in: Bench Log - General | April 2, 2016 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Bench Log: Skylake, Windows XP, dan 3DMark2001SE

Salah satu hal yang membedakan competitive overclocker dengan ‘casual’ overclocker adalah bagaimana competitive overclocker melakukan banyak hal yang mungkin bisa dibilang tidak masuk akal untuk mendapatkan skor tertinggi. Kami ingin menunjukkan contoh hal absurd ini beberapa waktu lalu, saat melakukan pengujian 3DMark2001SE.

3DMark01

Ya, 3DMark2001SE, sebuah benchmark yang dirilis lebih dari sepuluh tahun lalu. Percaya atau tidak, benchmark ini masih jadi salah satu favorit overclocker untuk lomba adu kencang PC.

Pada artikel Bench Log kali ini, kami ingin menghantarkan sebuah catatan singkat mengenai sebuah kesulitan tersendiri dalam menghasilkan skor optimal di 3DMark2001SE di sebuah sistem berbasis Skylake. Baik, mari disimak!

 

Testbed

IF

Berikut ini sistem yang kami gunakan:

  • CPU: Intel Core i3-6320
  • Motherboard: ASUS Maximus VIII Gene
  • RAM: HyperX Fury 2x4GB DDR4-2666
  • VGA: MSI GTX 980 Ti Lightning
  • SSD: HyperX Fury 120GB
  • PSU: Corsair AX1200i

Sistem ini memiliki komponen ‘favorit’ pengejar skor 3DMark2001SE, yakni prosesor berbasis skylake, dan juga VGA GTX 980 Ti(yang jelas sangat berlebihan untuk benchmark uzur seperti ini :p).

 

Masalah Pertama: 3DMark2001SE lebih Optimal di OS Windows XP!

Salah satu yang jadi faktor krusial mendapat performa tinggi di benchmark adalah mencari OS yang optimal. Pada benchmark uzur seperti 3DMark2001SE, OS yang lebih Optimal adalah Windows XP! Berikut ini sedikit perbandingannya:

*klik untuk memperbesar*

Windows 7 – 89258 3DMarks

screen010a

 

Windows XP – 92152

screen010

Jelas terlihat bahwa OS tua ini lebih baik dalam menghadapi benchmark legacy seperti 3DMark2001SE. Masalah berikutnya: melakukan instalasi OS seperti windows XP di sistem Skylake tidaklah mudah.

Skylake merupakan platform baru yang dioptimalkan untuk OS modern seperti Windows 8.1 atau Windows 10, dan bukan Windows XP. Bahkan kami lumayan mengalami kesulitan menginstall Windows 7, dan harus mencari workaround untuk melakukannya(pernah kami bahas di sini).

Untuk menginstall windows XP pada sistem kami, berikut ini berbagai kesulitan yang kami hadapi:

  • Umumnya mode operasi SATA dari chipset mobo adalah AHCI, dan tidak ada driver resmi untuk instalasi hal ini
  • Tidak ada dukungan untuk instalasi OS via USB EHCI Mode
  • Ada beberapa BIOS motherboard yang tidak memiliki mode power-management lama (ACPI)

Untungnya, beberapa engineer dari ASUS menemukan beberapa trik untuk menjalankan XP ini, dan mem-post-nya pada Guide mereka yang bisa didapatkan pada forum ASUS Maximus VIII Support di HWBOT di sini (Anda juga bisa men-download berbagai file lain yang dibutuhkan pada link berikut).

Intinya, yang dilakukan ASUS adalah me-load ISO dari instalasi XP ke sebuah RAMDisk, dan meng-inject driver RAMDisk dan AHCI driver untuk mengenali SATA Controller pada skylake. Anda perlu menekan F6 saat instalasi. (tambahan: Jika BIOS motherboard Anda tidak mendukung mode power management ACPI legacy untuk XP, Anda harus menekan F5 untuk memiliki mode MPS Multiprocessor PC sebagai ganti ACPI)

XPInstall

 

Masalah Kedua; Tidak Ada Driver XP untuk GTX 980 Ti

Skylake_XP_169kYa, tidak ada Driver GTX 980 Ti yang tersedia untuk Windows XP. Namun jangan panik, Anda tetap bisa mendapatkan driver XP tersebut dengan memodifikasi file ‘nv4_dispi.inf’, seperti yang dijelaskan Elmor, seorang overclocker pro di HWBOT.

 

OS dan Driver sukses diinstall? Langsung Benchmark!

Nah, jika Anda sudah berhasil menginstall XP dan driver VGA-nya, sekarang tinggal masalah seberapa jauh clockspeed sistem Anda bisa dipacu. Kami menggunakan Core i3 6320 yang di-overclock menggunakan Liquid Nitrogen ke 5.6Ghz untuk mendapat hasil 169451 berikut ini:

screen022s

*klik untuk memperbesar*

 

Jadi, bagi Anda yang memiliki platform skylake dan sedang ingin balapan skor, pastikan Anda menggunakan OS Windows XP! Sampai jumpa di percobaan kami yang berikutnya ;)

 

Baca Juga:

Extreme OC Core i3 di Maximus VIII Gene

Hands-on Non-K OC di ASUS Maximus VIII Gene

 

Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
Tips | July 24, 2018 | Comments

Eksperimen: Tuning Aspect Ratio ke 32:9

Kadang-kadang ada beberapa hardware PC yang cukup menarik untuk membuat pengalaman berkomputer menjadi sangat berbeda. Beberapa hari lalu, rekan kami di JagatPlay tengah mencoba sebuah monitor 49″ dari Samsung yang
Read More »