in: General - VGA | October 17, 2018 | by: Jagat OC Team

Preview: Galax GeForce RTX 2080 Ti HOF OC Lab WC Edition

GeForce RTX 2080 Ti adalah GPU kelas consumer tercepat di Dunia saat artikel ini rilis. Meskipun belum banyak software yang memanfaatkan arsitektur baru ‘Turing’ dan juga kemampuan Real-time Ray Tracing dari GeForce RTX 2080 Ti, raw performance dari GPU Turing TU102 di RTX 2080 Ti siap melibas berbagai game terbaru di resolusi tertinggi dengan detail ‘mentok kanan’. Performa gaming dari RTX 2080 Ti bisa dibilang ‘monster’ untuk standar tahun 2018.

Baca Juga:

Lebih Dekat Dengan GeForce RTX ‘Turing’

Meski RTX 2080 Ti sudah sebegitu cepatnya, akan selalu ada vendor Graphics Card yang memaksa GPU kelas teratas tersebut untuk tujuan mencapai performa tertinggi. Galax datang menjawab tantangan tersebut dengan merilis Galax GeForce RTX 2080 Ti HOF OC Lab WC Edition.

(Simak informasi lebih lengkap dari Galax GeForce RTX 2080 Ti HOF pada website resmi mereka ini)

 

Bagi Anda yang belum kenal dekat dengan brand Galax, seri HOF (Hall of Fame) besutan Galax adalah GPU yang dibuat dengan satu tujuan: memecahkan rekor benchmark. Pada seri HOF tersebut, Galax menunjukkan kebolehan para engineer mereka merancang sebuah Graphics Card yang tahan akan extreme overclocking dengan berbagai kondisi ekstrim(seperti penggunaan Liquid Nitrogen), memiliki regulator daya dengan rating tinggi, dan membuka berbagai setting untuk di-tune, demi kemampuan overclock setinggi-tingginya.

Ini bukan pertamakalinya Galax merancang card seri HOF, karena nama Galax sudah mendunia dikenal overclocker karena konsistensi mereka merilis card seri HOF(dan memecahkan rekor benchmark!).

Baca Juga:

Hands-on: Galax GTX 980 Ti HOF LN2 GOC Edition

GTX980Ti_GOC_02

 

RTX 2080 Ti Versi HOF

Beberapa waktu lalu, kami membeli sebuah unit Galax GeForce RTX 2080 Ti HOF OC Lab WC Edition untuk melakukan pengujian extreme overclocking GeForce RTX 2080 Ti. Harga VGA ini agak ‘absurd’ untuk standar VGA pada umumnya, dengan harga kurang lebih 1800 USD (dan kami membeli-nya sepaket dengan DDR4-4600 2x8GB Galax HOF Extreme, sehingga total beserta biaya lain-lain menjadi sekitar 36 Juta Rupiah).

Kami masih berencana melakukan pengujian lengkap pada sekitar awal November nanti, namun di artikel ini Anda bisa melihat Graphics Card tersebut lebih dekat ;)

 

Foto & dokumentasi oleh Ivan R Akbar ‘IvanCupa’, Editing oleh Alva Jonathan ‘Lucky_n00b’

 

Kemasan & Perlengkapan

 

 

Bitspower full-cover Waterblock: termasuk paket penjualan

 

 

HOF OC Panel

 

 

The Card

*resolusi Full HD, klik untuk memperbesar*

 

Voltage Regulator Module: 16 + 3 Phase

Quick Overview: Klik untuk memperbesar

 

MOSFET untuk GPU Power: IOR TDA21470

 

Sebuah IC yang belum pernah kami lihat datasheetnya, Infineon XDPE10281B. Kami menduga bahwa ini kontroller VRM untuk GPU Power.

 

Kontroller VRM untuk memory rail: uP9509P

 

GDDR6 power, 3-phase (per phasenya memiliki masing-masing 1 set MagnaChip MDU1514 dan MDU1511)

 

 

Kami belum melakukan analisis lengkap pada sirkuit VRM yang digunakan Galax RTX 2080 Ti HOF (dan juga belum mengetahui rail voltage apa saja yang ada di arsitektur baru ini), namun ada beberapa hal yang unik, seperti penggunaan MOSFET IOR TDA21470, mirip dengan MOSFET IOR TDA21472 pada Motherboard MSI X399 MEG CREATION (baca VRM breakdown-nya di sini) yang dikenal sangat powerful dibanding beberapa solusi MOSFET lain saat ini.

Ada juga beberapa komponen yang belum pernah kami lihat datasheet-nya, sehingga pembahasan ini harus kami update di waktu mendatang.

 

Pengujian Berikutnya: di Galax GOC 2018 Qualifier

Mungkin Anda bertanya-tanya “Buat apa membeli VGA semahal itu?” Ya, kami di JagatOC cukup yakin kalau kami bukan gamer, dan SANGAT jarang bermain game PC untuk rekreasi (kami bermain game biasanya hanya untuk pengujian performa).

Galax HOF series jika dibandingkan dengan Graphics Card pada umumnya, mungkin bisa dianalogikan seperti membandingkan Formula 1 dengan mobil sport biasa. VGA Card ini dibuat untuk di-push para overclocker melewati batasnya dan menghasilkan berbaga skor benchmark yang fantastis(dan mungkin mencapai World Record!). Dengan skenario penggunaan seperti ini, VGA tersebut juga bisa menguji kemampuan para overclocker.

Dan itulah tujuan dibelinya VGA ini, untuk mengikuti babak kualifikasi pertandingan overclocking Galax OC Carnival (GOC) 2018. (Galax RTX  2080 Ti HOF OC Lab adalah VGA resmi kompetisi tersebut)

Pada arena lomba yang mempertandingkan berbagai benchmark popular(seperti 3DMark Time Spy dan Time Spy Extreme) tersebut, Galax RTX 2080 Ti HOF ini akan diuji kemampuannya, sekaligus menguji kemampuan overclocker yang menjalankannya.

See you next time!

Sampai di sini dulu preview singkat kami, simak pengujian-pengujian lain dari GPU ‘monster’ ini pada artikel di waktu mendatang, hanya di JagatOC!

 

Bonus: Video Unboxing Galax RTX 2080 Ti HOF OC Lab


 

 

 

 

Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
Event - News | December 8, 2018 | Comments

GOC 2018: Live Update

Hari ini, 8 Desember 2018, kompetisi overclocking terbesar Dunia di tahun ini, Galax OC Carnival(GOC) 2018 resmi dimulai. Setelah melalui kualifikasi yang sengit dan keras, akhirnya 20(dua puluh!) overclocker terbaik
Read More »