in: General - Guide | July 25, 2016 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Hands-on Overclocking: NVIDIA GeForce GTX 1060 Founders Edition

Mengenal Boost Clock (Lanjutan)

Berdasarkan penjelasan di halaman sebelumnya, Anda tentu mengerti bahwa meskipun NVIDIA menyatakan bahwa clock GTX 1060 mereka saat boost ada di angka 1700Mhz, namun VGA tersebut ‘diijinkan’ untuk boost hingga 1911Mhz. Berikut ini kami menjalankan 3DMark Stress Test untuk melihat bagaimana mekanisme boost ini aktif – lalu melakukan Logging Clock dengan GPU-Z, dan juga mencatat framerate consistency dari 3DMark Stress Test.

Kami melakukan pengujian dengan 2 konfigurasi, yakni:

  1. Default
  2. Power Limit serta Fan Speed dimaksimalkan dengan Afterburner
MSI_AB_PowerLimit

Power Limit dan Fan Speed dimaksimalkan dengan Afterburner

Berikut hasilnya:

*klik untuk memperbesar*

Default – 98.2% Framerate Stability

GTX1060_Stability_DEF

 

Power Limit Increase + Fan 100% – 99% Framerate Stability

GTX1060_Stability_PowerLimitFan100

 

GPU Clock – Normal vs Power Limit Increase

GTX1060_Mhz_DEF

Meningkatkan power limit nampak membuat GTX 1060 memilliki framerate Stability yang lebih baik dibandingkan saat default. Dan ini terlihat jelas dari log clockspeed pada GPU-Z saat Stress Test berjalan. Nampak bahwa clockspeed GTX 1060 lebih konstan saat power limit ditingkatkan dan fan speed dimaksimalkan.

Sebagai tambahan, GTX 1060 dengan power limit ditingkatkan memiliki clockspeed rata-rata lebih tinggi saat boost aktif. Perlu diperhatikan, bahwa pengujian ini menunjukkan bahwa clock GTX 1060 FE berjalan lebih tinggi dari spesifikasi ‘boost’-nya yang tertera pada 1700Mhz.

Temperature – Default vs 100%

Anda juga bisa melihat bahwa GTX 1060 FE yang dijalankan dengan fan 100% mampu menghasilkan suhu yang cukup jauh berbeda dari saat default, dan menjaga VGA tersebut sekitar 10C lebih dingin. Pada Fan 100%, GTX 1060 FE ini memiliki tingkat kebisingan sekitar 40 dBA.

GTX1060_Mhz_DEF_2ed

 

 

 

Tool – MSI Afterburner utk OC

MSI_AB_DEF

MSI Afterburner adalah tool overclocking GPU yang bisa digunakan hampir semua vendor GPU di luar sana, dan bisa diunduh secara gratis disini. Semua praktik overclocking yang kami lakukan disini dilakukan menggunakan tool MSI Afterburner. Nah, mari melihat apa saja yang bisa anda ubah di Afterburner:

  1. Core Voltage: Opsi ini hanya akan keluar jika anda men-tick ‘unlock voltage control’ pada Settings dan jika GPU anda mendukung pengubahan voltase via software. Sejauh yang kami ketahui pada versi afterburner yang kami gunakan di artikel ini, sekarang GTX 1060 belum mendukung pengubahan voltase GPU lewat software tersebut. 
  2. Power Limit: Saat power sensor di GPU anda mencapai batas maksimalnya(100%), maka ia akan mulai menurunkan clock GPU untuk menyesuaikan tingkat power si VGA. Pada GTX 1060, anda masih bisa meningkatkan nilai ini ke 116% jika nilai 100% dianggap tidak cukup.
  3. Core Clock & Memory Clock: Tempat anda mengubah clock GPU dan Video RAM. Bagi GTX 1060, nilai ini BUKAN berupa clock anda, melainkan merupakan nilai ‘offset’, atau nilai tambahan dari GPU clock anda yang ada sekarang. Misalnya Max. Boost clock pada GPU anda 1900Mhz, memberikan nilai +100 disini akan mengubah Max. Boost Clock menjadi 2000Mhz.
  4. Perlu diperhatikan: Memory Clock yang ada disini adalah nilai setelah RAM tersebut dikalikan dua(karena DDR). Jadi misalnya anda memiliki clock memori 2000Mhz, maka untuk mengubah nilai clock memori ini ke 2200Mhz, anda perlu menambah clock memory sebesar +400Mhz(bukan 200Mhz).
  5. Fan Speed: Tempat anda mengubah setting fan. Pada 100% pun GTX 1060 FE masih relatif tidak terlalu bising, namun bagi Anda yang sensitif dengan suara, kami sarankan untuk mengubah nilai ini ke 70%.

 

Step-by-Step

Langkah-langkah untuk overclock GTX 1060 sama seperti overclocking GPU yang lainnya, proses pencarian clock maksimal kami untuk gaming adalah sebagai berikut:

  • Naikkan clock GPU dengan interval sebesar 100 Mhz
  • Jalankan 3DMark Stress Test , ulangi sampai hang/freeze. Setiap crash, turunkan interval ke GPU 50Mhz, 25Mhz, dan seterusnya sampai anda mendapat clock maksimal.
  • Lakukan hal yang sama kepada memory clock.
  • Gabungkan kedua hasil overclock, baik GPU dan Memory, lalu uji kestabilan lagi
  • Selalu perhatikan suhu GPU, bagi GTX 1060 jaga suhu di sekitar 70 C maksimum.

Umumnya, jika sebuah GPU stabil menjalankan 3DMark Stress Test, GPU tersebut akan stabil pada aplikasi sehari-hari dan gaming yang load-nya lebih ringan dibanding 3DMark Stress Test

Halaman berikutnya: Uji Overclocking singkat

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
Motherboard - Review | August 6, 2018 | Comments

Overclocking Review: MSI B450 TOMAHAWK

Beragam vendor motherboard sudah mulai menunjukkan rancangan terbaru mereka berbasis chipset AMD B450. Chipset tersebut sebenarnya tidak menawarkan banyak fitur berbeda dibanding B350 pendahulunya(kecuali Precision Boost Overdrive dan AMD StoreMI),
Read More »