in: Budget OC - General - VGA | January 21, 2018 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Overclocking NVIDIA GeForce GT 1030 : Galax / Gigabyte / MSI

Kesimpulan

Selain menjadi kartu grafis berbasis pascal termurah saat artikel ini dirilis. NVIDIA GeForce GT 1030 menunjukkan overclockability yang menarik, dan dapat dengan mudah ditingkatkan performanya. Perlu dicatat juga bahwa faktor yang menarik adalah GeForce GT 1030 dapat di-overclock tanpa membebani solusi pendingin VGA-nya, dan juga tanpa kenaikan konsumsi daya yang signifikan. Extra performance for free!

GT 1030 OC, Menambah Framerate game PUBG

Satu hal yang masih mengganggu di pikiran kami saat melakukan overclocking GeForce GT 1030 adalah mekanisme power limit yang tidak bisa di-setting sama sekali, yang membuat peningkatan clock GPU agak sedikit ‘tertahan’ karena faktor ini. Kami masih belum yakin modifikasi seperti apa yang bisa membuat kami bisa memaksa clock GT 1030 lebih tinggi lagi saat ini.

 

Saran Setting

Dari ketiga VGA yang kami uji, ketiganya nampak tidak memiliki masalah menjalankan setting:

  • Base Clock Offset (GPU) : +150Mhz
  • Memory Clock Offset: +500Mhz 

Setting di atas akan menghasilkan clock GPU sekitar 1800 – 1850 Mhz tergantung load yang diterima, dengan Video RAM ada di 1750Mhz (7Gbps).

Kami juga bisa mengaplikasikan setting +200Mhz atau lebih pada GPU Base Clock Offset, tapi kadang kami menemui ketidakstabilan (bergantung pada load-nya), Video Memory pada GT 1030 juga nampak bisa dijalankan pada 1850Mhz (setting +700Mhz) kalau chip GDDR5 yang terpasang di VGA Anda cukup bagus.

Tentu nilai yang kami sarankan ini hanya sebagai referensi, dan solusi yang terbaik adalah melakukan pengujian pada VGA GT 1030 Anda sendiri.

Bonus: Skor 3DMark Fire Strike Graphics tertinggi selama pengujian

Sebagai bonus, ini adalah setting dan skor 3DMark Fire Strike Graphics tertinggi yang kami dapatkan pada Galax GT 1030 EX OC:

*klik untuk memperbesar

*klik untuk memperbesar

Berbekal memory dengan IC Samsung yang bisa berjalan di 2000Mhz (8Gbps), dan GPU yang berjalan dengan setting +230Mhz (kurang lebih 1.9 – 1.93Ghz boost), kami mendapat skor 3DMark Fire Strike Graphics sebesar 4286.

 

 

GeForce GT 1030 OC vs GT 730 / GTX 750 / GTX 1050

Dengan kemampuan overclocking seperti yang kami tunjukkan, pastinya banyak diantara Anda yang bertanya sejauh mana kemampuan GeForce GT 1030 jika dibandingkan dengan GPU-GPU lain yang kelasnya setara. Untuk itu, kami melakukan perbandingan dengan GeForce GT 730 2GB (GK 208), GTX 750 1GB, dan juga GTX 1050 2GB, menggunakan benchmark 3DMark Fire Strike Graphics. Berikut hasilnya:

*klik untuk memperbesar

Dalam keadaan default, GT 1030 jelas jauh mengungguli generasi GT 730 Kepler dengan performa sekitar 2x-nya. Setelah di-overclock, GT 1030 bisa sedikit mengungguli GTX 750 (polos, Non-Ti), namun masih cukup jauh di bawah GTX 1050.

 

Penutup

Dibandingkan seri GTX 10-series yang terdekat seperti GTX 1050, GT 1030 yang di-overclock sekalipun masih menunjukkan perbedaan performa yang cukup lebar, jadi nampaknya cukup wajar kalau 1030 belum menyandang gelar ‘GTX’. Meskipun demikian, sebagai GPU kelas low-end, performanya cukup baik untuk jadi solusi alternatif pengguna berbudget terbatas, dan masih lebih powerful dari VGA low-end generasi sebelumnya. Dengan overclock, Anda bisa kurang lebih meningkatkan performa-nya sekitar 10-15% lagi, menyamai kelas GTX 750.

Kami baru sempat menguji tiga buah GT 1030 (Galax, Gigabyte, MSI), dan meskipun desain PCB-nya berbeda-beda, kami menemui bahwa karakteristik overclocking-nya cukup setara. Ini terjadi karena selain variabel clock dan setting fan, tidak ada variabel lain yang bisa kami ganti di GT 1030 – tidak ada penggantian voltage, tidak ada power limit. Satu hal yang harus kami catat adalah nampaknya tidak ada standar tertentu untuk chip video memory pada GT 1030, sehingga faktor keberuntungan akan menentukan chip RAM apa yang Anda dapat. Anda yang beruntung mendapat IC Samsung seperti Galax GT 1030 EX OC kami bisa mendapat overclockability memory yang cukup menarik – hingga 8Gbps.

Berbicara soal cooling, sesuai dengan data pengujian kami dimana overclocking tidak terlalu mempengaruhi suhu operasional, kami rasa dalam keadaan OC pun Anda bisa tetap menggunakan fan dalam keadaan default/AUTO. Bagi Anda yang menyukai kesunyian, VGA dengan ukuran kecil seperti Galax yang kami uji di sini memiliki suara fan paling bising saat kecepatannya dimaksimalkan, di sisi lain, MSI memiliki cooling terbaik dibanding VGA lain pada pengujian ini dan bisa menjaga suhu GPU pada kisaran 44-45 C.

Sejauh pengujian ini berjalan, kami tidak menemui kejadian dimana suhu mempengaruhi hasil overclocking, karena VGA dengan suhu tertinggi seperti Gigabyte yang ada di pengujian kami pun masih beroperasi dengan baik pada suhu 60 C tanpa kehilangan overclockability. Pada GT 1030, nampaknya solusi pendingin yang diberikan ke-3 vendor ini sudah mencukupi.

Semoga informasi yang kami berikan seputar overclocking VGA murah GeForce GT 1030 bisa berguna bagi Anda yang memiliki VGA ini, sampai jumpa di pengujian lain selanjutnya!

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
News | December 31, 2017 | Comments

Tahun 2017 di Mata Overclocker

Tahun 2017 akan berakhir dalam beberapa saat. Momen pergantian tahun belum lengkap nampaknya kalau belum disertai dengan rangkuman singkat mengenai apa saja yang menarik di tahun ini. Satu hal yang pasti
Read More »