in: General - Review | August 7, 2018 | by: Chandra Wijaya

Overclocking & Review: Corsair Vengeance RGB PRO DDR4-3200CL16 16GB Kit (di platform Intel Z370 & AMD X470)

Part 1 – XMP (Extreme Memory Profile) + Frequency Overclocking

Pada pengujian ini, kami akan me-load profil XMP dari RAM-nya, lalu mencoba melakukan overclocking pada setting frekuensi-nya.

 

Intel:

Untuk mendapatkan konfigurasi kecepatan RAM sesuai rating pada box-nya, maka setting XMP di BIOS harus diaktifkan. Proses mengaktifkan profil XMP RAM ini sangat mudah pada motherboard MSI Z370 Godlike Gaming yang kami gunakan. Pengguna hanya perlu masuk ke TAB OC dan memilih untuk mengkatifkan menu Extreme Memory Profile, dengan memillih opsi Enabled.

Kemudian masuk ke dalam menu Advanced DRAM Configuration dan set timing utama seperti dibawah ini:

 

 

Setelah mengaktifkan profile XMP maka kami mencoba menaikan frekuensi memori tanpa mengubah variable apa-pun lagi selain apa yang telah dilakukan diatas


kami mencoba dari DDDR4-3333 hingga DDR4 4133 dan berikut adalah hasil yang didapatkan:

*Klik untuk memperbesar

Terlihat bahwa Memory Corsair ini pada Timing XMP dan DRAM Voltage 1.35v masih dapat lolos benchmark 3DMark11 Physics sebanyak 5x pada kecepatan DDR4-3733. Dengan hal tersebut kami bisa melihat bahwa memori ini masih memiliki headroom overclocking yang luas.

Platform AMD:

Sama seperti platform Intel untuk mencapai kecepatan RAM ini sesuai rating pada box-nya, maka setting A-XMP pada menu di BIOS harus diaktifkan. Proses mengaktifkan profile A-XMP RAM ini sangat mudah pada motherboard MSI X470 Gaming M7 AC: Anda hanya perlu masuk ke TAB OC dan memilih untuk mengkatifkan menu A-XMP. Dengan memillih opsi Profile 1 atau Profile 2. Sebagai catatan, profil hanya akan ditemukan jika Anda menggunakan memori ini pada motherboard AMD milik MSI. Load profile 2 untuk mengatifkan kecepatan DDR4 3200 dengan timing CL16-18-18-36:

Kemudian masuk ke dalam menu Advanced DRAM Configuration dan set timing utama seperti dibawah ini:

Setelah mengaktifkan profile XMP maka kami mencoba menaikan frekuensi memori tanpa mengubah variable apa-pun lagi selain apa yang telah dilakukan diatas

kami mencoba untuk platform AMD ini dari DDDR4-3333 hingga DDR4 3866 dan berikut adalah hasil yang didapatkan:

Untuk platform AMD kami mendapatkan bahwa memori Corsair Vengeance RGB Pro yang kami miliki dapat lolos benchmark 3DMark 11 Physics sebanyak 5x pada kecepatan DDR3-3600. Pada kecepatan DDR4-3733 kami tidak mendapatkan bahwa memori ini dapat secara konstan lolos melewati 3DMark 11 Physics. Pencapaian frekuensi yang berbeda dengan platform Intel ini dapat berbeda dikarenakan adanya banyak faktor. Bisa saja dikarenakan pada platform AMD ada timing tertentu yang tidak disukai oleh memori tersebut, dan bisa juga dikarenakan faktor limitasi memory controller yang dimiliki oleh prosesor yang kami gunakan.

Dengan kedua hasil yang didapatkan ini membuktikan bahwa memori Corsair Vengeance RGB Pro ini masih memiliki headroom overclocking yang cukup besar baik untuk platform AMD dan juga Intel, mengingat bahwa rating RAM tersebut adalah DDR4-3200.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
Event - News | December 6, 2018 | Comments

GOC 2018: Persiapan dan Perjalanan Menuju Vietnam

Final GOC(Galax Overclocking Carnival) 2018 pun akhirnya datang! Setelah selesai melewati kualifikasi yang sangat sengit akhirnya Indonesia bisa menghadirkan 2 perwakilan. Ivan Rachmatsyah Akbar  ‘IvanCupa’ akhirnya dapat lolos dan menyusul
Read More »