in: News | September 3, 2017 | by: Yufianto Gunawan

AOCT 2017: Satu Langkah Menuju Final di Sesi MSI

AOCT - 210

Akhirnya, sesi terakhir babak kualifikasi di AOCT 2017: A New Challenge, turnamen overclocking yang didukung oleh Intel, ASUS, Biostar, Gigabyte, MSI, Corsair, WD, LG, dan Seasonic yang digelar di Yogyakomtek 2017, dimulai! Di sesi ini, semua peserta diwajibkan menerima tantangan dari tim juri yang harus mereka jalankan di motherboard MSI. Tantangan yang ada, adalah Geekbench 3 Memory dengan batasan memory clock 1200 MHz (DDR4-2400), serta 3DMark 11 Entry Preset yang WAJIB dijalankan dengan INTEL STOCK HSF!

Hardware yang Digunakan

AOCT - 103

Berikut ini adalah hardware yang digunakan untuk sesi ini:

  • Prosesor: Intel Core i5-7600K
  • Motherboard: MSI Z270 Tomahawk
  • RAM: Corsair Vengeance LPX DDR4-2666 2x 8 GB
  • SSD: WD Blue 250 GB
  • PSU: Seasonic X750
  • Monitor: LG 24″ 24MP59P-G

Jalannya Sesi MSI

Tantangan awal untuk sesi MSI membuat peserta tidak bisa meningkatkan memory clock di atas 1200 MHz. Tantangan ini bisa dikatakan tidak terlalu sulit, sehingga semua peserta mencatatkan skor mereka di 10 menit awak, dengan tim Kintann, Shaburi, dan PM Gan berada di posisi teratas. Di luar posisi 3 besar itu, adu kejar skor terus terjadi di 15 menit awal.

AOCT - 211

Beberapa tim masih punya peluang besar untuk lolos ke babak final, sehingga mereka harus mencari poin sebanyak mungkin di sesi MSI ini. ALI AMIKOM, jagoan lokal, berhasil masuk ke posisi kedua di sisa waktu 28 menit. Menggusur Shaburi ke posisi ke-3 dan PM Gan ke posisi ke-4. Mendekati sisa waktu 20 menit, kejar skor membuat posisi 5 – 8 terus berganti, membuat suasana turnamen menjadi menarik.

Membutuhkan poin untuk lolos ke final, Hexatekno berhasil mencatatkan skor yang membawa mereka ke posisi 2. Namun, posisi itu direbut lagi oleh ALI AMIKOM, sementara posisi 4 – 6 terus berubah seiring peserta mencatatkan skor. Posisi sementara di penghujung sesi ini tidak berubah, tetapi skor makin ketat, dan ternyata, skor ketat ini tidak berubah, dan 3 besar dihuni oleh Kintan, ALI AMIKOM, dan Hexatekno.

AOCT - 212

Mengintip scoreboard sementara setelah bagian pertama dari sesi MSI, ada 3 tim yang sangat ketat bersaing memperebutkan posisi ke-4, yang merupakan batas terakhir lolos ke babak final. Oleh karena itu, tiga tim tersebut harus berjuang mengerahkan semua kemampuan di benchmark 3DMark 11 Entry dengan Intel Stock HSF ini. Sayangnya, berbeda dengan bagian awal dari sesi MSI ini, peserta kali ini mencatatkan skor dengan lambat, hanya 5 tim yang berhasil mencatatkan skor di sisa waktu 20 menit, dengan Kintan kembali ada di posisi teratas, disusul Hexatekno dan Mining Dept.

Endok Ceplok, yang memang membutuhkan poin untuk lolos ke final, berhasil mendapatkan skor yang membawa mereka ke posisi kedua, memperbesar peluang mereka untuk lolos. Akhirnya, hingga waktu berakhir, posisi 3 besar di bagian kedua dari sesi terakhir ini tidak berubah. Kintan, Endok Ceplok, dan Hexatekno menjadi 3 yang terbaik di sini.

Berakhirnya sesi ini menjadi akhir juga bagi 8 tim yang berpartisipasi di AOCT 2017: A New Challenge ini. Hanya 4 tim dengan total poin tertinggi yang berhak bertanding besok, di babak final. Tim peringkat 1 akan melawan peringkat 4 di semi-final, dan tim peringkat 2 akan melawan peringkat 3. Lalu, siapa saja yang akan masuk ke final? Siapa juga yang akan memenangkan hadiah dari setiap sesi motherboard?

 

Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
News | September 6, 2017 | Comments

Mengapa Lomba OC Pakai SSD?

AOCT 2017: A New Challenge telah selesai digelar per hari Senin, 4 September lalu. Bila Anda mengkuti artikel-artikel kami dari turnamen OC khusus OCer amatir yang disponsori beberapa perusahaan ternama
Read More »