in: General | January 26, 2018 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Eksperimen: Delidding Intel Coffee Lake + Liquid Metal TIM (Thermal Grizzly Conductonaut)

Penggantian TIM

Kelengkapan dari TIM Thermal Grizzly Conductonaut (sumber: www.caseking.de)

Setelah CPU di-delid dan TIM dibersihkan, saatnya mengganti TIM ke Conductonaut.

Menggunakan Conductonaut akan terasa agak ‘aneh’ bagi Anda yang tidak biasa menggunakan Liquid Metal TIM. Sederhananya, yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Tekan syringe Conductonaut secara sangat perlahan untuk mengeluarkan setitik gumpalan liquid metal thermal paste. Untuk ukuran die Coffee Lake, Anda membutuhkan kurang lebih gumpalan TIM sebesar 1/4 butir nasi (jangan terlalu banyak!)
  • Ratakan gumpalan tersebut dengan cotton bud(tersedia pada paket penjualan) supaya merata di die prosesor. Anda juga bisa menambahkan sedikit pada IHS prosesor untuk memastikan kontaknya optimal
  • Yang Anda cari adalah lapisan tipis dari paste liquid metal ini.

 

Thermal Paste dari IHS ke Heatsink – Thermal Grizzly Kryonaut

Berikutnya, CPU dipasang kembali ke motherboard(kami memilih untuk tidak mengelem kembali IHS CPU-nya, karena kami masih akan menggunakan CPU ini untuk banyak eksperimen lain). Sebagai informasi tambahan, untuk paste dari IHS CPU ke Heatsink, kami menggunakan Thermal Grizzly Kryonaut.

(Mengapa bukan Conductonaut? Karena kami merasa transfer panas dari IHS CPU ke Heatsink tidak sebegitunya problematik dibandingkan transfer dari CPU die ke IHS)

                                                                                                                            

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
News | December 31, 2017 | Comments

Tahun 2017 di Mata Overclocker

Tahun 2017 akan berakhir dalam beberapa saat. Momen pergantian tahun belum lengkap nampaknya kalau belum disertai dengan rangkuman singkat mengenai apa saja yang menarik di tahun ini. Satu hal yang pasti
Read More »