in: General - Review | December 20, 2018 | by: Chandra Wijaya

Overclocking Review: EKWB EK-KIT S240 Watercooling Kit (di Core i9-7920X 12-Core)

Overclocking Intel Core i9 7920X + EK-KIT S240

Dalam proses melakukan overclocking Core i9 7920X ini kami pun mencoba menaikan voltage dan CPU Multiplier secara perlahan, mulai dari 1.1v hingga 1.225v (Seluruh pengaturan di lakukan di dalam BIOS).

Setelah prosesor di-overclock, kami menjalankan load sebuah benchmark sintetis Cinebench R15 (10x Loop). Selama pengujian ini berlangsung juga kami melakukan remount sebanyak 2x untuk memastikan bahwa kontak dari IHS dan Waterblock yang kami gunakan sudah baik. Kemudian juga setiap mounting cooler yang kami lakukan thermal paste selalu kami ratakan pada seluruh bagian IHS untuk memastikan konsistensi hasil.

 

 

Berikut ini hasil pengujian yang dilakukan:

1.1v @4.4GHz All Core

 

1.15v @4.5GHz All Core

 

1.2v @4.6GHz All Core

 

1.225v @4.7GHz All Core

 

Berikut ini adalah hasil data pengujian diatas :

Pada pengujian dengan menggunakan Core i9-7920X ini terlihat bahwa saat setting 4.6Ghz / 1.2v langsung didapatkan suhu operasi prosesor diatas 90 C ketika load Cinebench R15 dijalankan. Salah satu hal janggal yang juga kami jumpai adalah kami  merasakan radiator yang kami gunakan belum menjadi hangat pada kondisi seperti ini, bisa jadi hal tersebut mengindikasikan bahwa ada potensi masalah dimana thermal interface material yang digunakan nampak masih belum menangani panas dari prosesor yang sudah tinggi dalam keadaan overclocked tersebut(ini mengacu ke TIM CPU yang diaplikasikan untuk koneksi CPU die ke ke IHS, bukan thermal paste dari CPU IHS ke Waterblock). Mengingat bahwa kami sudah melakukan delidding CPU dan mengganti TIM bawaan ke Gelid GC Extreme, kami masih merasa terganggu dengan hal ini. Umumnya, menurut kami pada saat suhu operasi sudah berada diatas 85°C Anda harus sedikit menurunkan voltage yang digunakan dan juga setting lain nya jika memang diperlukan.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa mencoba menggunakan paste jenis liquid metal (seperti T-Grizzly Conductonaut) diantara IHS CPU dan waterblock. Namun perlu diingat bahwa untuk waterblock EK  Supermacy MX yang tidak nickel plated, penggunaan liquid metal berpotensi meninggalkan residu pada bagian waterblock, dan Anda juga mungkin akan menghapus label pada IHS CPU anda :p

Kami ingin mencoba mengganti TIM internal CPU ke conductonaut, namun has tersebut nampak terlalu beresiko untuk dikerjakan di CPU 1000 USD+ ini.

Anda bisa melihat hasil eksperimen penggunaan liquid metal diantara IHS CPU dan cooler pada pengujian kami yang lain ini:

Uji Singkat: Conductonaut + NH-D15S di Core i9-7980XE

Pembanding: AIO (all-in-one Watercooling)

Kemudian kami juga membandingkan hasil pengujian yang dilakukan menggunakan EKWB Slim 240 Kit ini dengan sebuah AIO watercooling Enermax Liqmax II 240mm. Perbandingan ini digunakan untuk melihat seberapa jauh performa sebuah custom loop watercooling entry-level dengan sebuah AIO watercooling. Dan berikut ini adalah hasil yang kami dapatkan:

Meskipun masih ada potensi bahwa thermal transfer dari CPU die terlimitasi oleh TIM CPU-nya, terlihat dari hasil pengujian yang dilakukan ini bahwa EKWB EK-KIT S240 ini memiliki kemampuan pendinginan yang cukup jauh lebih baik dari pada AIO pembanding yang kami gunakan, setidaknya 13°C lebih rendah pada saat menggunakan 1.1v, 1.15v, dan 1.2v pada CPU package temperature yang kami baca melalui software HWiNFO.

Kami harus menghentikan pengujian untuk Enermax Liqmax II pada setting CPU 4.6Ghz 1.2v, karena cooler tersebut sudah mendekati batas atas TJmax yang kami set di BIOS yakni 105°C (Tentunya kami juga tidak mau membunuh prosesor 12 core kami :p )

Bonus: Intel Core i9 7920X @4.8GHz 1.285v

i9-7920X 4.8Ghz Cinebench R15

Kami sempat memberanikan diri untuk melakukan pengujian dengan skenario competitive benchmarking singkat: memaksa CPU yang kami gunakan untuk berjalan 4.8GHz dengan voltase 1.275v.

Pada voltage setinggi ini kami langsung melihat suhu 100°C pada beberapa core, sangat jelas bahwa setting seperti ini sudah sangat tidak masuk akal untuk penggunaan sehari-hari. Namun ini setidaknya menunjukan bahwa EKWB EK-Kit S240 ini masih bisa menangani prosesor i9-7920X pada voltage 1.275-1.285v untuk sebuah skenario benchmarking kompetitif singkat.

 

Kesimpulan dan Penutup

Saat di-overclock, Core i9 7920X dapat memberikan heat load yang cukup besar, dan terbukti bahwa menjalankan sebuah Core i9 7920X diatas 1.15v pada sebuah AIO watercooler merupakan suatu tantangan yang berat. Overclocking prosesor HEDT seperti Core i9-7920X dengan setting clock/voltage tinggi seperti ini nampak sudah meminta cooler beperforma tinggi seperti custom watercooling kit, dan dengan menggunakan EKWB EK-KIT S240 ini kami dapat menjalankan setting voltase yang relatif aggressive dengan suhu operasional yang relatif terjaga.

Perbedaan suhu sebesar 13°C diantara EKWB EK-KIT S240 dengan AIO watercooler 240mm yang digunakan pada pengujian ini menunjukan seberapa jauh sebuah custom loop watercooling akan lebih superior, khususnya dalam hal menangani prosesor HEDT yang di-overclock.

Secara keseluruhan, selain memiliki performa jauh lebih baik dari AIO cooler yang kami miliki, EKWB EK-KIT S240 juga menawarkan kondisi akustik yang jauh lebih baik berkat operasi yang relatif silent meskipun fan diset dalam kondisi maksimal (beberapa fan VGA tipe blower pada sistem anda akan jauh lebih bising dari EK Vardar). Satu hal yang juga menjadi daya tarik sebuah custom loop watercooling  seperti EK-KIT S240 dibandingkan dengan sebuah AIO watercooler adalah opsi ekspansi yang cukup luas untuk menangani berbagai skenario upgrade sistem.

Namun performa pendinginan tinggi, overclocking headroom ekstra, serta kemampuan ekspansi dari custom watercooling kit jelas harus dibayar dengan harga yang cukup premium dibanding solusi cooling lain pada umumnya. EK-KIT S240 yang kami uji ini akan membuat Anda mengeluarkan setidaknya 240 USD(belum termasuk ongkos kirim, pada saat artikel ini dibuat). Ada juga faktor kesulitan pemasangan/merakit, dan juga maintenance yang harus diperhatikan pada saat Anda memilih custom watercooling sebagai pendingin sistem.

Namun demikian, solusi yang ditawarkan EKWB dengan paket EK-KIT S240 termasuk cukup membantu Anda yang ingin memulai petualangan di dunia custom watercooling. Paket yang ditawarkan sudah lengkap dimana semua komponen sudah tersedia, dan manual/guide-nya pun cukup informatif. Kalau Anda sedang merencanakan sebuah build kelas high-end/enthusiast dengan prosesor relatif panas, lalu berencana untuk melakukan overclocking pada Prosesor tersebut untuk mendapat performa ekstra, sebuah watercooling custom kit seperti EK-KIT S240 ini layak dipertimbangkan jika Anda masih memiliki budget ekstra. (Oh, dan sebagai catatan tambahan dari kami, jika Anda sudah mengeluarkan dana cukup besar untuk membeli semua ini, Anda sangat disarankan untuk mencari jasa delidding untuk membuka IHS CPU dan mengganti TIM bawaan-nya)

Sampai jumpa di artikel selanjutnya ;)

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
Event | December 7, 2018 | Comments

GOC 2018: Briefing Day

Memasuki beberapa jam terakhir sebelum perlombaan GALAX GOC 2018 dimulai, pada tanggal 7 Desember 2018 ini Pihak Galax mengadakan briefing untuk seluruh peserta dan helper GOC 2018 dan briefing ini
Read More »