in: News | April 27, 2018 | by: Ivan R. Akbar

ADATA Luncurkan Memori XPG Spectrix D80

Sebuah produk yang terbilang unik baru saja diluncurkan ADATA untuk lini memori mereka. Perusahaan yang dikenal memiliki produk di bidang memori dan storage ini baru saja merilis ADATA XPG Spectrix D80. Hal yang membuat memori ini unik adalah ADATA menggunakan hybrid air-liquid cooling untuk mendinginkan modul memori ini dengan lebih baik, pertama di dunia.

Prototipe memori ini sudah ditampilkan di CES 2018 dan PAX East 2018 lalu, tetapi ADATA baru selesai menyempurnakan produk ini dan baru saja meluncurkannya. Produk yang sebelumnya disebut sebagai Jellyfish RAM ini tentu saja hadir dengan standar DDR4, yang banyak dipakai saat ini, dengan kecepatan mulai dari DDR4-2400 hingga DDR4-3600. XPG Spectrix D80 ini hadir dengan PCB 10-layer untuk menjamin stabilitas, chip DRAM kualitas tinggi, dan kompatibilitas dengan platform Intel dan AMD terbaru.

Sistem pendingin yang diusung, hybrid air-liquid cooling, dibangun dengan kombinasi heatsink aluminium dan cairan non-konduktif dengan titik didih rendah. ADATA menyebutkan bahwa cairan non-konduktif untuk pendingin hybrid ini sudah di-seal rapat di dalam sistem pendingin, sehingga mengurangi resiko kebocoran. Sistem pendingin hybrid ini diharapkan membantu menjaga performa memori kit baru ini.

Seperti memori kelas atas di era saat ini, ADATA juga menyematkan fitur RGB Lighting di XPG Spectrix D80 ini. Menariknya, sistem tata cahaya ditempatkan dekat dengan sistem pendingin cairan, sehingga akan menampilkan efek yang unik saat cairan terkena cahaya dari LED. Tampilan efek juga dapat diatur pengguna melalui aplikasi yang disediakan oleh ADATA.

Sejauh ini, ADATA menyebutkan di situs resmi mereka bahwa memori ini akan tersedia dalam opsi paket single-channel, dual-channel, dan quad-channel. Opsi kapasitas yang tersedia untuk memori ini adalah 8 GB atau 16 GB per keping, yang berarti menawarkan kapasitas total hingga 64 GB untuk paket quad-channel atau 32 GB untuk paket dual-channel. Memori ini disebut akan dipasarkan dengan harga sekitar USD 199 untuk paket dual-channel DDR4-2666 dengan kapasitas total 16 GB.

Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
Motherboard - Review | August 6, 2018 | Comments

Overclocking Review: MSI B450 TOMAHAWK

Beragam vendor motherboard sudah mulai menunjukkan rancangan terbaru mereka berbasis chipset AMD B450. Chipset tersebut sebenarnya tidak menawarkan banyak fitur berbeda dibanding B350 pendahulunya(kecuali Precision Boost Overdrive dan AMD StoreMI),
Read More »