in: Motherboard | April 25, 2018 | by: Ivan R. Akbar

Hands-On Overclocking Gigabyte AB350N Gaming WiFi

Persiapan Extreme Overclocking

Setelah memastikan melakukan pengujian awal, kami melanjutkan dengan persiapan untuk extreme overclocking. Tentunya, sebelum memulai pengujian extreme overclocking dengan Liquid Nitrogen, board harus diinsulasi untuk mencegah terjadinya kondensasi. Kali ini, kami memilih metode insulasi dengan kneaded eraser. Mengingat AB350N Gaming WiFi adalah board dengan form factor Mini ITX, maka kami memutuskan untuk membungkus seluruh PCB & komponen board ini, karena nantinya seluruh board kemungkinan akan membeku.

BIOS OC Options

Berikut adalah setting BIOS yang kami aplikasikan saat memulai pengujian dengan liquid nitrogen.

Inilah tampilan home menu dari BIOS Gigabyte AB350N Gaming WiFi.

 

Untuk setting awal, kami menetapkan 40.00 pada pilihan multiplier CPU agar CPU kami berjalan pada 4 GHz. Berikutnya, untuk setting memori, kami menggunakan kecepatan DDR4-2666 dan mengatur timing secara manual ke 14-16-16-34-1T (tCL-tRCD-tRAS-tRP-Command rate). Lalu, di menu pengaturan voltase, kami menetapkan setting 1.35v pada CPU vCore & 1.15v pada vCore vSOC, serta 1.45v pada DRAM Voltage.

Setting ini dilakukan hanya sebagai setting awal saja. Nantinya, kami akan melakukan pengaturan lain, secara on the fly, melalui aplikasi Gigabyte Tweak Launcher (GTL). Namun, hal itu tidak berlaku untuk memori dan pengaturan memori harus tetap dilakukan lewat BIOS. Berikut ini adalah screenshot setting BIOS awal kami:

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
Tips | July 24, 2018 | Comments

Eksperimen: Tuning Aspect Ratio ke 32:9

Kadang-kadang ada beberapa hardware PC yang cukup menarik untuk membuat pengalaman berkomputer menjadi sangat berbeda. Beberapa hari lalu, rekan kami di JagatPlay tengah mencoba sebuah monitor 49″ dari Samsung yang
Read More »