in: Tips | April 11, 2016 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

‘Overclock’ Produktivitas di Windows 10 dengan Virtual Desktops

Sebagai overclocker, yang menjadi fokus saya adalah memaksimalkan sebuah sistem tertentu untuk mendapat performa tinggi. Nantinya performa tinggi ini diharapkan bisa meningkatkan produktivitas, menambah kenyamanan berkomputer dengan waktu proses yang lebih singkat, dan mungkin menambah framerate bagi gamer. Namun, tidak semua kenyamanan dan produktivitas harus didapatkan dari penggunaan komputer yang kencang, kadang optimalisasi dari beberapa hal yang tidak ada hubungannya dengan performa masih bisa memberi efek yang baik.

Belum lama ini saya baru memutuskan pindah ke OS Windows 10 di laptop kerja sehari-hari. Meski saya tidak terlalu menyukai beberapa aspek OS tersebut (berhubungan juga dengan keadaan dimana sebagian besar benchmark saya masih lebih kencang berjalan di OS Windows 7 :p ), namun saya baru disadarkan bahwa ada satu hal yang selama ini saya abaikan, yakni fitur Virtual Desktops.

Terbiasa bekerja dengan setup 2 monitor atau lebih di kantor, tak pernah terlintas untuk menguji fitur Virtual Desktops sama sekali karena saya sudah memiliki area kerja yang luas untuk menulis artikel, mencari bahan tambahan di web, serta melakukan sedikit photo retouching. Namun, ‘ketergantungan’ akan area kerja yang luas ini akhirnya memberi efek buruk saat saya bekerja di luar kantor, dimana monitor kedua-nya tidak ada.

VD_1s

Task View di Windows 10

Berbagai window aplikasi yang biasanya saya buka bersamaan langsung terlihat menumpuk, dan sedikit merepotkan saat harus berpindah dari berbagai aplikasi. Fitur ‘Task View’ (Windows Key+Tab) pun tidak membantu membuat area kerja menjadi lebih rapi, dan sedikit diperparah dengan layar 11″ dengan resolusi 1366×768 pada laptop Dell Inspiron 3148 yang saya gunakan bekerja.

DellInspiron_3148

Dell Inspiron 3148: Core i3-4010U, 8GB DDR3-1600 RAM, Intel HD Graphics 4400, 256GB SSD, 11″ Display 1366×768

 

Lalu saya membaca soal Virtual Desktops, dan langsung sadar bahwa selama ini saya cukup BODOH ketika mengabaikan fitur tersebut! (cukup bodoh untuk ditertawakan rekan sekantor yang mungkin sudah menggunakan fitur tersebut sejak awal Windows 10 dirilis).

Di halaman berikutnya, saya akan menjabarkan pengalaman saya memanfaatkan Windows 10 Virtual Desktops, yang membuat tampilan desktop saya lebih nyaman.

Daftar Isi
Pages: 1 2

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
News | November 3, 2016 | Comments

OC MITCC – MOBILINATION: Babak Semi Final

Empat sesi kualifikasi di MITCC – MOBILINATION Amateur Overclocking Challenge di Univ. Kristen Maranatha akhirnya selesai digelar. Setiap jawara dari keempat sesi tersebut telah mendapatkan tiket ke babak semi final
Read More »