, C6 Mode, dan AMD PowerNow Function diset seperti keadaan default-nya di bawah ini, dan juga men-set nilai CPU multiplier ke AUTO.

X4_845BIOS_03

Dan perlu diingat, Athlon X4 845 BUKAN merupakan prosesor seri-K dengan multiplier terbuka, sehingga semua praktek overclocking HANYA bisa dilakukan dengan mengubah Bus Speed / BCLK (‘APU Frequency’ pada BIOS), yang nilainya default di 100Mhz.

Dengan melakukan overclocking BCLK, Anda akan mengubah SEMUA frekuensi yang ada di dalam sistem, sehingga pengubahannya harus dilakukan dengan hati-hati!

 

Voltage Utama: CPU Voltage & VDDNB

Default_Volt

Ada 2 buah voltage pada prosesor yang nantinya cukup memberi pengaruh dalam overclocking, yakni CPU Voltage(a.k.a VCore) yang merupakan suplai tegangan ke prosesor, dan satu lagi disebut VDDNB, yakni suplai voltase ke bagian North Bridge/memory controller pada prosesor.

Bisa dilihat pada screenshot BIOS di atas, nilai default untuk kedua variabel tersebut adalah 1.450V untuk CPU Voltage, dan 1.175V untuk VDDNB. Voltase CPU ini nantinya bisa sedikit berubah sesuai dengan Turbo Core-nya, hingga ke kisaran 1.475-1.48V.

Mengingat nilai default dari Voltase CPU yakni 1.475V ini lumayan tinggi, kami memperkirakan bahwa batas atas nilai yang aman maksimal di 1.5V-an. Sedangkan nilai untuk VDDNB harusnya masih bisa ditingkatkan ke sekitar 1.25V-an.

 

Selain kedua voltase ini, tentu ada juga voltase lain seperti DRAM Voltage (VDimm) yang mengatur tegangan RAM DDR3.

Sebelum membahas dasar-dasar overclocking pada Athlon X4 845, kami ingin menguji sebuah hal menarik mengenai aplikasi AMD Turbo Core. Simak halaman berikutnya!

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES