in: General - Guide | August 10, 2016 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Overclocking Guide: OC AMD Radeon RX Series (480 / 470 / 460) dengan WattMan

AMD Radeon RX series GPU menunjukkan potensi sebagai VGA yang memiliki price vs performance cukup baik. Yang lebih menarik lagi, karena AMD menyertakan sebuah tool di dalam driver mereka untuk mengoptimalkan performa kartu grafis mereka lebih jauh lagi, bernama ‘Radeon Wattman’ (atau ‘Wattman’).

Tool yang sangat powerful ini sudah kami bahas berkali-kali saat menguji Radeon RX 480, namun kali ini kami ingin memberikan panduan singkat untuk menggunakan tool Wattman dengan Radeon RX series untuk mendapat performa lebih.

Keterangan:

Overclocking dengan tool Wattman saat ini bisa dilakukan pada AMD Radeon RX 480, 470 atau 460. Pada contoh di sini kami menggunakan model Radeon RX 460 sebagai referensi. Langkah-langkah overclockingnya masih bisa dicoba pada AMD Radeon RX 470 ataupun 480, hanya saja nilai yang tertera mungkin akan berbeda.

Mari mulai!

Disclaimer :

1)Tingkat overclocking yang didapat pada setiap pengujian kami bisa jadi berbeda dengan apa yang Anda dapatkan, bergantung pada kualitas CPU, Integrated Memory Controller(IMC), RAM, VGA, dan lain sebagainya.

2) Overclocking yang tidak dilakukan dengan benar dapat memberikan efek negatif bagi sistem Anda (mulai dari ketidakstabilan, hingga kerusakan permanen hardware). Jangan meng-overclock kalau anda tidak benar-benar yakin dengan apa yang anda lakukan. Lakukan OC dengan resiko ditanggung sendiri, Do it at your own risk!

Spesifikasi Testbed

RX460_OC_14b

PC yang kami gunakan untuk melakukan uji overclocking ini memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Prosesor: Intel Core i7-6700K
  • Motherboard: ASUS Maximus VIII Impact
  • RAM: HyperX Fury DDR4-2666 2x4GB
  • VGA: Sapphire Nitro Radeon RX 460 4GB OC
  • SSD: HyperX Fury 120GB
  • PSU: Enermax NAXN 500W
  • OS: Windows 10 Pro x64

Wattman – Ada di Driver!

Berikut ini langkah-langkah memasuki tool Wattman di driver Crimson:

*klik untuk memperbesar gambar*

1. Klik kanan di desktop untuk masuk ke ‘Radeon Settings’

Wattman_1

 

2. Masuk ke ‘Global Settings’

Wattman_2

 

3. klik ‘Global Wattman’

Wattman_3

*keterangan: saat ini, kadang tercatat ada kejadian dimana Radeon settings akan mengalami random crash saat masuk ke tool wattman, jika ini terjadi Anda hanya perlu membuka Radeon Settings lagi.

4. Dan inilah tampilan Wattman dengan ukuran biasa, Anda bisa men-scroll ke bawah untuk menjelajahi semua menu-nya, namun akan lebih mudah jika Anda membiarkan menunya tampil di layar full-screen (resolusi desktop disarankan ada di 1080p atau lebih):

Wattman_4

 

Halaman berikutnya: Melihat lebih dekat opsi tuning dari Wattman

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES