in: Review | May 16, 2017 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Hands-on: Unlocked DDR4 Sub-timing di AMD Ryzen dengan AGESA 1005

BONUS: Loose Subtiming Test @ Hynix IC

Variabel subtiming tidak hanya bisa ‘diketatkan’ untuk menambah performa, melainkan juga bisa di-set loose(longgar) untuk menstabilkan sebuah setting tertentu. Pada kasus ini kami hendak menguji RAM dengan IC Hynix dengan rating cukup tinggi (3466+), yakni sebuah engineering sample dari HyperX, yang tadinya tidak bisa berjalan di DDR4-3200 dengan stabil pada Ryzen bagaimanapun setting-nya.

DSC01263

DSC01264

Setting RAM & Timing & Subtiming:

AGESA1005_Test12

AGESA1005_hynix_32_Loose

Geekbench 3 Memory Score: 5349

Screenshot (158)_HynixCompatibility

Memory berbasis IC Hynix ini tadinya tidak bisa berjalan pada DDR4-3200 di BIOS versi sebelumnya, bagaimanapun timing-nya. Sekalipun kadang RAM tersebut mau boot, kami tidak pernah mendapat kestabilan di OS, dan langsung crash ketika sistem menjalankan benchmark. Dengan terbuka-nya opsi AGESA baru yang mengijinkan setting subtiming, kami masih bisa menjalankan benchmark pada kit tersebut di DDR4-3200.

 

Kesimpulan (Sementara)

AGESA1005_unlockedTiming_1

Dengan ‘dibuka’-nya opsi subtiming pada AMD Ryzen, update AGESA kali ini menunjukkan potensi tuning yang cukup dalam bagi pengguna yang mau melakukan setting ekstra. Setidaknya pada pengujian singkat kami, kami bisa mendapat hasil berikut:

  • Peningkatan performa sekitar 10% untuk RAM ber-IC Hynix dengan setting DDR4-2933 (mencapai performa setara DDR4-3200 tanpa penggantian subtiming)
  • Peningkatan performa 8-9% untuk RAM dengan IC Samsung B-die pada setting DDR4-3200
  • Sedikit kestabilan ekstra untuk modul Hynix yang tadinya tidak bisa berjalan stabil di DDR4-3200 dengan setting loose subtiming

Berikut rangkuman pengujian performa kami:

AgesaSubtimingTest_1

AgesaSubtimingTest_2

Kami sendiri belum terlalu jauh mengubah banyak subtiming di AMD Ryzen(karena kami hanya mengubah variabel yang kami kenal dan tersedia pada sistem Intel tempat kami biasa menguji), dan masih banyak opsi -opsi lain yang belum kami sentuh. Tentunya, eksplorasi platform ini lebih jauh, dan lebih banyak menguji kombinasi RAM dan motherboard lain akan semakin membuka potensi sistem berbasis AMD Ryzen.

Semoga pengujian singkat kami ini bermanfaat dan bisa memberikan informasi berguna bagi Anda pemilik platform Ryzen yang ingin meningkatkan performanya. Sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya, hanya di JagatOC! ;)

 

Baca: Tool Stability Test RAM

RAMStabilityTest_JagatOC_1

Kami juga menghimbau Anda untuk membaca berbagai tool Stability Test RAM, supaya Anda bisa menguji kestabilan RAM Anda setelah di-setting sub-timingnya.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES