in: Easy OC - Review | October 11, 2018 | by: Chandra Wijaya

Hands-On Feature: Asus ROG AI Overclocking (di ROG Maximus XI Hero Wi-Fi)

Setelah sebelumnya kami melakukan hands-on motherboard ROG Maximus XI Hero Wi-Fi, kami menemukan sebuah fitur terbaru dari Asus yang sangat menarik perhatian kami. Fitur terbaru yang kami temukan pada ROG Maximus XI Hero Wi-Fi ini adalah AI Overclocking. Fitur terbaru dari Asus ini sendiri menurut kami merupakan sebuah game changer yang kembali dihadirkan oleh Asus. Fitur AI Overclocking milik Asus ini sendiri baru pernah kami lihat pada motherboard dengan chipset Z390.

Anda juga dapat melihat hands-on Asus ROG Maximus XI Hero pada link dibawah ini:

Hands-On Asus ROG Maximus XI Hero Wi-Fi

Kehadiran AI Overclocking pada motherboard Asus dengan chipset Z390 ini akan membuat automatic overclocking menjadi semakin mudah. Pada generasi sebelumnya dengan chipset Z390 Asus menwarkan berbagai profile memberikan user 5GHz daily overclocking. Namun solusi profile tersebut masih tidak memberikan kenyamanan kepada banyak pengguna. Ketidaknyamanan tersebut dapat dihasilkan karena profile tersebut sudah fixed atau terpatenkan. Dan hingga saat ini juga masih sangat banyak user yang mau untuk melakukan fine-tune didalam BIOS untuk menyesuaikan sistem yang dimilikinya dengan profile tersebut. Alasan mengapa pengguna harus melakukan fine-tune adalah adanya faktor silicon lottery yang mungkin tidak mengizinkan prosesor pengguna tidak dapat berjalan sesuai profile yang disediakan.

ROG Maximus XI Hero: AI Overclocking!

Fitur terbaru dari Asus yakni AI Overclocking ini akan menjawab berbagai keluhan mengenai masalah yang kami sebutkan diatas. AI Overclocking milik Asus ini bukanlah hanya sekedar sebauh profile yang dapat di load user. AI Overclocking ini akan melakukan overclock kepada CPU yang anda miliki dan secara automatis serta melakukan adaptasi dengan kondisi sistem yang anda miliki! Sehingga dengan 1 menu AI Overclocking ini anda akan mendapatkan sistem yang ter-overclock tanpa perlu melakukan setting apapun.

*Sebagai catatan AI Overclocking ini hanya melakukan overclocking kepada CPU, dan komponen lainya tidak di overclock

Setting apa saja yang dilakukan oleh AI Overclocking?

Dengan AI Overclocking ini hanya melakukan overclock pada CPU, fitur ini sudah melakukan seluruh setting yang diperlukan untuk mengstabilkan overclock yang dilakukan bahkan menurut kami setting ini sudah mencapai batas tingkat daily overclocking. Setting yang juga ikut diatur oleh AI Overclocking ini adalah CPU Core ratio (Per Core), CPU Uncore ratio, Voltage setting adaptive, dan Loadline Calibration baik untuk load non-AVX dan AVX.

Adaptasi? Faktor apa saja yang dilihat mempengaruhi adaptasi AI Overclocking?

Dikarenakan AI Overclocking ini dapat beradaptasi dengan kondisi sistem, maka faktor utama yang akan mempengaruhi pencapaian AI Overclocking ini adalah suhu prosesor yang dalam artian lain adalah kemampuan cooler yang anda miliki. Yang cukup menarik adalah AI Feature yang mendukung AI Overclocking ini juga akan mengizinkan anda untuk mengatur tingkat aggresivitas AI untuk mengadaptasi kondisi sistem anda dengan pencapaian overclocking.

 

Ruang Lingkup Pengujian

Untuk melihat efek dari AI Overclocking, maka kami menyiapkan beberapa set benchmark yang akan digunakan untuk melihat seberapa besar pengaruh AI Overclocking. Berikut ini adalah benchmark yang kami gunakan:

  • Benchmark Sintetis: Cinebench R15, Geekbench 3, dan Geekbench 4

Spesifikasi Testbed

Berikut ini adalah spesifikasi sistem yang kami gunakan untuk menguji AI Overclocking

Processor        : Intel Core i7 8086K
Motherboard    : Asus ROG Maximus XI Hero Wi-Fi (BIOS Ver. 0506)
RAM                  : HyperX Predator DDR4-3466 CL16 2x8GB
VGA                  : NVIDIA GeForce GTX 1060 6GB Founders Edition
SSD                   : Samsung 950 Pro 250GB
PSU                  : Corsair HX850
CPU Cooler      : Cooler Master Masterliquid Lite 120
Display             : Dell S2340l
Input                 : Generic Keyboard & Mouse
OS                     : Windows 10 64-bit Spring Creator Update 1803

Anda juga bisa melihat artikel mengenai prosesor yang kami gunakan untuk pengujian pada artikel dibawah ini:

Intel Core i7 8086K

Sekarang mari kita mulai pengujian fitur AI Overclocking milik Asus ROG Maximus XI Hero ini!

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES