in: News | September 7, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Peringkat HWBOT OCer Indonesia Setelah AOCT/OCWC 2017

AOCT - 508

“Pesta overclocker” di Yogyakomtek 2017 telah berlalu! Puluhan overclocker Indonesia, baik yang berstatus amatir maupun profesional, telah berkompetisi di turnamen yang digelar Jagat Review, Jagat OC, bersama dengan HWBOT, dan didukung beberapa sponsor seperti Intel, ASUS, Biostar, Gigabyte, MSI, Corsair, WD, LG, dan Seasonic ini. Tentu saja, sebagai imbas dari “pesta overclocker” ini, terjadi beberapa hal yang mempengaruhi ranking dari para overclocker Indonesia di klasemen pada situs database overclocking terbesar Dunia, HWBOT.

 

Penjelasan singkat Kelas Overclocker di HWBOT

Secara umum, database HWBOT memiliki beberapa ‘kelas’ overclocker, yang utama adalah:

  • Kelas ‘Enthusiast‘ : Overclocker di Kelas ini menggunakan pendingin ambient (air/watercooling), dan menggunakan semua hardware versi retail(bukan engineering sample)
  • Kelas ‘Extreme‘: Overclocker di Kelas ini tidak memiliki batasan cooling, seringkali mereka menggunakan pendingin ekstrim seperti Liquid Nitrogen dan Dry Ice. Mereka masih menggunakan hardware versi retail.
  • Kelas ‘Elite‘: Overclocker Kelas Elite adalah overclocker profesional yang kadang disponsori vendor hardware untuk melakukan berbagai testing, mereka seringkali terlihat menggunakan hardware yang belum rilis(engineering sample). Tentu, tidak ada batasan cooling bagi overclocker Pro di kelas ini.

 

Pergantian Pimpinan Klasemen Overclocker Enthusiast

Ivan_Chandra_FinalOCWC

BlueFiber(kiri), dan IvanCupa(kanan), berpose dengan Alva ‘Lucky_n00b’ setelah sesi training LN2 selesai sebelum OCWC dimulai

Salah satu imbas dari AOCT/OCWC 2017 ini adalah terjadi pergantian pimpinan klasemen overclocker enthusiast. Sebelum turnamen digelar, IvanCupa dan BlueFiber menjadi dua overclocker dengan poin tertinggi di kategori enthusiast. Namun, dua overclocker tersebut berpartisipasi di OCWC 2017 – Yogyakarta, sehingga membuat mereka berdua ‘naik kelas’ ke kategori extreme.

Overclocking, overclocking, and much more! Like overclocking. 9-7-2017, 10-35-06 AM

Sebagai pengganti IvanCupa, di puncak klasemen enthusiast kini ada hanny_chris. Overclocker asal Surabaya ini kini ada di puncak klasemen, karena sebelumnya dia tepat ada di bawah BlueFiber, di posisi ketiga. Sementara, lukasb dan adiath kini berada di posisi dua dan tiga klasemen enthusiast.

 

 

IvanCupa Masuk ke 3 Besar Overclocker Extreme Indonesia

Ivan Rachmatsyah Akbar a.k.a 'IvanCupa'

Ivan Rachmatsyah Akbar a.k.a ‘IvanCupa’ – sekarang no.3 Extreme League Indonesia

Setelah “terpaksa” pindah ke kelas extreme, dan meninggalkan posisi satu klasemen yang dia pegang, bagaimana posisi IvanCupa di klasemen extreme? Ternyata, dia langsung masuk ke posisi 3 di klasemen extreme, hanya di bawah bboyjezz, overclocker yang sudah beberapa waktu menduduki posisi tertinggi, serta speed.fastest yang ada di posisi kedua.

Overclocking, overclocking, and much more! Like overclocking. 9-7-2017, 10-35-28 AM

M. Farid Abdat 'speed.fastest'

M. Farid Abdat ‘speed.fastest’, rank# 2 Extreme League Indonesia

Menariknya, selain menduduki posisi ketiga di klasemen extreme, IvanCupa juga mengungguli overclocker extreme yang sudah lama berada di kelas extreme, seperti rhodie, ekky jengkol, Coldest, dan slythz. Hal ini bisa dikatakan wajar, mengingat Coldest, ekky jengkol, dan slythz tampaknya sudah tidak terlalu aktif di ranah overclocking karena kesibukan mereka. Namun, tetap saja apa yang berhasil dicapai IvanCupa ini patut diberi apresiasi. Good job, IvanCupa!

Klasemen Keseluruhan Overclocker Indonesia

Lalu, bagaimana dengan klasemen keseluruhan overclocker Indonesia? Apakah ada perubahan dengan posisi di klasemen setelah AOCT/OCWC 2017? Berikut ini adalah klasemen per tanggal 7 September 2017, sehari setelah AOCT/OCWC 2017:

Overclocking, overclocking, and much more! Like overclocking. 9-7-2017, 10-37-11 AM

Posisi 20 besar overclocker Indonesia di HWBOT kini sepenuhnya dikuasai oleh overclocker dari kelas extreme dan elite. Hal ini terjadi karena IvanCupa dan BlueFiber, wakil enthusiast di 20 besar, pindah ke extreme. Selain itu, ada beberapa hal menarik lain di klasemen baru ini.

Alva Jonathan 'Lucky_n00b', Overclocker Pro no.1 Indonesia (foto: Intel Indonesia)

Alva Jonathan ‘Lucky_n00b’, Overclocker Pro no.1 Indonesia, dan Rank #16 Dunia (foto: Intel Indonesia)

Lucky_n00b, no.16 Dunia saat artikel ini rilis

Lucky_n00b, no.16 Dunia saat artikel ini rilis

Alva “Lucky_n00b” masih berada di posisi teratas dengan selisih poin yang nampak cukup jauh dari rekan-rekan overclocker lain senegara. Tidak heran, overclocker Pro no.1 Indonesia ini cukup aktif di berbagai kompetisi overclocking, dan beliau sendiri adalah satu-satunya overclocker Indonesia yang ada di ranking top 20 Dunia.

Namun, tepat di bawahnya, kini bertengger Jesse bboyjezz, yang baru saja merebut posisi kedua dari Hazzan. Hal ini mungkin saja disebabkan karena Hazzan sendiri nampak sudah mengumumkan bahwa beliau resmi pensiun dari ranah OC kompetitif sekitar 10 bulan yang lalu.

Jesse 'bboyjezz'

Jesse ‘bboyjezz’ – Rank #1 Extreme Overclocker di Indonesia

Hasan Jadid a.k.a 'Hazzan', terakhir terlihat menjuarai HWBOT World Tour 2016 Yogyakarta

Hasan Jadid a.k.a ‘Hazzan’, mantan overclocke rno.1 Indonesia yang terakhir terlihat menjuarai HWBOT World Tour 2016 Yogyakarta sebelum menyatakan pensiun dari competitive overclocking

 

Di bawah ketiga overclocker tersebut, terdapat speed.fastest dan IvanCupa di posisi 5 besar. Sementara, BlueFiber, yang baru saja masuk ke kelas extreme, bersama IvanCupa, berada di posisi ke-13. Overclocker lain yang ikut berpartisipasi di OCWC, rhodie, ada di posisi ke-6, sandlewood di posisi ke-15, dan r0yal_flush di posisi ke-14.

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
News | September 2, 2017 | Comments

AOCT 2017: 12 Peserta Babak Kualifikasi

Babak audisi AOCT 2017 akhirnya selesai! Seluruh tim yang hadir hari ini telah menyelesaikan tugas mereka dalam mencoba meraih hasil terbaik di tantangan max. memory clock. Secara keseluruhan, 10 tim
Read More »