in: Event | September 15, 2018 | by: Yufianto Gunawan

AOCT 2018: Ini Dia 8 Tim yang Lolos dari Audisi Hari Pertama!

Sepanjang hari ini, hari pertama Yogyakomtek 2018, babak audisi hari pertama AOCT 2018 digelar. Turnamen overclocking yang khusus ditujukan untuk overclocker amatir ini digelar oleh Jagat Review & tim Jagat OC atas dukungan dari Intel, VGen, ASRock, ASUS, dan Cooler Master. Separuh dari tim yang mendaftarkan diri ke turnamen ini telah melewati audisi mereka. Tim mana saja yang berhasil mendapatkan tiket untuk merasakan ketatnya babak kualifikasi yang akan dibumbui dengan “8 Challenge” ini?

Mencari “CPU Score” – Bukan Berarti OC CPU Saja!

Tantangan yang disediakan tim panitia AOCT 2018 untuk babak kualifikasi AOCT 2018, adalah benchmark 3DMark Time Spy CPU Score. Walaupun disebut sebagai CPU Score, bukan berarti peserta hanya sekadar butuh meningkatkan clock speed prosesor saja. Ada beberapa hal lain yang juga butuh dilakukan untuk mendapatkan skor tinggi yang akan membuat mereka punya kemungkinan untuk lolos ke babak kualifikasi.

Berikut ini adalah spesifikasi sistem yang digunakan oleh para peserta di babak audisi ini, yang tentu saja disusun dengan hardware yang disediakan oleh para pendukung acara:

  • Prosesor: Intel Core i 8th Gen. K-Series
  • RAM: VGen Tsunami DDR4-2666
  • Motherboard:
    • ASRock Z370 Extreme 4
    • ASUS Maximus X Apex
  • SSD: VGen 120 GB
  • PSU: Cooler Master V850
  • Monitor: LG 24MP88HM-S

 

Sistem berbasis motherboard ASUS

Sistem berbasis motherboard ASRock

Sebagai informasi tambahan, sistem serupa juga akan kembali digunakan di audisi hari kedua, tetapi dengan kombinasi yang berbeda. Hal itu memastikan tidak ada tim di audisi hari kedua yang akan mendapatkan “keuntungan” karena mereka punya waktu lebih banyak untuk mempelajari tantangan yang ada. Hal ini, tentu saja, merupakan bagian dari AOCT itu sendiri, yang ditujukan untuk “mendidik” overclocker amatir Indonesia agar memiliki pengetahuan dan pengalaman yang memadai untuk overclocking kompetitif.

Hal Penting dari Babak Audisi – Hari Pertama

Ya, kembali lagi ke tujuan tersebut, ada hal yang dirasa perlu diperhatikan dari babak audisi hari pertama ini. Hal tersebut adalah perhatian dari peserta, yang ternyata masih ada yang kurang memperhatikan detail-detail audisi yang ada. Salah satu bukti dari hal tersebut adalah masih ada beberapa peserta yang tidak tahu apa yang harus mereka kerjakan di babak audisi, sementara detail audisi sendiri sudah dijelaskan oleh Master Judge AOCT 2018, Alva “Lucky_n00b” Jonathan, termasuk benchmark yang digunakan.

Semoga hal ini tidak terulang lagi di audisi hari kedua, yang akan digelar besok.

8 Tim Peserta Kualifikasi – dari Audisi Hari Pertama

Terlepas dari hal di atas, dari 24 tim yang beradu kemampuan di audisi hari pertama, hanya 8 tim, atau 1/3 dari total peserta di hari pertama ini, yang akan berlaga di babak kualifikasi, Senin atau Selasa mendatang. Tentu saja, kedelapan tim tersebutlah yang berhasil menjalankan tugas mereka dengan baik, mencatatkan skor tinggi di benchmark yang sesuai dengan diminta. Ini adalah kedelapan tim tersebut:

Tim ZTR13 lolos melalui tie breaker max. total memory clock atas tim Elite.

Secara umum, apa yang diperlihatkan oleh peserta di audisi hari pertama ini sudah cukup sesuai dengan gambaran overclocker amatir, yang memang menjadi target dari AOCT 2018 ini, terutama untuk kedelapan tim yang lolos ke babak kualifikasi. Melihat hasil ini, ada kemungkinan adu kemampuan yang menghasilkan skor-skor yang cukup ketat akan terjadi di babak kualifikasi di AOCT 2018 ini. Ini tentu saja menjanjikan AOCT yang menarik untuk diikuti.

Tim-tim tersebut akan kembali berhadapan dengan set hardware yang kurang lebih sama, yang disediakan oleh Intel, VGen, ASRock, ASUS, dan Cooler Master, di babak kualifikasi nanti. Namun, sebelum itu, masih ada satu babak kualifikasi lagi yang akan digelar besok, menampilkan tim yang belum berlaga di audisi hari pertama, melengkapi total 49 tim peserta AOCT 2018, yang merupakan rekor tersendiri untuk AOCT, sebuah lomba overclocking offline. Penasaran dengan sepak terjang tim-tim di audisi hari kedua? Nantikan laporan kami dari JEC, Yogyakarta, lokasi Yogyakomtek 2018, besok!

Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES