in: General | January 13, 2018 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Analisis & Tuning GeForce GTX 1080 Max-Q: Overclocking Acer Predator Triton 700

Test 4: Performance

Sekarang, kami akan melakukan uji performa singkat, yang kami lakukan dengan:

  1. Benchmark 3DMark Fire Strike (Graphics Score)
  2. Game The Witcher 3 (1920×1080, Preset Ultra, HairWorks ON)

*klik untuk memperbesar*

Mode NORMAL – 3DMark Fire Strike Graphics Score: 18517

 

Mode TURBO – 3DMark Fire Strike Graphics Score: 19569

 

Mode MANUAL (+200/+600) – 3DMark Fire Strike Graphics Score: 19942

 

The Witcher 3 – 1080p Ultra

witcher3_SS

 

Kesimpulan

Cooling

Salah satu faktor yang ingin kami highlight di sini adalah solusi cooling yang terpasang pada Acer Predator Triton 700. Pada gaming notebook yang mengutamakan form factor tipis, desain cooling adalah bagian sangat krusial untuk menjaga reliability dan juga performance dari berbagai komponen yang terpasang. Performa cooling yang buruk umumnya akan membuat CPU dan GPU menurukan kecepatan-nya(throttling), dan membuat performa overall turun. Triton 700 dilengkapi cooler yang bisa menjalankan semua komponen yang terpasang (CPU Core i7-7700HQ dan GTX 1080 Max-Q) tanpa throttling untuk menjaga performa optimal.

Sebagai tambahan Triton 700 memiliki fitur kontrol fan pada software PredatorSense, supaya penggunanya bisa mencari batas trade-off antara kebisingan dan suhu operasional sesuai kebutuhan mereka.

  • Mode AUTO (Coolboost ON): Mode default, putaran RPM fan menyesuaikan dengan load. Kipas cukup Silent saat idle. Suhu di bawah 80C selama pengujan kami.
  • Mode MAX: Kecepatan maksimal, paling bising, namun performa cooling maksimal (cocok untuk overclocking)

Pada mode MAX di saat 3DMark Stress Test, suhu operasional GPU turun 7 C (dari 79C ke 72C).

 

Overclocking

Mengingat GTX 1080 Max-Q adalah GPU yang dioptimalkan untuk menjaga performance per watt optimal, profil clockspeed-nya umumnya diset ke level lebih rendah dari GTX 1080 non Max-Q. Overclocking GTX 1080 Max-Q ini bisa sedikit memberikan performa ekstra. Triton 700 memiliki profil one-click overclock pada Triton 700, yang bisa diaktifkan dengan mengakses mode ‘Turbo’ pada software PredatorSense untuk performa lebih baik dari default.

Mode Turbo ini meng-overclock GPU GTX 1080 Max-Q ke sekitar 1450Mhz GPU Boost Clock (saat menjalankan 3DMark Stress Test) dari defaultnya yang ada di kisaran 1350Mhz, kemudian kecepatan Video RAM(VRAM) dari ‘GDDR5X 5 Ghz / Effective 10Gbps ditingkatkan jadi ‘GDDR5X 5.4 Ghz’ / effective 10.8Gbps. Untuk overclocking yang lebih jauh lagi, masih bisa dilakukan dengan tool seperti NVIDIA Inspector, dengan menambahkan clockspeed GPU +200Mhz dan juga +600Mhz pada Video RAM

Peningkatan performa karena overclocking bergantung pada aplikasi , berkisar antara 5-6% pada Profil TURBO, dan sekitar 8-9% saat melakukan Manual OC.

Sebagai tambahan, saat kecepatan fan diset ke MAX, overclocking GPU baik dengan profil Turbo maupun OC manual tidak meningkatkan suhu operasional GPU, GPU yang di-overclock tetap suhunya ada di 70 – 72C pada 3DMark Fire Strike Extreme Stress Test.

 

 

Penutup

Predator Triton 700 – mampu tangani 3 Display (HDMI + DP + TB )

Analisis singkat kami pada Acer Predator Triton 700 sedikitnya memberikan sedikit gambaran mengenai GPU GeForce GTX 1080 Max-Q, dimana GPU tersebut jelas sekali dioperasikan pada frekuensi di bawah kebanyakan GTX 1080 tanpa Max-Q (kami berasumsi NVIDIA juga memberikan voltage rendah pada GPU), dan juga dilengkapi ‘power limit’ yang siap menjaga GPU tersebut untuk tidak menghasilkan thermal output yang terlalu mengerikan, sehingga bisa dipasangkan pada notebook tipis seperti Predator Triton 700 yang memiliki ketebalan kurnag lebih 18.9mm. Overclocking yang diberikan pada utility Predator Sense bisa memeras kinerja GTX 1080 Max-Q, namun kami nampak menemui ‘power limit’ yang membuat clockspeed GPU ini tidak bisa beroperasi lebih tinggi lagi meskipun di-overclock secara manual.

Secara keseluruhan, persentase peningkatan performa yang ada bisa dilihat dari naiknya skor benchmark sintetis, namun bisa jadi efeknya akan kurang terasa bagi Anda yang sudah memainkan game di kisaran ratusan FPS. Meski demikian, kami menghargai usaha Acer yang berani mem-push GeForce GTX 1080 Max-Q pada limit-nya, dan hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah dan stabil tanpa perubahan suhu yang berarti.

Sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya di JagatOC ;)

BONUS: PUBG 1080p Ultra saat GeForce GTX 1080 MaxQ di-OC – mendapat rata-rata 88 FPS

 

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES